Melazimkan qunut shubuh secara terus menerus menurut
pendapat yang paling shahih bukan merupakan sunnah Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam. Hal ini berdasarkan hadits :
حدثنا أحمد بن منيع أخبرنا يزيد بن هارون عن أبي مالك الأشجعي قال: قلت
لأبي: يا أبت إنك قد صليت خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم وأبي بكر وعمر وعثمان
وعلي بن أبي طالب هاهنا بالكوفة، نحوا من خمس سنين، أكانوا يقنتون؟ قال: أي بني
محدث.
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Manii’[1] : Telah mengkhabarkan kepada kami Yaziid bin Haaruun[2], dari Abu Maalik Al-Asyja’iy[3], ia berkata : “Aku pernah bertanya kepada ayahku[4] : ‘Wahai ayahku, engkau pernah shalat di belakang Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsmaan, dan ‘Aliy di sini, yaitu di Kuufah selama kurang lebih lima tahun. Apakah mereka semua melakukan qunut ?”. Ayahku menjawab : “Wahai anakku, itu adalah perbuatan muhdats (perkara baru yang tidak pernah mereka lakukan- Abul-Jauzaa’)” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 402, dan ia berkata : “Hadits ini hasan shahih”].
Diriwayatkan juga oleh Ahmad 3/472, Ibnu Maajah no. 1241, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kubraa 8/378 no. 8178, Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/249, Adl-Dliyaa’ dalam Al-Mukhtarah 8/97 & 98 no. 101 & 104, dan Al-Mizziy dalam Tahdziibul-Kamaal 13/334-335 dari jalan Yaziid bin Haaruun, dari Abu Maalik Al-Asyja’iy. Dalam lafadh Ath-Thahawiy disebutkan :
قلت لأبي : يا أبت، إنك صليت خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم وخلف أبي
بكر وخلف عمر وخلف عثمان وخلف علي رضي الله عنهم ههنا بالكوفة، قريبا من خمس سنين،
أفكانوا يقنتون في الفجر ؟. فقال : أي بني، محدث.
Aku bertanya kepada ayahku : “Wahai ayahku,
sesungguhnya engkau pernah shalat di belakang Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam, Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsmaan, dan ‘Aliy di sini di Kuufah
hampir selama lima tahun. Apakah mereka semua melakukan qunut di waktu
(shalat) Shubuh ?”. Ayahku menjawab : “Wahai anakku, itu adalah perbuatan muhdats”
[shahih].
Yaziid bin Haaruun mempunyai mutaba’ah dari :
Yaziid bin Haaruun mempunyai mutaba’ah dari :
1.
Hafsh bin Ghiyaats[5] dan ‘Abdullah
bin Idriis[6] sebagaimana
diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/308 (no. 7034 & 7036), Ibnu Maajah no.
1241, Ath-Thabaraaniy 8/378 no. 8179, dan Adl-Dliyaa’ dalam Al-Mukhtarah 8/98
no. 105 [shahih].
2.
Khalaf bin Khaliifah[7] sebagaimana
diriwayatkan Ahmad 6/394, An-Nasaa’iy 2/204 dan dalam Al-Kubraa 1/341
no. 671, dan Ibnu Hibbaan no. 1989; dengan lafadh :
صليت خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم فلم يقنت وصليت خلف أبي بكر فلم
يقنت وصليت خلف عمر فلم يقنت وصليت خلف عثمان فلم يقنت وصليت خلف علي فلم يقنت ثم
قال يا بني إنها بدعة.
“Aku shalat di belakang Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam, beliau tidak qunut. Aku shalat di belakang Abu Bakr, ia
tidak qunut. Aku shalat di belakang ‘Umar, ia tidak qunut. Aku shalat di
belakang ‘Utsmaan, ia tidak qunut. Dan aku shalat di belakang ‘Aliy, ia pun
tidak qunut”. Kemudian ayahku berkata : “Wahai anakku, ia adalah perbuatan bid’ah”
[shahih lighairihi].
3.
Abu ‘Awaanah[8] sebagaimana
diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 403, Ath-Thayaalisiy no. 1425,
Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 8/378 no. 8177, Al-Baihaqiy 2/213, dan
Adl-Dliyaa’ 8/97-98 no. 102-103. Ath-Thabaraaniy dan Adl-Dliyaa’ membawakan
dengan lafadh :
سألت أبي عن القنوت في صلاة الغداة ؟ فقال : أي بني صليت خلف رسول الله
صلى الله عليه وسلم وأبي بكر وعمر رضي الله عنهما فلم أر أحدا منهم يقنت، أي بني
بدعة. قالها ثلاثا.
Aku bertanya kepada ayahku tentang qunut pada shalat
Shubuh. Ia menjawab : “Wahai anakku, aku pernah shalat di belakang
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakr, dan ‘Umar radliyallaahu
‘anhumaa, namun aku tidak melihat salah seorang pun di antara mereka yang
melakukan qunut. Wahai anakku, itu adalah perbuatan bid’ah”. Ia
mengatakannya tiga kali [shahih].
4.
Abu Mu’aawiyyah[9] sebagaimana
diriwayatkan oleh Al-Bazzaar dalam Al-Musnad no. 2766 dan Al-‘Uqailiy
2/484 no. 597.
Lafadh hadits ini mauquf namun dihukumi marfu’.
Kesimpulan finalnya, hadits ini shahih, para perawinya tsiqaat, dan sanadnya bersambung. Dishahihkan juga oleh Al-Albaaniy dalam Irwaaul-Ghaliil 2/182-183 no. 435, Al-Wadi’iy dalam Al-Jaami’ush-Shahiih mimmaa Laisa fish-Shahiihain 2/147, Al-Arna’uth dalam Takhrij Musnad Al-Imam Ahmad 25/214, dan Basyar ‘Awwaad dalam Takhrij Sunan Ibni Maajah 2/402-403.
Para ulama berbeda pendapat dalam permasalahan qunut dalam shalat Shubuh. Sedikit akan saya sebutkan di bawah :
At-Tirmidziy rahimahullah setelah menyebutkan riwayat tentang qunut Shubuh berkata :
Kesimpulan finalnya, hadits ini shahih, para perawinya tsiqaat, dan sanadnya bersambung. Dishahihkan juga oleh Al-Albaaniy dalam Irwaaul-Ghaliil 2/182-183 no. 435, Al-Wadi’iy dalam Al-Jaami’ush-Shahiih mimmaa Laisa fish-Shahiihain 2/147, Al-Arna’uth dalam Takhrij Musnad Al-Imam Ahmad 25/214, dan Basyar ‘Awwaad dalam Takhrij Sunan Ibni Maajah 2/402-403.
Para ulama berbeda pendapat dalam permasalahan qunut dalam shalat Shubuh. Sedikit akan saya sebutkan di bawah :
At-Tirmidziy rahimahullah setelah menyebutkan riwayat tentang qunut Shubuh berkata :
واختلف أهل العلم في القنوت في صلاة الفجر، فرأى بعض أهل العلم من أصحاب
النبي صلى الله عليه وسلم وغيرهم القنوت في صلاة الفجر. وهو قول الشافعي.
وقال أحمد، وإسحق: لا يقنت في الفجر إلا عند نازلة تنزل بالمسلمين، فإذا
نزلت نازلة فللإمام أن يدعو لجيوش المسلمين.
“Para ulama berbeda pendapat mengenai qunut shalat
Shubuh. Sebagian ulama dari kalangan shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa
sallam dan selain mereka berpendapat (masyru’-nya) qunut pada shalat
Shubuh. Itu merupakan perkataan Asy-Syaafi’iy. Ahmad (bin Hanbal) dan Ishaaq
(bin Rahawaih) berkata : ‘Qunut tidak dilakukan pada shalat Shubuh, kecuali
jika ada musibah yang menimpa kaum muslimin. Jika ada musibah yang menimpa
kaum muslimin, maka imam mendoakan (kebaikan/kemenangan) untuk pasukan kaum
muslimin”.
والعمل عليه عند أكثر أهل العلم.
وقال سفيان الثوري إن قنت في الفجر فحسن، وإن لم يقنت فحسن واختار أن لا يقنت. ولم ير ابن المبارك القنوت في الفجر.
وقال سفيان الثوري إن قنت في الفجر فحسن، وإن لم يقنت فحسن واختار أن لا يقنت. ولم ير ابن المبارك القنوت في الفجر.
“(Hadits Abu Maalik Al-Asyja’iy di atas) diamalkan
oleh kebanyakan ulama. Sufyaan Ats-Tsauriy berkata : ‘Apabila seseorang
melakukan qunut di waktu shalat Shubuh, maka itu baik. Jika tidak melakukannya,
itu pun baik’. Ia (Ats-Tsauriy) memilih untuk tidak qunut.
Ibnul-Mubaarak tidak berpendapat adanya qunut pada shalat Shubuh” [Jaami’
At-Tirmidziy, 1/426-427].
Al-‘Uqailiy rahimahullah berkata :
Al-‘Uqailiy rahimahullah berkata :
والصحيح عندنا أن النبي صلى الله عليه وسلم قنت ثم ترك. وهذا يذكر أن
النبي صلى الله عليه وسلم لم يقنت.
“Dan yang benar menurut kami bahwasannya Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam pernah melakukan qunut, kemudian meninggalkannya. Hadits
ini (yaitu hadits Abu Maalik Al-Asyja’iy di atas – Abul-Jauzaa’)
menyebutkan bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak melakukan
qunut” [Adl-Dlu’afaa’, 2/484].
Abu Ja’far Ath-Thahawiy Al-Hanafiy rahimahullah berkata :
Abu Ja’far Ath-Thahawiy Al-Hanafiy rahimahullah berkata :
إنما لا يقنت عندنا في الفجر من غير بلية فإن وقعت فتنة أو بلية فلا بأس
به فعله رسول الله صلى الله عليه وسلم أي بعد الركوع
“Bahwasannya tidak dilakukan qunut dalam shalat
Shubuh di sisi kami (madzhab Hanafiyyah) selain dikarenakan musibah. Apabila
terjadi fitnah atau musibah, maka tidak mengapa. Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam telah melakukannya, yaitu setelah rukuk” [Haasyiyyah
Ath-Thahthaawiy ‘alaa Maraaqil-Falaah, hal. 377].
Abul-Husain Asy-Syaafi’iy Al-Yamaniy rahimahullah berkata :
Abul-Husain Asy-Syaafi’iy Al-Yamaniy rahimahullah berkata :
والسنة : أن يقنت في صلاة الصبح عندنا في جميع الدهر، وبه قال مالك،
والأوزاعي، وابن أبي ليلى، والحسين بن صالح، ورواه الشافعي عن الخلفاء الأربعة،
وأنس.
وذهب الثوري، وأبو حنيفة، وأصحابه إلى : (أنه غير مسنون في الصبح)، ورُويَ ذلك عن ابن عباس، وابن عمر، وابن مسعود، وأبي الدرداء.
وقال أبو يوسف : إذا قنت الإمام.....فاقنتْ معهُ.....
وذهب الثوري، وأبو حنيفة، وأصحابه إلى : (أنه غير مسنون في الصبح)، ورُويَ ذلك عن ابن عباس، وابن عمر، وابن مسعود، وأبي الدرداء.
وقال أبو يوسف : إذا قنت الإمام.....فاقنتْ معهُ.....
“Dan sunnah (dalam permasalahan ini) : Melakukan
qunut pada shalat Shubuh menurut kami setiap waktu. Inilah yang dikatakan
Maalik, Al-Auza’iy, Ibnu Abi Lailaa, Al-Husain bin Shaalih, dan diriwayatkan
oleh Asy-Syaafi’iy dari khalifah yang empat, dan Anas. Adapun Ats-Tsauriy, Abu
Haniifah dan shahabat-shahabatnya berpendapat : Qunut tidak disunnahkan dalam
shalat Shubuh. Diriwayatkan hal itu dari Ibnu ‘Abbaas, Ibnu ‘Umar, Ibnu
Mas’uud, dan Abud-Dardaa’. Abu Yuusuf berkata : “Apabila imam melakukan
qunut….maka qunutlah bersamanya….” [Al-Bayaan fii Madzhab Asy-Syaafi’iy,
2/242-243].
Abul-Hasan Al-Mardawiy berkata ketika menerangkan posisi madzhab Ahmad bin Hanbal rahimahumallaah :
Abul-Hasan Al-Mardawiy berkata ketika menerangkan posisi madzhab Ahmad bin Hanbal rahimahumallaah :
الصحيح من المذهب: أنه يكره القنوت في الفجر كغيرها وعليه الجمهور وقال
في الوجيز: لا يجوز القنوت في الفجر.
قلت: النص الوارد عن الإمام أحمد لا يقنت في الفجر محتمل الكراهة والتحريم
قلت: النص الوارد عن الإمام أحمد لا يقنت في الفجر محتمل الكراهة والتحريم
“Yang shahih dari madzhab : Bahwasannya Ahmad
memakruhkan qunut di waktu shalat Shubuh sebagaimana (kemakruhan melakukan
qunut) selain shalat witir. Inilah pendapat jumhur. Dan ia berkata dalam Al-Wajiiz
: ‘Tidak boleh melakukan qunut dalam shalat Shubuh’. Aku berkata : ‘Nash
yang ada dari Al-Imam Ahmad : ‘tidak boleh qunut dalam shalat Shubuh’
dibawa pada pengertian makruh tahrim” [Al-Inshaaf fii Ma’rifati-Raajih
minal-Khilaaf ‘alaa Madzhab Al-Imam Ahmad bin Hanbal, 2/174].
Ahmad Syaakir rahimahullah berkata saat menyanggah perkataan Thaariq bin Asyyam bahwasannya qunut Shubuh adalah muhdats :
Ahmad Syaakir rahimahullah berkata saat menyanggah perkataan Thaariq bin Asyyam bahwasannya qunut Shubuh adalah muhdats :
ثبت في أحاديث صحيحة القنوت في الصبح، ومن حفظ حجة على من لم يحفظ.
والمثبت مقدم على النافي. وهو نفل لا واجب. فمن تركه فلا بأس، ومن فعله فهو أفضل.
“Telah tetap dalam hadits-hadits shahih tentang (masyru’-nya)
qunut pada shalat Shubuh. Orang yang hapal merupakan hujjah bagi orang yang
tidak hapal. Yang menetapkan lebih didahulukan dari yang meniadakan.
Barangsiapa yang meninggalkannya, tidak mengapa. Dan barangsiapa yang
mengerjakannya, maka itu afdlal (lebih utama)” [Syarh Sunan
At-Tirmidziy, 2/252].
Menilik perkataan Ahmad Syaakir di atas – dan juga para ulama mutaqaddimiin - , memang benar ada beberapa hadits yang dianggap sebagai hujjah masyru’-nya qunut Shubuh secara terus-menerus. Di antaranya :
Apa yang dijadikan hujjah oleh madzhab Syaafi’iyyah dan yang lainnya dari Anas bin Maalik radliyallaahu ‘anhu, sebagaimana dinukil oleh Abul-Husain Asy-Syaafi’iy Al-Yamaniy rahimahullah adalah hadits berikut :
Menilik perkataan Ahmad Syaakir di atas – dan juga para ulama mutaqaddimiin - , memang benar ada beberapa hadits yang dianggap sebagai hujjah masyru’-nya qunut Shubuh secara terus-menerus. Di antaranya :
Apa yang dijadikan hujjah oleh madzhab Syaafi’iyyah dan yang lainnya dari Anas bin Maalik radliyallaahu ‘anhu, sebagaimana dinukil oleh Abul-Husain Asy-Syaafi’iy Al-Yamaniy rahimahullah adalah hadits berikut :
وحدثني عمرو الناقد وزهير بن حرب. قالا: حدثنا إسماعيل عن أيوب، عن محمد.
قال: قلت لأنس : هل قنت رسول الله صلى الله عليه وسلم في صلاة الصبح؟ قال: نعم.
بعد الركوع يسيرا.
Dan telah menceritakan kepadaku ‘Amru An-Naaqid dan
Zuhair bin Harb, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami
Ismaa’iil, dari Ayyuub, dari Muhammad, ia berkata : Aku bertanya kepada Anas :
“Apakah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam melakukan qunut pada
shalat Shubuh ?”. Ia menjawab : “Benar, sebentar setelah rukuk” [Diriwayatkan
oleh Muslim no. 677 (298). Diriwayatkan juga oleh Al-Bukhaariy no. 1001, Ibnu
Maajah no. 1184, Abu Daawud no. 1444, dan yang lainnya].
Akan tetapi,….. mari kita perhatikan jalan periwayatan yang lainnya dari Anas :
Akan tetapi,….. mari kita perhatikan jalan periwayatan yang lainnya dari Anas :
وحدثني عبيدالله بن معاذ العنبري وأبو كريب وإسحاق بن إبراهيم. ومحمد بن
عبدالأعلى (واللفظ لابن معاذ) حدثنا المعتمر بن سليمان عن أبيه، عن أبي مجلز، عن
أنس بن مالك : قنت رسول الله صلى الله عليه وسلم شهرا بعد الركوع. في صلاة
الصبح. يدعو على رعل وذكوان. ويقول "عصية عصت الله ورسوله".
Dan telah menceritakan kepadaku ‘Ubaidullah bin Mu’aadz Al-‘Anbariy,
Abu Kuraib, Ishaaq bin Ibraahiim, Muhammad bin ‘Abdil-A’laa – dan lafadh hadits
ini adalah milik Ibnu Mu’aadz - : Telah menceritakan kepada kami Al-Mu’tamir
bin Sulaimaan, dari ayahnya, dari Abu Mijlaz, dari Anas bin Maalik : Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam melakukan qunut selama sebulan
setelah rukuk dalam shalat Shubuh. Beliau mendoakan kejelekan kepada Bani Ri’l,
dan Bani Dzakwaan, dan bersabda : “’Ushayyah telah durhaka kepada Allah dan
Rasul-Nya” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 677 (299). Diriwayatkan juga oleh
Al-Bukhaariy no. 1003 & 4094].
حدثنا محمد بن المثنى. حدثنا عبدالرحمن. حدثنا هشام عن قتادة، عن أنس؛ أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قنت شهرا. يدعو على أحياء من أحياء العرب. ثم تركه.
حدثنا محمد بن المثنى. حدثنا عبدالرحمن. حدثنا هشام عن قتادة، عن أنس؛ أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قنت شهرا. يدعو على أحياء من أحياء العرب. ثم تركه.
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Mutsannaa : Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdurrahmaan : Telah menceritakan kepada kami
Hisyaam, dari Qataadah, dari Anas : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam pernah melakukan qunut selama sebulan mendoakan
kejelekan kepada sebagian orang-orang ‘Arab, kemudian beliau meninggalkannya”
[Diriwayatkan oleh Muslim no. 677 (304). Diriwayatkan pula oleh Al-Bukhaariy
no. 4089].
أنا أبو طاهر نا أبو بكر نا محمد بن محمد بن مرزوق الباهلي حدثنا محمد بن عبد الله الأنصاري حدثنا سعيد بن أبي عروبة عن قتادة عن أنس أن النبي صلى الله عليه وسلم كان لا يقنت إلا إذا دعا القوم أو دعا على قوم
أنا أبو طاهر نا أبو بكر نا محمد بن محمد بن مرزوق الباهلي حدثنا محمد بن عبد الله الأنصاري حدثنا سعيد بن أبي عروبة عن قتادة عن أنس أن النبي صلى الله عليه وسلم كان لا يقنت إلا إذا دعا القوم أو دعا على قوم
Telah memberitakan kepada kami Abu Thaahir[10] : Telah
mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr[11] : Telah
mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Muhammad bin Marzuuq Al-Baahiliy[12] : Telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillah Al-Anshaariy[13] : Telah
menceritakan kepada kami Sa’iid bin Abi ‘Aruubah[14], dari
Qataadah[15], dari Anas :
Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak melakukan qunut, kecuali
jika mendoakan kebaikan pada satu kaum atau mendoakan kejelekan pada satu kaum”
[Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah no. 620; shahih].[16]
Tiga hadits di atas menjelaskan bahwa qunut Shubuh yang dimaksudkan Anas adalah qunut nazilah karena peristiwa Bi’r Ma’uunah. Itupun tidak dilakukan terus-menerus, karena hanya dilakukan selama sebulan dan kemudian ditinggalkan. Timbul pertanyaan lanjutan, apakah qunut tersebut hanya dilakukan khusus pada shalat Shubuh ? Perhatikan riwayat berikut :
حدثنا عبد اللّه بن معاوية الجمحي، ثنا ثابت بن يزيد، عن هلال بن خباب، عن عكرمة، عن ابن عباس قال : قَنَتَ رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم شهراً متتابعاً في الظهر والعصر والمغرب والعشاء وصلاة الصبح في دبر كل صلاة إذا قال : "سمع اللّه لمن حمده" من الركعة الآخرة يدعو على أحياء من بني سليم على رعلٍ وذكوان وعصية، ويؤمّن من خلفه.
Tiga hadits di atas menjelaskan bahwa qunut Shubuh yang dimaksudkan Anas adalah qunut nazilah karena peristiwa Bi’r Ma’uunah. Itupun tidak dilakukan terus-menerus, karena hanya dilakukan selama sebulan dan kemudian ditinggalkan. Timbul pertanyaan lanjutan, apakah qunut tersebut hanya dilakukan khusus pada shalat Shubuh ? Perhatikan riwayat berikut :
حدثنا عبد اللّه بن معاوية الجمحي، ثنا ثابت بن يزيد، عن هلال بن خباب، عن عكرمة، عن ابن عباس قال : قَنَتَ رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم شهراً متتابعاً في الظهر والعصر والمغرب والعشاء وصلاة الصبح في دبر كل صلاة إذا قال : "سمع اللّه لمن حمده" من الركعة الآخرة يدعو على أحياء من بني سليم على رعلٍ وذكوان وعصية، ويؤمّن من خلفه.
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin
Mu’aawiyyah Al-Jumahiy[17] : Telah
menceritakan kepada kami Tsaabit bin Yaziid[18], dari Hilaal
bin Khabbaab[19], dari
‘Ikrimah[20], dari Ibnu
‘Abbaas, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
melakukan qunut selama sebulan penuh pada shalat Dhuhur, ‘Ashar, Maghrib,
‘Isyaa’, dan Shubuh pada akhir setiap shalat, yaitu saat beliau berkata : ‘sami’allaahu
liman hamidah’ di raka’at terakhir. Beliau mendoakan kejelekan pada
orang-orang Bani Sulaim, Bani Ri’l, Bani Dzakwaan, dan Bani ‘Ushayyah; serta
diaminkan orang-orang yang di belakang beliau (makmum)” [Diriwayatkan oleh Abu
Daawud no. 1443; hasan].
حدثنا عبد الرحمن بن إبراهيم ثنا الوليد ثنا الأوزاعي حدثني يحيى بن أبي
كثير حدثني أبو سلمة بن عبد الرحمن عن أبي هريرة قال : قنت رسول الله صلى الله
عليه وسلم في صلاة العتمة شهرا يقول في قنوته اللهم نج الوليد بن الوليد اللهم نج
سلمة بن هشام اللهم نج المستضعفين من المؤمنين اللهم اشدد وطأتك على مضر اللهم
اجعلها عليهم سنين كسني يوسف قال أبو هريرة وأصبح رسول الله صلى الله عليه وسلم
ذات يوم فلم يدع لهم فذكرت ذلك له فقال وما تراهم قد قدموا
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin
Ibraahiim[21] : Telah
menceritakan kepada kami Al-Waliid[22] : Telah
menceritakan kepada kami Al-Auza’iy[23] : Telah
menceritakan kepada kami Yahyaa bin Abi Katsiir[24] : Telah
menceritakan kepadaku Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan, dari Abu Hurairah :
Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah
melakukan qunut pada shalat ‘atamah (Maghrib dan/atau ‘Isya’) selama
sebulan dan berdoa : “Ya Allah, selamatkanlah Al-Waliid bin Al-Waliid.
Ya Allah, selamatkanlah Salamah bin Hisyaam. Ya Allah, selamatkanlah
orang-orang lemah dari kalangan mukminiin. Ya Allah, keraskanlah tekanan
(‘adzab) kepada Bani Mudlar. Ya Allah, jadikanlah hal itu terjadi atas mereka
selama bertahun-tahun seperti pada masa Yuusuf”. Abu Hurairah berkata :
“Pada satu hari di waktu Shubuh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak
lagi mendoakan mereka. Maka aku pun menanyakan permasalahan itu pada beliau,
lalu beliau bersabda : ‘Apa pendapatmu tentang mereka sementara mereka telah
meninggal ?” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 1442; shahih].
حدثنا محمد بن المثنى. حدثنا معاذ بن هشام. حدثني أبي عن يحيى بن أبي
كثير. قال: حدثنا أبو سلمة بن عبد الرحمن؛ أنه سمع أبا هريرة يقول : والله! لأقربن
بكم صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم. فكان أبو هريرة يقنت في الظهر. والعشاء
الآخرة. وصلاة الصبح. ويدعو للمؤمنين. ويلعن الكفار
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin
Al-Mutsannaa : Telah menceritakan kepada kami Mu’aadz bin Hisyaam : Telah
menceritakan kepadaku ayahku, dari Yahyaa bin Abi Katsiir, ia berkata : Telah
menceritakan kepada kami Abu Salamah bin ‘Abdirrahmaan[25], bahwasannya
ia pernah mendengar Abu Hurairah berkata : “Demi Allah, sungguh aku akan
dekatkan kalian dengan shalat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam”.
Maka Abu Hurairah melakukan qunut pada shalat Dhuhur, ‘Isyaa’ yang akhir,
dan Shubuh dengan mendoakan kebaikan bagi kaum muslimin dan melaknat
orang-orang kafir” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 676 (296)].
Tiga riwayat di atas menunjukkan qunut beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak hanya dilakukan di waktu Shubuh, akan tetapi di waktu-waktu shalat yang lain. Ringkasnya, tidak ada pendalilan untuk hadits Anas di atas sebagai hujjah masyru’-nya qunut pada shalat Shubuh secara terus-menerus secara khusus.
Ada riwayat lain yang menjadi hujjah masyru’-nya qunut Shubuh secara terus-menerus, yaitu hadits Anas bin Maalik radliyallaahu ‘anhu yang lain :
Tiga riwayat di atas menunjukkan qunut beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak hanya dilakukan di waktu Shubuh, akan tetapi di waktu-waktu shalat yang lain. Ringkasnya, tidak ada pendalilan untuk hadits Anas di atas sebagai hujjah masyru’-nya qunut pada shalat Shubuh secara terus-menerus secara khusus.
Ada riwayat lain yang menjadi hujjah masyru’-nya qunut Shubuh secara terus-menerus, yaitu hadits Anas bin Maalik radliyallaahu ‘anhu yang lain :
حدثنا ثنا عبد الرزاق قال ثنا أبو جعفر يعني الرازي عن الربيع بن أنس عن
أنس بن مالك قال ما زال رسول الله صلى الله عليه وسلم يقنت في الفجر حتى فارق
الدنيا
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrazzaaq, ia
berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Ja’far – yaitu Ar-Raaziy[26] - , dari
Ar-Rabii’ bin Anas[27], dari Anas
bin Maalik, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam senantiasa
melakukan qunut di waktu Shubuh hingga meninggal dunia” [Diriwayatkan oleh
Ahmad 3/162].
Diriwayatkan juga oleh ‘Abdurrazzaaq no. 4963, Ad-Daaruquthniy 2/370-372 no. 1692-1694, Ibnu Abi Syaibah 2/312, Al-Bazzaar dalam Kasyful-Astaar no. 556, Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/244, Al-Baihaqiy 2/201, Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah no. 639, Al-Haazimiy dalam Al-I’tibaar hal. 86, Adl-Dliyaa’ dalam Al-Mukhtarah no. 2128; semuanya dari jalan Abu Ja’far Ar-Raaziy.
Al-Baihaqiy berkata : “Sanad hadits ini shahih, para perawinya tsiqah”.
Perkataannya Al-Baihaqiy ini layak mendapat kritik. Hadits ini lemah, bahkan munkar. Riwayat Abu Ja’far Ar-Raaziy tidak diterima jika menyendiri atau menyelisihi riwayat para perawi tsiqaat, karena jeleknya hapalannya. Dalam riwayat Ad-Daaruquthniy dibawakan dengan lafadh :
Diriwayatkan juga oleh ‘Abdurrazzaaq no. 4963, Ad-Daaruquthniy 2/370-372 no. 1692-1694, Ibnu Abi Syaibah 2/312, Al-Bazzaar dalam Kasyful-Astaar no. 556, Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/244, Al-Baihaqiy 2/201, Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah no. 639, Al-Haazimiy dalam Al-I’tibaar hal. 86, Adl-Dliyaa’ dalam Al-Mukhtarah no. 2128; semuanya dari jalan Abu Ja’far Ar-Raaziy.
Al-Baihaqiy berkata : “Sanad hadits ini shahih, para perawinya tsiqah”.
Perkataannya Al-Baihaqiy ini layak mendapat kritik. Hadits ini lemah, bahkan munkar. Riwayat Abu Ja’far Ar-Raaziy tidak diterima jika menyendiri atau menyelisihi riwayat para perawi tsiqaat, karena jeleknya hapalannya. Dalam riwayat Ad-Daaruquthniy dibawakan dengan lafadh :
أن النبي صلى الله عليه وسلم قنت شهرا يدعوا عليهم ثم تركه وأما في الصبح
فلم يزل يقنت حتى فارق الدنيا
“Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
pernah melakukan qunut selama sebulan untuk mendoakan kejelekan pada mereka,
kemudian meninggalkannya. Adapun untuk (qunut) pada shalat Shubuh, maka beliau
senantiasa melakukannya hingga meninggal dunia”.
Riwayat Anas bin Maalik yang dibawakan Abu Ja’far ini menyelisihi riwayat yang telah disebutkan di atas dari Anas yang menyebutkan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam hanya qunut nazilah selama sebulan kemudian berhenti (HR. Al-Bukhaariy no. 4089 dan Muslim no. 677). Anas pun memberi kesaksian bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah melakukan qunut kecuali qunut nazilah dengan mendoakan kebaikan atau kejelekan pada satu kaum (HR. Ibnu Khuzaimah no. 620). Apalagi Ibnu ‘Abbaas menguatkan kesaksian tersebut (HR. Ibnu Khuzaimah no. 619). Oleh karena itu, riwayatnya di sini munkar.
Ar-Rabii’ bin Anas mempunyai mutaba’ah dari :
Riwayat Anas bin Maalik yang dibawakan Abu Ja’far ini menyelisihi riwayat yang telah disebutkan di atas dari Anas yang menyebutkan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam hanya qunut nazilah selama sebulan kemudian berhenti (HR. Al-Bukhaariy no. 4089 dan Muslim no. 677). Anas pun memberi kesaksian bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah melakukan qunut kecuali qunut nazilah dengan mendoakan kebaikan atau kejelekan pada satu kaum (HR. Ibnu Khuzaimah no. 620). Apalagi Ibnu ‘Abbaas menguatkan kesaksian tersebut (HR. Ibnu Khuzaimah no. 619). Oleh karena itu, riwayatnya di sini munkar.
Ar-Rabii’ bin Anas mempunyai mutaba’ah dari :
1.
Al-Hasan Al-Bashriy.
حدثنا ابن أبي داود قال : ثنا أبو معمر، قال : ثنا عبد الوارث، قال : ثنا
عمرو بن عبيد، عن الحسن، عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال : صليت مع النبي صلى
الله عليه وسلم فلم يزل يقنت في صلاة الغداة، حتى فارقته، وصليت مع عمر بن الخطاب
رضي الله عنه فلم يزل يقنت في صلاة الغداة حتى فارقته.
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi Daawud, ia
berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Ma’mar, ia berkata : Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdul-Waarits, ia berkata : Telah menceritakan kepada
kami ‘Amru bin ‘Ubaid, dari Al-Hasan, dari Anas bin Maalik radliyallaahu
‘anhu, ia berkata : “Aku pernah shalat bersama Nabi shallallaahu ‘alaihi
wa sallam, maka beliau senantiasa qunut pada shalat Shubuh hingga meninggal
dunia. Dan aku pun pernah shalat bersama ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu
‘anhu, maka ia senantiasa qunut pada shalat Shubuh hingga meninggal dunia”
[Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar, 1/243].
Diriwayatkan juga oleh Al-Baihaqiy 2/202 dan Ad-Daaruquthniy 2/372-373 no. 1695-1698.
‘Amru bin ‘Ubaid At-Tamiimiy Al-Bashriy Al-Mu’taziliy menjadi penyakit utama dalam sanad hadits ini. Ia seorang yang matruuk sebagaimana dikatakan ‘Amru bin ‘Aliy dan Abu Haatim. Bahkan, Yuunus bin ‘Ubaid menyatakan ia telah memalsukan hadits. Humaid mengatakan ia telah memalsukan hadits dari Al-Hasan Al-Bashriy. Mu’aadz bin Mu’aadz dan Ayyuub mengatakan ia pendusta. Dan yang lainnya banyak sekali celaan para muhaddits terhadapnya dengan celaan-celaan yang berat [selengkapnya lihat : Tahdziibut-Tahdziib, 8/70-75 no. 108]. Maka, riwayat ini tidak layak untuk dilirik karena sangat lemah, bahkan palsu.
Ada jalur lain yang dibawakan Ad-Daaruquthniy (2/373 no. 1698) dari Ismaa’iil Al-Makkiy dari Al-Hasan, dari Anas bin Maalik radliyallaahu ‘anhu :
Diriwayatkan juga oleh Al-Baihaqiy 2/202 dan Ad-Daaruquthniy 2/372-373 no. 1695-1698.
‘Amru bin ‘Ubaid At-Tamiimiy Al-Bashriy Al-Mu’taziliy menjadi penyakit utama dalam sanad hadits ini. Ia seorang yang matruuk sebagaimana dikatakan ‘Amru bin ‘Aliy dan Abu Haatim. Bahkan, Yuunus bin ‘Ubaid menyatakan ia telah memalsukan hadits. Humaid mengatakan ia telah memalsukan hadits dari Al-Hasan Al-Bashriy. Mu’aadz bin Mu’aadz dan Ayyuub mengatakan ia pendusta. Dan yang lainnya banyak sekali celaan para muhaddits terhadapnya dengan celaan-celaan yang berat [selengkapnya lihat : Tahdziibut-Tahdziib, 8/70-75 no. 108]. Maka, riwayat ini tidak layak untuk dilirik karena sangat lemah, bahkan palsu.
Ada jalur lain yang dibawakan Ad-Daaruquthniy (2/373 no. 1698) dari Ismaa’iil Al-Makkiy dari Al-Hasan, dari Anas bin Maalik radliyallaahu ‘anhu :
حدثنا إبراهيم بن حماد ثنا عباد بن الوليد ثنا قريش بن أنس ثنا إسماعيل
المكي وعمرو عن الحسن قال : قال لي أنس قنت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم ومع
عمر حتى فارقتهما
Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin
Hammaad[28] : Telah
menceritakan kepada kami ‘Abbaad bin Al-Waliid[29] : Telah
menceritakan kepada kami Quraisy bin Anas[30] : Telah
menceritakan kepada kami Ismaa’iil Al-Makkiy[31] dan ‘Amru,
dari Al-Hasan, ia berkata : Telah berkata kepadaku Anas : “Aku melakukan qunut
bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan bersama ‘Umar
hingga keduanya berpisah denganku (meninggal dunia)”.
Diriwayatkan juga oleh Al-Baihaqiy 2/202 dari jalan
Quraisy bin Anas yang selanjutnya seperti riwayat Ad-Daaruquthniy.
Hadits ini sangat lemah, karena faktor Ismaa’il
Al-Makkiy.
2. Qataadah
2. Qataadah
أخبرنا أبو عبد الله الحافظ ثنا علي بن حمشاذ العدل ويحيى بن محمد بن عبد
الله العنبري قالا ثنا أبو عبد الله محمد بن إبراهيم العبدي ثنا عبد الله بن محمد
النفيلي ثنا خليد بن دعلج عن قتادة عن أنس بن مالك رضى الله تعالى عنه قال صليت
خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم فقنت وخلف عمر فقنت وخلف عثمان فقنت
Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillah
Al-Haafidh[32] : Telah
menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Hamasyaadz Al-‘Adl[33] dan Yahyaa
bin Muhammad bin ‘Abdillah Al-‘Anbariy, mereka berdua berkata : Telah
menceritakan kepada kami Abu ‘Abdillah Muhammad bin Ibraahiim Al-‘Abdiy[34] : Telah
menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Muhammad An-Nufailiy[35] : Telah
menceritakan kepada kami Khaliid bin Dal’aj[36], dari Qataadah[37], dari Anas
bin Maalik radliyallaahu ta’aala ‘anhu, ia berkata : “Aku pernah shalat
di belakang Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, maka beliau
melakukan qunut. Di belakang ‘Umar, ia qunut, dan di belakang ‘Utsmaan, ia pun
qunut” [Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy 2/202].
Hadits ini lemah lagi munkar. Penyakitnya ada pada Khaliid bin Dal’aj, seorang yang dla’iif yang meriwayatkan beberapa hadits munkar dari Qataadah. Dan ini sebagian di antaranya.
Hadits ini lemah lagi munkar. Penyakitnya ada pada Khaliid bin Dal’aj, seorang yang dla’iif yang meriwayatkan beberapa hadits munkar dari Qataadah. Dan ini sebagian di antaranya.
Selain itu, riwayat Anas yang menyatakan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan para Khulafaur-Raasyidin setelah melakukan qunut Shubuh secara terus-menerus sangat nyata bertentangan persaksian Thaariq bin Asyyam bin Mas’uud Al-Asyja’iy (yang disebutkan di awal bahasan) bahwasannya beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak melakukan qunut Shubuh (secara terus), dan hal itu berjalan hingga kekhalifahan ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu.
Kembali pada bahasan hadits Abu Maalik Al-Asyja’iy di awal,……
Hadits tersebut mengkhabarkan pada kita bahwa qunut pada waktu shalat Shubuh yang dilakukan secara terus-menerus – sebagaimana dilakukan sebagian kaum muslimin – tidak ada contohnya dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Begitu juga di era Al-Khulafaur-Raasyidin setelahnya. Seandainya memang perbuatan itu dicontohkan, sudah pasti Thaariq bin Asyyam bin Mas’uud Al-Asyja’iy radliyallaahu ‘anhu akan memberikan kesaksian lain. Jika kita menggunakan bahasa riwayat, maka qunut shubuh secara terus-menerus adalah muhdats atau bid’ah.
Akan tetapi ada satu pelajaran penting bagi kita semua bahwa khilaf permasalahan ini telah ada, minimal sejak era tabi’iin. Tidak mungkin Abu Maalik Al-Asy’ja’iy bertanya kepada ayahnya tentang qunut yang dilakukan manusia secara terus menerus pada shalat Shubuh jika ia tidak menyaksikannya atau mendengarnya. Oleh karena itu, kita perlu lapang dada dalam permasalahan ini; baik mereka yang berpendapat masyru’-nya qunut Shubuh atau yang tidak. Yang berpendapat masyru’, maka tidak perlu sewot jika ada yang mengatakan bahwa qunut Shubuh yang dilakukan terus menerus adalah perbuatan muhdats atau bid’ah, karena pihak yang berseberangan dengan mereka telah menggunakan sebaik-baik lafadh yang diriwayatkan secara shahih dari shahabat radliyallaahu ‘anhu. Sebaliknya, pihak yang berpendapat tidak masyru’ tidak perlu memaksakan pendapatnya untuk diaminkan pihak lain. Dan keduanya tidak perlu bubar memisahkan diri dari jama’ah, lalu membuat jama’ah baru karena imam yang ada melakukan sesuatu yang berlainan dengan apa yang diperbuatnya. Semuanya ini masih dalam ruang toleransi khilaf ijtihadiyyah yang diperbolehkan, walau kewajiban setiap kaum muslimin mengambil apa yang dianggapnya kuat menurut kadar pengetahuan yang dimilikinya.
Wallaahu a’lam bish-shawwaab.
[1] Ahmad bin
Manii’ bin ‘Abdirrahmaan Abu Ja’far Al-Baghawiy Al-Asham; seorang yang tsiqah
lagi haafidh (160-244). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 100 no. 115].
[2] Yaziid bin
Haaruun bin Zaadziy atau Zaadzaan bin Tsaabit As-Sulamiy Abu Khaalid
Al-Waasithiy; seorang yang tsiqah, mutqin, lagi ‘aabid
(118-206 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem,
hal. 1084 no. 7842].
[3] Sa’d bin
Thaariq bin Asyyam Abu Maalik Al-Asyja’iy Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah (w.
140 H). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 369 no.
2253].
[4] Thaariq bin
Asyyam bin Mas’uud Al-Asyja’iy; salah seorang shahabat Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam [idem, hal. 461 no. 3013].
[5] Hafsh bin
Ghiyaats bin Thalq bin Mu’aawiyyah bin Maalik bin Al-Haarits An-Nakha’iy Abu
‘Umar Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi faqiih, namun sedikit
berubah hapalannya di akhir usianya (w. 194/195 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan
Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 260 no. 1439].
[6] ‘Abdullah bin
Idriis bin Yaziid bin ‘Abdirrahmaan bin Al-Aswad Al-Audiy Abu Muhammad
Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, faqiih, lagi ‘aabid (120-192
H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal.
491 no. 3224].
[7] Khalaf bin
Khaliifah bin Shaa’id bin Baraam Al-Asyja’iy Abu Ahmad Al-Waasithiy Al-Kuufiy;
seorang yang shaduuq, namun bercampur hapalannya di akhir usianya
(91/92-181 H). Dipakai Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 299
no. 1741].
[8] Al-Wadldlaah
bin ‘Abdillah Al-Yasykuuriy Abu ‘Awaanah Al-Waasithiy Al-Bazzaaz; seorang yang tsiqah
lagi tsabat (w. 175/176 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya
[idem, hal. 1036 no. 7457].
[9] Muhammad bin
Khaazim At-Tamiimiy As-Sa’diy Abu Mu’aawiyyah Adl-Dlariir Al-Kuufiy; seorang
yang tsiqah (113-194/195 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya
[idem, hal. 840 no. 5878].
[10] Ia adalah Muhammad
bin Al-Fadhl bin Muhammad bin Ishaaq bin Khuzaimah Abu Thaahir An-Naisaabuuriy,
cucu Ibnu Khuzaimah; seorang imam yanng jaliil [lihat : Siyaru
A’laamin-Nubalaa’, 16/490-491 no. 360].
[11] Ia adalah Muhammad
bin Ishaaq bin Khuzaimah bin Al-Mughiirah bin Shaalih bin Bakr, Abu Bakr
As-Sulamiy An-Naisaabuuriy – yang terkenal dengan nama Ibnu Khuzaimah; seorang haafidh,
hujjah, faqiih, lagi tsiqah (223-331 H) [lihat : Siyaru
A’laamin-Nubalaa’, 14/365-382 no. 214].
[12] Muhammad bin
Muhammad bin Marzuuq bin Bukair/Bakr Al-Baahiliy Abu ‘Abdillah Al-Bashriy;
seorang yang shaduuq (w. 248 H). Dipakai oleh Muslim dalam Shahih-nya
[Taqriibut-Tahdziib, hal. 893-894 no. 6311].
[13] Muhammad bin
‘Abdillah bin Al-Mutsannaa bin ‘Abdillah bin Anas bin Maalik Al-Anshaariy Abu
‘Abdillah Al-Bashriy; seorang yang tsiqah (w. 215 H). Dipakai oleh
Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 865 no.
6084].
[14] Sa’iid bin Abi
‘Aruubah; seorang yang tsiqah haafidh, lagi mempunyai banyak tulisan.
Akan tetapi ia mengalami percampuran dalam hapalan (ikhtilaath) (w.
156/157 H). Dipakai oleh Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem,
hal. 384 no. 2378].
[15] Qataadah bin
Di’aamah bin Qataadah As-Saduusiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat,
namun banyak melakukan tadliis. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya
[idem hal. 798 no. 5553, Ta’riifu Ahlit-Taqdis hal. 102 no. 92, Al-Mudallisiin
lil-‘Iraaqiy hal. 79-80 no. 49, dan Riwaayaatul-Mudallisiin fii Shahiih
Al-Bukhaariy hal. 483-484].
أنا أبو طاهر نا أبو بكر نا محمد بن يحيى نا أبو داود حدثنا إبراهيم بن
يعد عن الزهري عن سعيد وأبي سلمة عن أبي هريرة أن النبي صلى الله عليه وسلم كان لا
يقنت إلا ان يدعو لأحد أو يدعو على أحد وكان إذا قال سمع الله لمن حمده قال ربنا
ولك الحمد اللهم أنج وذكر الحديث
Telah memberitakan kepada kami Abu Thaahir : Telah
mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr : Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad
bin Yahyaa : Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Daawud : Telah menceritakan
kepada kami Ibraahiim bin Sa’d, dari Az-Zuhriy, dari Sa’iid dan Abu Salamah,
dari Abu Hurairah : Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak
melakukan qunut kecuali jika hendak mendoakan kebaikan kepada seseorang atau
mendoakan kejelekan kepada seseorang. Jika beliau berkata : ‘sami’allaahu
liman hamidahu’, beliau berkata : ‘rabbanaa wa lakal-hamdu, allaahumma
anji….’ Kemudian ia menyebutkan haditsnya [Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah
no. 619; shahih].
[17] ‘Abdullah bin
Mu’aawiyyah bin Muusaa Al-Jumahiy Abu Ja’far Al-Bashriy; seorang yang tsiqah
(w. 243 H) [idem, hal. 548 no. 3655].
[18] Tsaabit bin Yaziid
Al-Ahwal Abu Zaid Al-Bashriy; seorang yang tsiqah lagi tsabat (w.
169 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem,
hal. 187 no. 842].
[19] Hilaal bin Khabaab
Al-‘Abdiy Abul-‘Alaa’ Al-Bashriy; seorang yang shaduuq, namun hapalannya
berubah di akhir usianya (w. 144 H) [idem, hal. 1026 no. 7384].
[20] ‘Ikrimah
Al-Qurasyiy Al-Haasyimiy Abu ‘Abdillah Al-Madaniy; seorang yang tsiqah, tsabat,
lagi ‘aalim terhadap tafsir (w. 105 H dalam usia 80 tahun). Dipakai
Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 687-688 no.
4707].
[21] ‘Abdurrahmaan bin
Ibraahiim bin ‘Amru Al-Qurasyiy Al-‘Utsmaaniy Ad-Dimasyqiy Abu Sa’iid, terkenal
dengan julukan Duhaim; seorang yang tsiqah, haafidh, lagi mutqin
(170-245 H). Dipakai Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya [idem, hal.
569 no. 3817].
[22] Al-Waliid bin
Muslim Al-Qurasyiy Abul-‘Abbaas Ad-Dimasyqiy; seorang yang tsiqah, namun
banyak melakukan tadlis taswiyyah (119-194/195 H). Dipakai Al-Bukhaariy
dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 1041 no. 7506]. Dalam
hadits ini ia menyatakan tashrih penyimakan riwayat dari gurunya.
[23] ‘Abdurrahmaan bin
‘Amru bin Abi ‘Amru Asy-Syaamiy Ad-Dimasyqiy Abu ‘Amru Al-Auzaa’iy; seorang
yang tsiqah, jaliil, lagi faqiih (w. 157 H). Dipakai
Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 593 no.
3992].
[24] Yahyaa bin Abi
Katsiir Ath-Thaaiy Abu Nashr Al-Yamaamiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat,
akan tetapi melakukan tadlis dan irsal (w. 132 H). Dipakai
Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 1065 no.
7682].
[25] Abu Salamah bin
‘Abdirrahmaan bin ‘Auf Al-Qurasyiy Az-Zuhriy; seorang yang tsiqah lagi
banyak haditsnya (94 H dalam usia 72 tahun). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim
dalam Shahih-nya [idem, hal. 1155 no. 8203].
Telah berkata ‘Abdullah bin Ahmad, dari ayahnya :
“Tidak kuat dalam hadits”. Telah berkata Hanbal, dari Ahmad : “Shaalihul-hadiits”.
Telah berkata ‘Aliy bin Sa’iid bin Jariir dari Ahmad : “Mudltharibul-hadiits”.
Telah berkata Ishaaq bin Manshuur dari Ibnu Ma’iin : “Tsiqah”. Telah
berkata Ibnu Abi Maryam, dri Ibnu Ma’iin : “Ditulis haditsnya, akan tetapi ia
sering keliru”. Telah berkata Ibnu Abi Khaitsamah dari Ibnu Ma’iin : “Shaalih”.
Telah berkata Ad-Duuriy dari Ibnu Ma’iin : “Tsiqah. Dan ia sering keliru
dalam hadits yang ia riwayatkan dari Mughiirah”. Telah berkata ‘Abdullah bin
‘Aliy bin Al-Madiiniy dari ayahnya : “Ia seperti Muusaa bin ‘Ubaidah. Ia sering
kacau dalam hadits yang ia riwayatkan dari Mughiirah dan yang sepertinya”.
Telah berkata Muhammad bin ‘Utsmaan bin Abi Syaibah, dari ‘Aliy bin Al-Madiiniy
: “Ia di sisi kami tsiqah”. Ibnu ‘Ammaar Al-Maushiliy berkata : “Tsiqah”.
‘Amru bin ‘Aliy berkata : “Padanya adalah kelemahan, dan ia termasuk orang
jujur yang jelek hapalannya”. Abu Zur’ah berkata : “Syaikh, banyak ragu”. Abu
Haatim : “Tsiqah, shaduuq, shaalihul-hadiits”. Zakariyya
As-Saajiy berkata : “Shaduuq, akan tetapi tidak mutqin”.
An-Nasaa’iy berkata : “Tidak kuat”. Ibnu Khiraasy berkata : “Shaduuq,
jelek hapalannya”. Ibnu ‘Adiy berkata : “Ia mempunyai hadits-hadits yang baik.
Orang-orang telah meriwayatkan darinya. Hadits-haditsnya secara umum adalah
lurus, dan aku harap tidak mengapa dengannya”. Ibnu Sa’d berkata : “Tsiqah”.
Ibnu Hibbaan berkata : “Ia sering menyendiri dalam periwayatan dari orang-orang
terkenal dengan hadits-hadits munkar. Tidak membuatku kagum berhujjah dengan
haditsnya, kecuali yang berkesesuaian dengan para perawi tsiqaat”.
Al-‘Ijliy berkata : “Tidak kuat”. Al-Haakim berkata : “Tsiqah”. Ibnu
‘Abdil-Barr berkata : “Ia di sisi mereka adalah orang yang tsiqah”.
Al-‘Uqailiy menyebutkannya dalam Adl-Dlu’afaa’. Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq,
jelek hapalannya” [Tahdziibut-Tahdziib 12-56-57 no. 221 dan Taqriibut-Tahdziib
hal. 1126 no. 8077].
Kesimpulan : Pada asalnya ia seorang yang jujur,
namun tidak tetap kedlabithannya. Riwayatnya tidak diterima jika menyendiri
atau bahkan bertentangan dengan riwayat milik perawi tsiqaat –
sebagaimana diisyaratkan oleh Ibnu Hibbaan, wallaahu a’lam.
[27] Ar-Rabii’ bin Anas
Al-Bakriy Al-Hanafiy Al-Bashriy; seorang yang shaduuq, namun memiliki
beberapa keraguan (w. 140 H) [Taqriibut-Tahdziib hal. 318 no. 1892].
[28] Ibraahiim bin
Hammaad bin Ishaaq Al-Azdiy; seorang yang tsiqah (240-323 H) [Taraajim
Rijaal Ad-Daaruquthniy, hal. 65 no. 116].
[29] ‘Abbaad bin
Al-Waliid bin Khaalid Al-Ghubariy, Abu Badr Al-Muaddib; seorang yang shaduuq
(w. 258/262 H) [Taqriibut-Tahdziib, hal. 483 no. 3168].
[30] Quraisy bin Anas
Al-Anshaariy, Abu Anas Al-Bashriy; seorang yang shaduuq, namun berubah
hapalannya di akhir usianya (w. 208 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya
[idem, hal. 801 no. 5578].
[31] Ismaa’iil bin
Muslim Al-Makkiy, Abu Ishaaq Al-Bashriy; seorang yang telah disepakati
kelemahannya. An-Nasaa’iy berkata : “Matruukul-hadiits, tidak tsiqah”.
Ahmad berkata : “Munkarul-hadiits”. Ibnu Ma’iin berkata : “Laisa
bi-syai’ (tidak ada apa-apanya)”. Al-Bukhaariy berkata : “Yahyaa, Ibnu
Mahdiy, dan Ibnul-Mubaarak meninggalkannya”. Ibnu ‘Adiy berkata :
“Haditsnya-haditsnya tidak mahfuudh dari ia riwayatkan dari penduduk
Hijaaz dan Bashrah…”. Ibnu Hibbaan berkata : “Ia meriwayatkan riwayat-riwayat munkar
dari para perawi terkenal…” [lihat : Tahdziibut-Tahdziib, 1/331-333
no. 598 dan Natsnun-Nabaal hal. 214-216 no. 385].
[32] Muhammad bin
‘Abdillah bin Muhammad bin Hamdawaih bin Nu’aim bin Al-Hakam Adl-Dlabbiy
Ath-Thuhmaaniy An-Naisaabuuriy, Al-Haafidh Abu ‘Abdillah Al-Haakim; seorang
imam, tsiqah, pemilik banyak tulisan (321-405) [lihat : Syuyuukh
Al-Baihaqiy no. 141].
[33] ‘Aliy bin Hamsyaadz
bin Sakhtuwaih bin Nashr Al-‘Adl; seorang imam, haafidh, lagi tsiqah
(258-338) [Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 15/398-400 no. 221].
[34] Muhammad bin
Ibraahiim bin Sa’iid bin ‘Abdirrahmaan Al-‘Abdariy, Abu ‘Abdillah Al-Busyanjiy
Al-Faqiih; seorang yang tsiqah lagi haafidh (w. 290/291 H).
Dipakai Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib,
hal.819 no. 5729].
[35] ‘Abdullah bin
Muhammad bin ‘Aliy bin Nufail Al-Qadlaa’iy Abu ja’far An-Nufailiy; seorang yang
tsiqah lagi haafidh (w. 234 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim
dalam Shahih-nya [idem, hal. 543 no. 3619].
[36] Khaliid bin Dal’aj
As-Saduusiy Al-Bashriy (w. 166 H). Ibnu Ma’iin berkata : “Dla’iiful-hadiits”.
Di lain tempat ia berkata : “Laisa bi-syai’ (tidak ada apa-apanya)”.
An-Nasaa’iy berkata : “Tidak tsiqah”. Abu Haatim berkata : “Shaalih,
tidak kokoh dalam hadits. Ia telah meriwayatkan dari Qataadah beberapa hadits
yang sebagiannya munkar. Ad-Daaruquthniy menyebutkannya dalam jajaran
perawi matruk (ditinggalkan haditsnya)”. Ibnu ‘Adiy berkata : “Secara
umum hadits-hadits ada mutaba’ah dari selainnya, dan sebagian di
antaranya ada pengingkaran. Akan tetapi ia bukan seorang yang sangat munkar haditsnya”.
Abu Daawud dan As-Saajiy berkata : “Dla’iif” [selengkapnya lihat : Tahdziibut-Tahdziib,
3/158-159 no. 301].
[37] Qataadah bin
Di’aamah bin Qataadah As-Saduusiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat,
namun banyak melakukan tadliis. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya
[Taqribut-Tahdziib hal. 798 no. 5553, Ta’riifu Ahlit-Taqdis hal.
102 no. 92, Al-Mudallisiin lil-‘Iraaqiy hal. 79-80 no. 49, dan Riwaayaatul-Mudallisiin
fii Shahiih Al-Bukhaariy hal. 483-484].
____________
http://abul-jauzaa.blogspot.com/2010/09/qunut-shubuh.html
http://faisalchoir.blogspot.sg/2011/12/qunut-shubuh.html