Oleh:Ustadz Ahmas Faiz Asifuddin
Apa rahasia kehebatan tauhid, sehingga mampu menghapus segala dosa,
sebesar apapun ? Seorang Umar bin Khathab Radhiyallahu anhu misalnya,
tokoh yang sebelum masuk Islam terkenal paling menentang ajaran Islam
dan terkenal dengan kekafirannya serta pernah mengubur putrinya
hidup-hidup. Namun dengan masuk Islam, mentauhidkan peribadatan hanya
kepada Allâh Subhanahu wa Ta’ala saja, maka terhapuslah segala dosa dan
kesalahannya yang menggunung. Bahkan menjadi tokoh paling mulia di sisi
Allâh sesudah Abu Bakar Radhiyallahu anhu.
Apalagi jika kesalahan seseorang lebih kecil, tentu akan lebih mudah
terhapus dengan tauhid. Bahkan jika kesalahan serta kekufurannya lebih
besar dari Umar Radhiyallahu anhu sekalipun, tetap semua itu akan hapus
dan sirna dengan tauhid.
Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, bahwa Allâh Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
"...وَمَنْ لَقِيَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطِيْئَةً لاَيُشْرِكُ بِي شَيْئًا، لَقِيْتُهُ بِمِثْلِهَا مَغْفِرَةً" رواه مسلم
Allâh Azza wa Jalla berfirman, "…Dan barangsiapa menjumpai-Ku dengan
membawa kesalahan sepenuh bumi dalam keadaan tidak mempersekutukan
sesuatupun dengan Aku, maka Aku akan menjumpainya dengan ampunan yang
sepenuh bumi pula". [HR. Muslim][1] .
Dalam Sunan Tirmidzi, dari Anas Radhiyallahu anhu , beliau mengatakan
bahwa Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allâh Tabaraka
wa Ta'ala berfirman :
يَاابْنَ آدَمَ! إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الْأرْضِ خَطَايَا،
ثُمَّ لَقِيْتَنِي لاَتُشْرِكُ بِي شَيْئًا لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا
مَغْفِرَةً
Wahai anak Adam! Sesungguhnya jika engkau datang menghadap kepada-Ku
dengan membawa kesalahan-kesalahan sepenuh bumi, kemudian engkau datang
kepada-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan sesuatupun dengan Ku, maka
Aku akan datang kepadanya dengan membawa ampunah sepenuh bumi pula[2].
Syaikh Abdur Rahman bin Hasan Aal asy-Syaikh (wafat th. 1285 H)
menyebutkan bahwa al-Hâfizh Ibnu Rajab al-Hanbali rahimahullah
mengatakan, "Barangsiapa yang datang dengan membawa tauhid (kepada
Allâh), meskipun memiliki kesalahan sepenuh bumi, niscaya Allâh akan
menemuinya dengan membawa ampunan sepenuh bumi pula"[3]
Maksudnya, hadits di atas menegaskan bahwa siapa yang bertauhid dengan
sempurna, maka bisa mendapat ampunan dari dosa-dosanya meskipun
dosa-dosa itu memenuhi bumi. Bukan hanya itu, Rasûlullâh Shallallahu
‘alaihi wa sallam juga menegaskan bahwa orang yang sempurna tauhidnya,
tidak akan diadzab oleh Allâh di akhirat.
Dalam hadits Mu'adz bin Jabal Radhiyallahu anhu tentang hak dan
kewajiban hamba kepada Allâh Subhanahu wa Ta’ala , Rasûlullâh
Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
حَقُّ اللهِ عَلَى الْعِبَادِ أَنْ يَعْبُدُوا اللهَ وَلاَيُشْرِكُوْا بِهِ
شَيْئاً، وَحَقُّ الْعِباَدِ عَلَى اللهِ : أَنْ لاَ يُعَذِّبَ مَنْ لاَ
يُشْرِكُ بِهِ شَيْئاً. قُلْتُ: ياَرَسُوْلَ اللهِ، أَفَلاَ أُبَشِّر
الناَّسَ؟ قَالَ : لاَتُبَشِّرْهُمْ فَيَتَّكِلُوْا. أخرجاه
Hak Allâh yang menjadi kewajiban para hamba ialah agar mereka beribadah
kepada Allâh saja dan tidak mempersekutukan sesuatupun (syirik) dengan
Allâh. Sedangkan hak hamba yang akan diperoleh dari Allâh ialah bahwa
Allâh tidak akan mengadzab siapapun yang tidak mempersekutukan (syirik)
sesuatu dengan Allâh." Aku (mu'adz) berkata, ‘Wahai Rasûlullâh, tidakkah
kabar gembira ini aku sampaikan kepada orang banyak ?’ Beliau menjawab,
"Jangan engkau kabarkan kepada mereka, sebab mereka akan bergantung
(dengan mengatakan: yang penting tidak syirik-pen) [HR. Bukhari dan
Muslim][4]
Hadits ini menunjukkan, orang yang sama sekali tidak berbuat syirik
dalam beribadah kepada Allâh Subhanahu wa Ta’ala , ia tidak akan di
adzab.
Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda pula :
مَنْ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ
لَهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، وَأَنَّ عِيْسَى عَبْدُ
اللهِ وَابْنُ أَمَتِهِ، وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَى مَرْيَمَ وَرُوْحٌ
مِنْهُ، وَأَنَّ الْجَنَّةَ حَقٌّ وَأَنَّ النَّارَ حَقٌّ، أَدْخَلَهُ الله
مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةِ شَاءَ(وفى رواية:
أَدْخَلَهُ الْجَنَّةَ عَلَى مَا كَانَ مِنَ الْعَمَلِ). أخرجاه
Siapa yang berkata: Aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang berhak
diibadahi kecuali Allâh saja, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan bahwa
Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, juga bersaksi bahwa Isa adalah
hamba Allâh dan anak hamba (perempuan) Allâh, ia adalah manusia yang
dicipta dengan kalimat-Nya, lalu dimasukkan ke dalam diri Maryam, dan ia
adalah ruh yang dicipta oleh Allâh. Juga bersaksi bahwa sorga adalah
benar adanya, dan nerakapun benar adanya, maka Allâh pasti akan
memasukannya ke dalam sorga, melalui pintu mana saja yang dia kehendaki
dari pintu-pintunya yang delapan. (Dalam riwayat lain: maka Allâh pasti
akan memasukannya ke dalam sorga, sesuai dengan amal perbuatan yang
dilakukannya). [HR. Bukhari dan Muslim][5]
Masih banyak nash lain yang menceritakan kehebatan tauhid. Apa Rahasianya?
Di sini perlu dikaji beberapa hal di antaranya:
PENGERTIAN TAUHID
Tauhid ialah meng-Esakan Allâh Azza wa Jalla dengan hanya memberikan
peribadatan kepada-Nya saja.[6] Artinya, agar orang beribadah
(menyembah) hanya kepada Allâh Azza wa Jalla saja serta tidak
mempersekutukan sesuatupun dengan-Nya (tidak syirik kepada-Nya). Dia
beribadah hanya kepada Allâh Azza wa Jalla dengan mencurahkan kecintaan,
pengagungan, harapan dan rasa cemas.[7]
Syaikh Muhammad bin Shâlih al-Utsaimîn rahimahullah menerangkan bahwa
kata tauhid merupakan mashdar dari wahhada, yuwahhidu, artinya
menjadikan sesuatu menjadi satu-satunya. Dan ini tidak akan terjadi
kecuali dengan menggabungkan antara nafi (peniadaan) dan itsbât
(penetapan). Meniadakan (peribadatan) dari selain yang di Esakan, serta
menetapkan (peribadatan) hanya pada yang di Esakan.[8]
Sementara Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan, "Tauhid
yang di bawa Rasul Allâh sebagai ajarannya tidak lain berisi penetapan
bahwa sifat Uluhiyah (berhak disembah) hanyalah milik Allâh Azza wa
Jalla saja. Yaitu, ikrar bahwa tidak ada sesembahan yang berhak
diibadahi kecuali Allâh Azza wa Jalla , tidak ada yang boleh diibadahi
kecuali Dia, tidak diserahkan sikap tawakal kecuali hanya kepada-Nya,
tidak ada kecintaan kecuali karena-Nya, tidak dilakukan permusuhan
kecuali karena-Nya dan tidak dilakukan amal perbuatan kecuali dalam
rangka ridha-Nya. Dan itu semua mencakup penetapan nama-nama serta
sifat-sifat-Nya sesuai dengan apa yang telah Dia tetapkannya sendiri
bagi diriNya".[9]
Selanjutnya beliau rahimahullah mengatakan, "Bukanlah tauhid yang
dimaksud sekedar Tauhid Rububiyah. Yaitu meyakini bahwa Allâh adalah
pencipta alam semesta satu-satunya".[10]
Itulah hakikat tauhid yang menjadi intisari dakwah serta ajaran setiap
Rasul Allâh, yaitu yang berisi dua hal pokok: Pertama, penolakan
terhadap setiap sesembahan selain Allâh, dan kedua, penetapan bahwa
sesembahan yang benar hanyalah Allâh Azza wa Jalla saja.
Allâh Azza wa Jalla berfirman :
وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ
Sesungguhnya Kami telah mengutus seorang Rasul pada setiap umat untuk
menyeru kepada umat masing-masing, “Beribadahlah kalian kepada Allâh
saja, dan jauhilah thaghut. [an-Nahl/16:36]
Dan banyak firman Allâh yang senada dengan ayat ini.
TUJUAN DICIPTAKANNYA MANUSIA
Adalah sangat naif dan dangkal jika orang berprasangka bahwa hidup di
dunia ini hanyalah untuk tujuan dunia, untuk membangun dunia dengan
segala gebyar serta teknologinya, dan untuk melakukan kebaikan-kebaikan
duniawi hanya demi kebaikan serta kesejahteraan dunia.
Orang hidup pasti akan mati dan meninggalkan dunia fana ini menuju
kehidupan lain. Dan pasti akan ada pertanggung jawaban dalam kehidupan
lain itu. Karenanya Allâh Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan, bahwa hidup
di dunia ini memiliki tujuan agung yang bukan sekedar hidup, kemudian
mati, lalu selesai. Tujuan agung itu adalah peribadatan kepada Allâh
Azza wa Jalla . Firman-Nya :
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepadaKu. [adz-Dzariyât/51:56]
Ibadah yang dimaksud adalah ibadah murni yang tidak terkotori dengan
peribadatan kepada selain Allâh Azza wa Jalla . Jika seseorang dalam
peribadatannya melakukan perbuatan syirik, mempersekutukan makhluk
dengan Allâh, maka pasti Allâh Subhanahu wa Ta’ala akan murka dan tidak
akan ridha.[11]
Di antara dalilnya ialah, firman Allâh Subhanahu wa Ta’ala :
إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ
ذَٰلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَىٰ
إِثْمًا عَظِيمًا
Sesungguhnya Allâh tidak akan mengampuni dosa syirik (mempersukutukan)
kepadaNya, dan Dia mengampuni dosa yang selain syirik itu bagi siapa
yang Dia kehendaki. Barangsiapa yang mempersekutukan Allâh, maka
sungguh, dia telah mengadakan dosa yang sangat besar. [an-Nisâ'/4:48]
Juga firman-Nya :
إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
Sesungguhnya (dosa) syirik (mempersekutukan Allâh), benar-benar merupakan kezaliman yang sangat besar. [Luqmân/31:13]
Demikian pula firman-Nya :
وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلَا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَدًا
Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah untuk Allâh, maka janganlah
kamu memohon di dalamnya kepada siapapun, di samping kepada Allâh.
[al-Jin/72:18]
Jadi, bagaimana mungkin Allâh Azza wa Jalla tidak murka jika Dia Yang
Maha Perkasa dan Sempurna disejajarkan dengan makhluk-Nya yang serba
lemah dan kurang. Karena itulah, larangan terbesar dalam Islam adalah
syirik. Allâh Azza wa Jalla berfirman :
وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا
Dan beribadahlah kepada Allâh dan janganlah mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun [An-Nisâ/4:36]
Demikian juga maksud diturunkannya kitab-kitab Allâh Azza wa Jalla serta
diutusnya para rasul ialah agar para manusia beribadah hanya kepada
Allâh Azza wa Jalla saja.[12] Dalilnya sangat banyak, di antaranya
firman Allâh Subhanahu wa Ta’ala :
وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَسُولٍ إِلَّا نُوحِي إِلَيْهِ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدُونِ
Dan kami tidak mengutus seorang rasulpun sebelum kamu melainkan kami
wahyukan kepadanya, "Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan
aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan aku". [Al-Anbiya’/21:25]
Nah, agar orang tidak kecewa kelak dalam kehidupan di alam lain, ia
harus tunduk pada aturan yang ditetapkan oleh Penciptanya. Dan
Penciptanya ini telah menunjuk utusan kepercayaan-Nya untuk menyampaikan
risalah-Nya. Ia adalah Rasûlullâh, utusan-Nya.
BAGAIMANA CARA BERTAUHID?
Adalah jelas bahwa Islam dibangun berdasarkan pondasi tauhid.[13] Allâh Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
قُلْ إِنَّمَا يُوحَىٰ إِلَيَّ أَنَّمَا إِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۖ فَهَلْ أَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya apa yang diwahyukan kepadaku ialah
bahwasanya sesembahan kamu adalah sesembahan yang Esa, maka apakah kamu
telah Islam (berserah diri) kepada-Nya"? [al-Anbiyâ'/21:108]
Maka agar keislaman seseorang itu benar dan diterima di sisi Allâh Azza
wa Jalla , ia harus bertauhid dengan benar, yaitu hanya memberikan
peribadatan kepada Allâh Azza wa Jalla dengan ikhlas dan tidak
memberikan sedikitpun dari macam-macam ibadah kepada selain Allâh
Subhanahu wa Ta’ala . Tidak berdoa dan tidak memohon kepada selain Allâh
Subhanahu wa Ta’ala , hal-hal yang hanya menjadi kekuasaan Allâh untuk
memberinya; tidak kepada malaikat, tidak kepada Nabi, tidak kepada wali,
tidak kepada 'orang pintar', tidak kepada pohon, batu, matahari, bulan,
kuburan dan lain sebagainya.[14]
Jadi dalam bertauhid, orang harus menolak dan menyingkiri segala yang
disembah selain Allâh Azza wa Jalla , dan hanya mengakui, menetapkan
serta menjalankan bahwa peribadatan hanya merupakan hak Allâh saja,
Pencipta alam semesta.
Bertauhid bukan sekedar mengikrarkan bahwa Allâh adalah satu-satunya
Pencipta, Pemberi rizki, Pengatur serta Pemilik alam semesta. Sebab
tauhid semacam ini telah diikrarkan pula oleh kaum musyrikin Arab pada
zaman Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.[15] Tetapi bertauhid harus
direalisasikan dengan memberikan peribadatan hanya kepada Allâh Azza wa
Jalla , permohonan, doa dan kegiatan-kegiatan lain yang semakna, hanya
kepada Allâh saja.
Dengan demikian, agar tauhid berfungsi menghapus segala dosa dan
menghalangi masuk neraka, maka seseorang harus memurnikan tauhidnya
kepada Allâh Azza wa Jalla serta berupaya menyempurnakannya. Ia harus
memenuhi syarat-syarat tauhid, baik dengan hati, lidah maupun anggauta
badannya. Atau –minimal- dengan hati dan lidahnya pada saat meninggal
dunia.[16]
Intinya, menyerahkan peribadatan, kehidupan dan kematian hanya kepada
Allâh, meninggalkan segala bentuk kemusyrikan serta segala pintu yang
dapat menjerumuskan ke dalam kemusyrikan, sebagaimana telah diterangkan
dalam ayat-ayat atau hadits-hadits di atas.
Demikian secara sangat ringkas gambaran tentang kehebatan tauhid yang
memiliki daya hapus luar biasa terhadap dosa-dosa. Karena itu mengapa
orang tidak tertarik memanfaatkan kesempatan ini ? yaitu dengan
bertaubat, kembali bertauhid serta memurnikan tauhidnya kepada Allâh
Subhanahu wa Ta’ala ? Dan mengapa tidak takut kepada Allâh Subhanahu wa
Ta’ala ?
Perlu disadari oleh setiap insan, bahwa kelak masing-masing akan datang
sendiri dan mempertanggung jawabkan dirinya sendiri dihadapan Allâh yang
Maha adil keputusan hukumNya.
وَكُلُّهُمْ آتِيهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَرْدًا
Dan setiap orang dari mereka akan datang kepada Allâh sendiri-sendiri pada hari Kiamat. [Maryam/19:95]
REFERENSI
1. Fathul Bâri Syarh Shahîh al-Bukhâri
2. Shahîh Muslim Bisyarhi an-Nawawi, Tahqîq wa Takhrîj: 'Ishâm
ash-Shababithiy Hazim Muhammad dan 'Imad 'Amir. Daar al-Hadits, Kairo,
cet. III, 1419 H/1998 M
3. Shahîh Muslim Syarh an-Nawawi, Tahqiq : Khalail Ma'mun Syiha
4. Shahîh Sunan at-Tirmidzi, Syaikh al-Albâni, Maktabah al-Ma'ârif, Riyâdh, cet. I dari terbitan terbaru,
5. Dar'u Ta'ârudh al-'Aql wa an-Naql, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah,
Tahqiq: Iyad bin Abdul Lathif bin Ibrahim al-Qaisy, Maktabah ar-Rusyd,
cet.I, 1427 H/2006 M.
6. Fathul Majîd Syarh Kitâbit Tauhîd, Tahqiq: Dr. Al-Walid bin Abdur Rahman Aal Fariyyan, Dar 'Alam al-Fawa'id, cet. VI, 1420 H.
7. Taqrib at-Tadmuriyah, Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, I'dad
& takhrij: Sayyid Abbas bin Ali al-Julaimi, Maktabah as-Sunnah,
Kairo, cet I, 1413 H/1992 M
8. Syarh Kasyfi asy-Syubuhat wa yalihi Syarh al-Ushul as-Sittah, Syaikh
Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah, I'dad : Fahd bin Nashir
as-Sulaiman, Dar ats-Tsurayya, cet. IV, 1426 H/2005 M
9. Syarh Tsalatsati al-Ushul, karya Syaikh Muhammad bin Shalih
al-Utsaimin rahimahullah, I'dad: Fahd bin Nashir as-Sulaiman, Daar
ats-Tsurayya, cet. III, 1417 H/1997 M
[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 07/Tahun XV/1432H/2011.
Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo – Purwodadi
Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-858197 Fax 0271-858196]
_______
Footnote
[1]. Lihat Shahih Muslim Bisyarhi an-Nawawi, Tahqîq wa Takhrîj: 'Ishâm
ash-Shababithiy, Hazim Muhammad dan 'Imad 'Amir. Dâr al-Hadîts, Kairo,
cet. III, 1419 H/1998 M, IX/16, no. 2687. Atau Tahqiq : Khalil Ma'mun
Syiha: XVIII/15, no. 6774
[2]. Lihat Shahîh Sunan at-Tirmidzi, Syaikh al-Albâni, Maktabah
al-Ma'ârif, Riyâdh, cet. I dari terbitan terbaru, 1420 H/2000 M.
III/455, no. 3540
[3]. Lihat Fathu al-Majîd Syarh Kitâb at-Tauhîd, Tahqiq: Dr. al-Walîd
bin Abdurrahmân Aal Fariyyan, Dar 'Alam al-Fawâ'id, cet. VI, 1420 H.
I/151
[4]. Lihat Fathul Bâri Syarh Shahîh al-Bukhâri I/226-227, no. 128, 129
dll, juga Shahîh Muslim Syarh an-Nawawi, Khalil Ma'mûn Syiha, I/177-178,
no. 143
[5]. Lihat Fathul Bâri Syarh Shahîh al-Bukhâri VI/474, no. 3435 dan
Shahîh Muslim Syarh an-Nawawi, Khalil Ma'mun Syiha, I/173-174, no. 139,
140.
[6]. Demikian Syaikh Muhammad bin Badul Wahhab memberikan definisi
kaitannya dengan Tauhid Uluhiyah. Lihat Syarh Kasyfisy Syubuhat wa
yalihi Syarh al-Ushulis Sittah, Syaikh Muhammad bin Shâlih al-Utsaimin t
, I'dad : Fahd bin Nashir as-Sulaiman, Dar ats-Tsurayya, cet. IV, 1426
H/2005 M, hlm. 20, matan.
[7]. Ibid. Pada bagian penjelasan Syaikh Muhammad bin Shâlih al-Utsaimin t
[8]. Ibid. Syarah
[9]. Lihat Dar'u Ta'ârudh al-'Aql wa an-Naql, Syaikhul Islam Ibnu
Taimiyah, Tahqiq: Iyad bin Abdul Lathif bin Ibrahim al-Qaisy, Maktabah
ar-Rusyd, cet.I, 1427 H/2006 M. I/186
[10]. Ibid. hlm. 187
[11]. Lihat perkataan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab t dalam al-Ushûl
ats Tsalâtsah. Dalam Syarh Tsalâtsati al-Ushûl, karya Syaikh Muhammad
bin Shâlih al-Utsaimin trahimahullah, terdapat pada hlm. 33. I'dad: Fahd
bin Nashir as-Sulaiman, Daar ats-Tsurayya, cet. III, 1417 H/1997 M
[12]. Lihat Taqrib at-Tadmuriyah, Syaikh Muhammad bin Shâlih
al-Utsaimin, I'dad & takhrij: Sayyid Abbas bin Ali al-Julaimi,
Maktabah as-Sunnah, Kairo, cet I, 1413 H/1992, hlm. 119
[13]. Ibid, hlm.110
[14]. Ibid. 112
[15]. Ibid. 110
[16]. Lihat Fathul Majîd Syarh Kitâbit Tauhîd, op.cit. I/151
Sumber: http://almanhaj.or.id/content/3660/slash/0/kehebatan-tauhid-menghapus-semua-dosa/
Tidak ada komentar:
Komentar baru tidak diizinkan.