Alhamdulillah, as-sholatu was salamu ‘ala man la nabiyya ba’dah. Amma ba’d.
“Risalah
Tsalatsatul Ushul adalah sebuah risalah yang penting bagi setiap
muslim.” (Syaikh Shalih bin Abdul Aziz alu Syaikh. Menteri Urusan Wakaf,
Dakwah dan Bimbingan Keislaman Arab Saudi)
Tsalatsatul Ushul (tiga landasan
utama) merupakan salah satu risalah karya Syaikh Muhammad bin Abdul
Wahhab rahimahullah yang tersebar luas di kalangan kaum muslimin.
Risalah ini mengandung pelajaran-pelajaran yang sangat penting dan
mendasar demi terwujudnya pribadi muslim yang mentauhidkan Allah dalam
segala sisi kehidupannya.
Telah banyak ulama yang membahas
risalah ini dalam bentuk ceramah, tulisan, yang ringkas maupun panjang
lebar. Di antara mereka adalah Syaikh Abdurrahman bin Qasim
rahimahullah, Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah, Syaikh Muhammad
bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah, Syaikh Zaid bin Hadi hafizhahullah,
Syaikh Shalih bin Abdul Aziz alu Syaikh hafizhahullah, Syaikh Nu’man
bin Abdul Karim al-Watr hafizhahullah, Syaikh Abdullah bin Shalih
al-Fauzan hafizhahullah, Syaikh Khalid bin Abdullah al-Mushlih
hafizhahullah dan para ulama lainnya.
Dan segala puji bagi Allah,
bersama rekan-rekan yang lain saya mendapat kesempatan mengikuti
pelajaran kitab tersebut bersama Ustadz Abu Isa Abdullah bin Salam
hafizhahullah [1] dalam rangkaian daurah di Ma’had Jamilurrahman
as-Salafy dan juga daurah yang diadakan oleh Lembaga Bimbingan Islam
al-Atsary beberapa tahun yang silam. Sungguh ini merupakan kenikmatan
yang sangat agung dan pengalaman yang sangat berharga dalam kehidupan
kami, semoga Allah meneguhkan kami dan anda sekalian di atas akidah
tauhid yang suci ini hingga bertemu dengan-Nya nanti.
Pada kesempatan ini kami insya
Allah akan memulai pembahasan risalah/kitab ini dengan mengacu kepada
beberapa kitab syarah yang ada dengan tambahan keterangan dari sumber
lainnya semampu kami, dan Allah lah satu-satunya tempat bergantung bagi
kami.
Judul Risalah
Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah memberi nama risalahnya dengan judul:
ثلاثةُ الأُصُول
Artinya: “Tiga landasan utama.”
Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah mengomentari:
هذه
رسالة مهمة في العقيدة ألفها الشيخ أبو عبد الله الإمام محمد بن عبد
الوهاب بن سليمان بن علي التميمي الحنبلي الإمام المشهور المجدد لِما اندرس
من معالم الإسلام في النصف الثاني من القرن الثاني عشر ـ رحمه الله وأكرم
مثواه ـ . وقد كان ـ رحمه الله ـ يلقن الطلبة والعامة هذه الأصول ليدرسوها
ويحفظوها ، ولتستقر في قلوبهم لكونها قاعدة في العقيدة .
“Ini
adalah risalah yang sangat penting dalam bidang akidah. Risalah yang
ditulis oleh Syaikh Abu Abdillah Imam Muhammad bin Abdul Wahhab bin
Sulaiman bin Ali at-Tamimi al-Hanbali. Seorang imam yang masyhur
sekaligus seorang pembaharu yang mereformasi berbagai ajaran Islam yang
mengalami kelunturan pada paruh kedua di abad keduabelas (hijriyah),
semoga Allah mencurahkan rahmat kepadanya dan memuliakan tempat
peristirahatannya. Beliau -semoga Allah merahmatinya- dahulu biasa
mendiktekan kepada para murid dan masyarakat umum pokok-pokok -akidah-
ini agar mereka mau mempelajari dan menghafalkannya dan supaya apa yang
terdapat di dalamnya bisa tertanam di dalam hati mereka, dikarenakan
perkara-perkara itu merupakan pondasi dalam hal akidah.” (Syarh Ushul
Tsalatsah li Ibni Baz, hal. 1 software Maktabah asy-Syamilah)
Syaikh Khalid bin Abdullah al-Mushlih hafizhahullah menjelaskan:
وهذه
الرسالة رسالة عظيمة كثيرة الفوائد ألفها رحمه الله لبيان ما يحتاج إليه
كل مؤمن ومؤمنة، وكل مسلمٍ ومسلمة، وسمى هذه الرسالة (ثلاثة الأصول)، وهي
معروفة بهذا الاسم، أو باسم (الأصول الثلاثة)، بين فيها ما يجب معرفته مما
يتعلق بالله عز وجل، ومما يتعلق بالنبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم، ومما
يتعلق بدين الإسلام، وأكثر من ذكر الأدلة في ثنايا هذه الرسالة المباركة
ليتبين بذلك أن ما يدعو إليه منبثق من الكتاب والسنة، وأنه معتمد عليهما…
“Risalah
ini adalah risalah yang agung dan mengandung banyak pelajaran berharga.
Risalah ini ditulis oleh beliau rahimahullah dalam rangka menjelaskan
hal-hal yang dibutuhkan oleh setiap mukmin dan mukminah dan setiap
muslim dan muslimah. Risalah ini diberi nama Tsalatsatu Ushul dan ia
populer dengan nama ini. Atau ia juga dikenal dengan nama al-Ushul
ats-Tsalatsah. Di dalamnya beliau menjelaskan berbagai perkara yang
wajib diketahui yang meliputi keyakinan tentang Allah ‘azza wa jalla,
keyakinan yang terkait dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa
sallam, dan keyakinan yang terkait dengan agama Islam. Di tengah-tengah
risalah yang diberkahi ini beliau sering sekali menyebutkan dalil-dalil
supaya tampak dengan jelas bahwa apa yang beliau dakwahkan benar-benar
memiliki landasan dari al-Kitab dan as-Sunnah, dan demi membuktikan
bahwasanya tulisan ini memang bersandar kepada keduanya…” (Syarh
al-Ushul ats-Tsalatsah, hal. 2 software Maktabah asy-Syamilah)
Syaikh Shalih bin Abdul Aziz alu Syaikh hafizhahullah juga menerangkan:
رسالة
ثلاثة الأصول, رسالة مهمّة لكل مسلم، وكان العلماءُ -أعني علمائنا- يعتنون
بها شرحا، في أول ما يشرحون من كتب أهل العلم، ذلك؛ لأن فيها الجواب عن
أسئلة القبر الثلاث؛ ألا وهي سؤال الملكين العبد عن ربه، وعن دينه، وعن
نبيه، وهي ثلاثة الأصول يعني معرفة العبد ربه؛ وهو معبوده، ومعرفة العبدِ
دينه؛ دين الإسلام بالأدلة، ومعرفة العبد نبيه عليه الصلاة والسلام، فمن
هاهنا جاءت أهمية هذه الرسالة؛ لأن فيها من أصول التوحيد والدين الشيء
الكثير.
“Risalah Tsalatsatul
Ushul adalah sebuah risalah yang penting bagi setiap muslim. Dahulu para
ulama -maksud saya para ulama kita (ulama di Arab Saudi, pent)-
memberikan perhatian besar dengan memberikan syarah/penjelasan atasnya
dalam kesempatan pertama mereka membahas keterangan kitab-kitab ulama.
Hal itu disebabkan di dalamnya terkandung jawaban terhadap tiga
pertanyaan di alam kubur. Ketahuilah bahwa pertanyaan itu adalah
pertanyaan yang dilontarkan oleh dua malaikat kepada setiap hamba yang
menanyakan tentang siapa Rabbnya, tentang agamanya, dan tentang nabinya.
Itulah Tsalatsatul Ushul/tiga landasan utama: yaitu seorang hamba harus
mengenali Rabbnya yaitu sesembahannya, mengenali agamanya yaitu agama
Islam, dan mengenali nabinya ‘alaihis sholatu was salam. Di situlah
terletak urgensi/nilai penting risalah ini. Karena di dalamnya terdapat
banyak pokok-pokok ajaran tauhid dan agama…” (Syarh Tsalatsatul Ushul li
Shalih ali Syaikh, hal. 2 software Maktabah asy-Syamilah)
Dalil Tentang Pertanyaan Kubur
Imam Bukhari rahimahullah meriwayatkan:
حدثنا
أبو الوليد حدثنا شعبة قال أخبرني علقمة بن مرثد قال سمعت سعد بن عبيدة عن
البراء بن عازب : أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال المسلم إذا سئل في
القبر يشهد أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله . فذلك قوله يثبت الله
الذين آمنوا بالقول الثابت في الحياة الدنيا وفي الآخرة
Abul
Walid menuturkan kepada kami. Dia berkata: Syu’bah menuturkan kepada
kami. Dia berkata: ‘Alqomah bin Martsad mengabarkan kepadaku. Dia
berkata: Aku mendengar Sa’d bin ‘Ubaidah -meriwayatkan- dari al-Bara’
bin ‘Azib radhiyallahu’anhu, dia menceritakan bahwa Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seorang muslim jika ditanya di
dalam kubur maka dia akan bersaksi bahwa tidak ada sesembahan -yang
benar- kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Itulah
maksud dari firman Allah (yang artinya), ‘Allah akan meneguhkan
orang-orang yang beriman dengan ucapan yang kokoh dalam kehidupan dunia
dan ketika di akherat.’” (QS. Ibrahim: 27).” (HR. Bukhari dalam Kitab
Tafsir)
Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan:
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارِ بْنِ عُثْمَانَ الْعَبْدِىُّ حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ
مَرْثَدٍ عَنْ سَعْدِ بْنِ عُبَيْدَةَ عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ عَنِ
النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ (يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ
آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ) قَالَ نَزَلَتْ فِى عَذَابِ الْقَبْرِ
فَيُقَالُ لَهُ مَنْ رَبُّكَ فَيَقُولُ رَبِّىَ اللَّهُ وَنَبِيِّىَ
مُحَمَّدٌ -صلى الله عليه وسلم-. فَذَلِكَ قَوْلُهُ عَزَّ وَجَلَّ
يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِى
الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِى الآخِرَةِ
Muhammad
bin Basyar bin Utsman al-Abdi menuturkan kepada kami. Dia berkata:
Muhammad bin Ja’far menuturkan kepada kami. Dia berkata: Syu’bah
menuturkan kepada kami dari ‘Alqomah bin Martsad dari Sa’d bin ‘Ubaidah
dari al-Bara’ bin ‘Azib dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau
berkata (membaca ayat yang artinya), “Allah akan meneguhkan
orang-orang yang beriman dengan ucapan yang kokoh.” Beliau bersabda,
“Ayat itu turun tentang siksa kubur, akan ditanyakan kepadanya, ‘Siapa
Rabbmu’ maka dia akan bisa menjawab, ‘Rabbku adalah Allah, dan Nabiku
adalah Muhammad -shallallahu ‘alaihi wa sallam-’. Maka itulah makna
firman Allah ‘azza wa jalla (yang artinya), ‘Allah akan meneguhkan
orang-orang yang beriman dengan ucapan yang kokoh dalam kehidupan dunia
dan ketika di akherat.’ (QS. Ibrahim: 27).” (HR. Muslim)
Imam Abu Dawud rahimahullah meriwayatkan:
حَدَّثَنَا
عُثْمَانُ بْنُ أَبِى شَيْبَةَ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ ح وَحَدَّثَنَا
هَنَّادُ بْنُ السَّرِىِّ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ – وَهَذَا لَفْظُ
هَنَّادٍ – عَنِ الأَعْمَشِ عَنِ الْمِنْهَالِ عَنْ زَاذَانَ عَنِ
الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ : خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله
عليه وسلم- فِى جَنَازَةِ رَجُلٍ مِنَ الأَنْصَارِ فَانْتَهَيْنَا إِلَى
الْقَبْرِ وَلَمَّا يُلْحَدْ فَجَلَسَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه
وسلم- وَجَلَسْنَا حَوْلَهُ كَأَنَّمَا عَلَى رُءُوسِنَا الطَّيْرُ وَفِى
يَدِهِ عُودٌ يَنْكُتُ بِهِ فِى الأَرْضِ فَرَفَعَ رَأْسَهُ فَقَالَ :
اسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ. مَرَّتَيْنِ أَوْ ثَلاَثًا
– زَادَ فِى حَدِيثِ جَرِيرٍ هَا هُنَا – وَقَالَ : وَإِنَّهُ لَيَسْمَعُ
خَفْقَ نِعَالِهِمْ إِذَا وَلَّوْا مُدْبِرِينَ حِينَ يُقَالُ لَهُ : يَا
هَذَا مَنْ رَبُّكَ وَمَا دِينُكَ وَمَنْ نَبِيُّكَ. قَالَ هَنَّادٌ قَالَ :
وَيَأْتِيهِ مَلَكَانِ فَيُجْلِسَانِهِ فَيَقُولاَنِ لَهُ : مَنْ رَبُّكَ
فَيَقُولُ : رَبِّىَ اللَّهُ. فَيَقُولاَنِ لَهُ : مَا دِينُكَ فَيَقُولُ :
دِينِى الإِسْلاَمُ. فَيَقُولاَنِ لَهُ : مَا هَذَا الرَّجُلُ الَّذِى
بُعِثَ فِيكُمْ قَالَ فَيَقُولُ : هُوَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه
وسلم-. فَيَقُولاَنِ : وَمَا يُدْرِيكَ فَيَقُولُ : قَرَأْتُ كِتَابَ
اللَّهِ فَآمَنْتُ بِهِ وَصَدَّقْتُ. زَادَ فِى حَدِيثِ جَرِيرٍ : فَذَلِكَ
قَوْلُ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ (يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا).
الآيَةَ…
Utsman bin Abi Syaibah
menuturkan kepada kami. Dia berkata: Jarir menuturkan kepada kami (ha’).
Hannad bin as-Sari juga menuturkan kepada kami. Dia berkata: Abu
Mu’awiyah menuturkan kepada kami -dan ini merupakan lafazh yang
dibawakan oleh Hannad- dari al-A’masy dari al-Minhal dari Zadan dari
ak-Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu’anhu. Dia berkata: Suatu saat kami
keluar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mengiringi
jenazah salah seorang lelaki dari kaum Anshar. Ketika kami sampai di
kubur dan jenazah itu telah dikuburkan maka Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam pun duduk dan kami pun ikut duduk di sekitar beliau,
dan seolah-olah saat itu di atas kami ada burung. Di tangan beliau ada
sebilah tongkat kayu yang beliau pukul-pukulkan ke tanah lalu beliau
mengangkat kepalanya ke langit seraya mengatakan, “Mintalah perlindungan
kepada Allah dari siksa kubur.” Beliau mengucapkannya dua atau tiga
kali. Di dalam hadits Jarir terdapat tambahan “Nah, di sinilah.” Dan
beliau melanjutkan, “Sesungguhnya dia mampu mendengar suara
sandal-sandal mereka saat mereka berbalik untuk pulang. Ketika itulah
ditanyakan kepadanya, ‘Wahai orang ini, siapakah Rabbmu, apakah agamamu,
dan siapa Nabimu?’” Hannad berkata: Beliau mengatakan, “Datanglah dua
malaikat yang mendudukkannya lalu menanyakan kepadanya, ‘Siapa Rabbmu’
lalu dia pun menjawab, ‘Rabbku adalah Allah’. Lalu mereka berdua
bertanya kepadanya, ‘Apa agamamu’ dan dia pun menjawab, ‘Agamaku Islam’.
Lalu mereka kembali bertanya, ‘Siapakah lelaki ini yang telah diutus di
tengah-tengah kalian’. Maka dia menjawab, ‘Dia adalah Rasulullah
-shallallahu ‘alaihi wa sallam-.’ Lalu mereka berdua bertanya, ‘Ilmu apa
yang kamu ketahui?’ Maka dia menjawab, ‘Aku membaca Kitabullah, aku
beriman dan membenarkannya.’ Di dalam hadits Jarir terdapat tambahan,
“Itulah maksud dari firman Allah ‘azza wa jalla (yang artinya), ‘Allah
akan meneguhkan orang-orang yang beriman dst.’…” (HR. Abu Dawud,
dinyatakan sahih oleh al-Albani)
Imam al-Baghawi rahimahullah menerangkan:
قوله
تعالى: يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ –
كلمة التوحيد، وهي قول: لا إله إلا الله فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا يعني
قبل الموت، وَفِي الآخِرَةِ يعني في القبر. هذا قول أكثر أهل التفسير
“Firman
Allah ta’ala ‘Allah akan meneguhkan orang-orang yang beriman dengan
ucapan yang kokoh’ yaitu dengan kalimat tauhid, maksudnya adalah ucapan la ilaha illallah.
‘di dalam kehidupan dunia’ yaitu sebelum meninggal. ‘dan ketika di
akherat’ maksudnya adalah ketika berada di alam kubur. Inilah pendapat
mayoritas ahli tafsir.” (Ma’alim at-Tanzil [4/349] software Maktabah
asy-Syamilah)
Imam al-’Aini rahimahullah menjelaskan:
والقول الثابت هو كلمة التوحيد لأنها راسخة في قلب المؤمن
“Yang
dimaksud dengan ucapan yang kokoh itu adalah kalimat tauhid -la ilaha
illallah, pent- dikarenakan kalimat itu tertancap kuat di dalam lubuk
hati seorang mukmin.” (‘Umdat al-Qari Syarh Shahih al-Bukhari [13/101]
software Maktabah asy-Syamilah)
Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di rahimahullah menjelaskan maksud ayat di atas:
يخبر
تعالى أنه يثبت عباده المؤمنين، أي: الذين قاموا بما عليهم من إيمان القلب
التام، الذي يستلزم أعمال الجوارح ويثمرها، فيثبتهم الله في الحياة الدنيا
عند ورود الشبهات بالهداية إلى اليقين، وعند عروض الشهوات بالإرادة
الجازمة على تقديم ما يحبه الله على هوى النفس ومراداتها. وفي الآخرة عند
الموت بالثبات على الدين الإسلامي والخاتمة الحسنة، وفي القبر عند سؤال
الملكين، للجواب الصحيح، إذا قيل للميت من ربك؟ وما دينك؟ ومن نبيك؟ ”
هداهم للجواب الصحيح بأن يقول المؤمن: الله ربي والإسلام ديني ومحمد نبيي
“Allah
ta’ala memberitakan bahwasanya Dia akan memberikan keteguhan kepada
hamba-hamba-Nya yang beriman yaitu orang-orang yang menunaikan kewajiban
mereka berupa keimanan yang sempurna di dalam hatinya yang menuntut dan
memunculkan berbagai amal anggota badan. Allah akan memberikan
keteguhan kepada mereka di dalam kehidupan dunia ketika terpaan
syubhat/keragu-raguan melanda dengan menganugerahkan petunjuk -kepada
mereka- untuk tetap yakin, dan juga ketika hembusan syahwat menerpa
dengan karunia kekuatan tekad sehingga membuatnya tetap mendahulukan apa
yang dicintai Allah di atas hawa nafsu dan keinginan dirinya. Dan di
akherat kelak ketika maut maka Allah berikan keteguhan kepadanya di atas
agama Islam dan menjumpai husnul khatimah. Dan ketika berada di alam
kubur maka Allah juga akan memberikan keteguhan kepadanya dengan bisa
memberikan jawaban yang benar ketika ada dua malaikat yang bertanya
kepada mayit itu: ‘Siapa Rabbmu? Apa agamamu? Dan Siapa Nabimu?’ Ketika
itulah Allah berikan bimbingan kepada mereka untuk bisa menjawab dengan
benar yaitu dengan mengucapkan: ‘Allah Rabbku, Islam agamaku, dan Muhammad Nabiku.’” (Taisir al-Karim ar-Rahman [1/425] asy-Syamilah)
Ringkasan
Dari penjelasan-penjelasan di
atas kita dapat mengetahui letak pentingnya mempelajari risalah
Tsalastatul Ushul ini. Sebab di dalam risalah ini terkandung berbagai
perkara penting, antara lain:
- Pengenalan tentang sesembahan kita yaitu Allah ta’ala.
- Pengenalan tentang hakekat agama yang diterima di sisi Allah yaitu Islam.
- Pengenalan tentang panutan kita Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.
- Dalil-dalil al-Kitab dan as-Sunnah yang menjadi sumber akidah kita.
- Ilmu yang akan membentengi diri kita dari terpaan fitnah syubhat dan syahwat.
- Kunci keteguhan bagi seorang muslim untuk bisa menghadapi ujian di alam kubur kelak.
- Ilmu tauhid, yang itu merupakan sebab utama keselamatan dan kebahagiaan.
Setelah
bismillahirrahmanirrahim, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah
mengatakan, اعْلمْ رَحِمَكَ اللهُ أَنَّهُ يَجِبُ عَلَيْنَا تَعَلُّمُ
أَرْبَع مَسَائِلَ
“Ketahuilah, semoga Allah merahmatimu. Wajib bagi kita untuk mempelajari empat perkara…”
Makna doa rahmat adalah
permohonan kepada Allah agar mendapatkan ampunan atas kesalahan di masa
silam dan bimbingan untuk menjalani kehidupan di masa depan. Syaikh
Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Semoga Allah
merahmatimu artinya; semoga Allah melimpahkan kepadamu rahmat-Nya yang
dengan itu kamu akan berhasil meraih cita-citamu dan kamu akan selamat
dari apa yang kamu khawatirkan. Sehingga makna ungkapan ini adalah
semoga Allah mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu dan semoga Allah
memberikan taufik kepadamu dan menjagamu dari dosa-dosa yang akan
datang. Ini apabila doa rahmat disebutkan secara sendirian. Adapun
apabila doa ini disertakan bersama doa ampunan maka doa ampunan
ditujukan bagi dosa-dosa yang telah lalu, sedangkan rahmat dan taufik
untuk mendapatkan kebaikan serta keselamatan di masa depan. Apa yang
dilakukan oleh penulis rahimahullahu ta’ala menunjukkan perhatian beliau
dan kasih sayangnya kepada orang yang diajak bicara serta menunjukkan
bahwa beliau menginginkan kebaikan untuknya.” (Syarh Tsalatsat al-Ushul,
hal. 19)
Syaikh Khalid bin Abdullah al-Mushlih hafizhahullah menjelaskan:
وهذا
من لطفه وحسن تأليفه ورفقه بمن يتعلم، فدعا للمتعلّم سواءٌ أكان قارئًا أم
مستمعاً بالرحمة، وهذا منهج مهم وطريق لابد من التنبه إليه، وهو أن يكون
المعلِّم والداعية إلى دين الله عز وجل شفيقاً رحيماً، وأن يشعر من يدعوه
أنه يريد به الخير والهدى، ويريد أن يخرجه من الظلمات إلى النور؛ فإن هذا
الأسلوب من أسباب قبول الدعوة، ومن أسباب قبول العلم، ولذلك قال الله جل
وعلا في رسوله: وَلَوْ كُنْتَ فَظّاً غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ
حَوْلِكَ . آل عمران:159، وينبغي أن يكون الداعية إلى دين الله عز وجل
رءوفاً رحيماً، كما قال الله جل وعلا في حق نبيّه صلى الله عليه وسلم:
لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا
عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَؤُوفٌ رَحِيمٌ .
[التوبة:128]…
“Ini merupakan
kehalusan beliau dan gaya penulisan yang bagus yang menunjukkan
kelembutan beliau kepada orang yang menimba ilmu. Beliau mendoakan
curahan rahmat bagi orang yang menimba ilmu, baik dia adalah sebagai
pembaca maupun pendengar pelajarannya. Ini merupakan metode yang sangat
penting dan cara yang sudah semestinya diperhatikan. Yaitu semestinya
seorang pengajar dan da’i yang menyeru kepada agama Allah ‘azza wa jalla
menjadi seorang yang lembut dan penyayang. Begitu pula seharusnya orang
yang didakwahi merasa bahwa da’i tersebut menginginkan kebaikan dan
hidayah baginya. Hendaknya dia merasa bahwa sang da’i menginginkan agar
dia terkeluarkan dari berbagai kegelapan menuju cahaya. Sesungguhnya
metode semacam ini merupakan salah satu penyebab diterimanya dakwah dan
diterimanya ilmu yang disampaikan. Oleh sebab itulah Allah jalla wa ‘ala
berfirman mengenai rasul-Nya (yang artinya), ‘Seandainya kamu adalah
orang yang berhati kasar niscaya mereka akan lari dari sisimu.’ (Qs. Ali
Imran: 159).
Dan semestinya
seorang da’i yang menyeru kepada agama Allah ‘azza wa jalla menjadi
seorang yang lembut lagi penyayang. Sebagaimana yang difirmankan Allah
jalla wa ‘ala tentang diri Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang
artinya), ‘Sungguh telah datang kepada kalian seorang rasul dari
kalangan kalian, terasa berat apa saja yang menyusahkan kalian, dan
sangat bersemangat memberikan kebaikan untuk kalian dan kepada
orang-orang yang beriman sangat lembut dan penyayang.’ (Qs. at-Taubah:
128)…. ” (Syarh al-Ushul ast-Tsalatsah, hal. 4 software Maktabah
asy-Syamilah)
Perintah untuk menebar kasih sayang
Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu’anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمَنُ ارْحَمُوا أَهْلَ الأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِى السَّمَاءِ
“Orang-orang
yang penyayang niscaya akan disayangi pula oleh ar-Rahman (Allah). Maka
sayangilah penduduk bumi niscaya Yang di atas langit pun akan
menyayangi kalian.” (HR. Abu Dawud, dinyatakan sahih oleh al-Albani)
Dalam riwayat Tirmidzi dengan teks,
الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمَنُ ارْحَمُوا مَنْ فِى الأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِى السَّمَاء
“Orang-orang
yang penyayang niscaya akan disayangi pula oleh ar-Rahman (Allah). Maka
sayangilah yang di atas muka bumi niscaya Yang di atas langit pun akan
menyayangi kalian.” (HR. Tirmidzi, dinyatakan hasan sahih oleh Tirmidzi
dan disahihkan al-Albani)
Di dalam riwayat Ahmad dengan lafazh,
الراحمون يرحمهم الرحمن ارحموا أهل الأرض يرحمكم أهل السماء
“Orang-orang
yang penyayang niscaya akan disayangi pula oleh ar-Rahman (Allah). Maka
sayangilah penduduk bumi niscaya penduduk langit pun akan menyayangi
kalian.” (HR. Ahmad, dinyatakan sahih lighairihi oleh Syaikh Syu’aib
al-Arna’uth)
al-Mubarakfuri rahimahullah menjelaskan,
والمراد بأهل السماء الملائكة ومعنى رحمتهم لأهل الأرض دعاؤهم لهم بالرحمة والمغفرة
“Yang
dimaksud dengan penduduk langit adalah para malaikat. Makna kasih
sayang mereka kepada penduduk bumi adalah berupa doa yang mereka
panjatkan demi kebaikan mereka -penduduk bumi- berupa curahan rahmat dan
ampunan…” (Tuhfat al-Ahwadzi [6/43] software Maktabah asy-Syamilah)
Syaikh Abdul Muhsin al-Abbad hafizhahullah menerangkan,
وهذا
لأن الجزاء من جنس العمل، فكما أنهم يَرحمون يُرحمون، فحينما حصلت منهم
رحمة للخلق الذين يستحقون الرحمة فجزاؤهم أن يرحمهم الله تعالى.
“Hal
ini dikarenakan balasan atas suatu amal sejenis dengan amal yang
dilakukan. Sebagaimana mereka menyayangi maka mereka pun disayangi.
Ketika muncul kasih sayang dari mereka kepada orang-orang yang memang
berhak untuk disayangi maka balasan untuk mereka adalah Allah ta’ala pun
menyayangi mereka…” (Syarh Sunan Abu Dawud [28/249] software Maktabah
asy-Syamilah)
Syaikh Shalih bin Abdul Aziz alu Syaikh hafizhahullah menjelaskan:
قال
العلماء سبب ذلك أن مبنى هذا العلم الرحمة، ونتيجته الرحمة في الدنيا،
وغايته الرحمة في الآخرة، لهذا الشيخ رحمه الله نبه على ذلك تنبيها لطيفا
دقيقا حيث قال (اعلمْ -رحمكَ اللهُ-)؛ دعاء للمتعلم بالرحمة, ذلك لأن مبنى
التعلم بين المعلم والمتعلم هو التراحم كلٌّ بما يناسبه.
“Para
ulama mengatakan -ketika menjelaskan kandungan hadits tersebut, pent-
bahwa sebabnya adalah dikarenakan ilmu ini dibangun di atas landasan
rahmat (kasih sayang). Buahnya adalah rahmat di dunia dan tujuan
akhirnya adalah untuk mendapatkan rahmat di akherat. Oleh sebab itulah
Syaikh -Muhammad bin Abdul Wahhab- rahimahullah memberikan perhatian
atasnya dengan cara yang halus dan lembut yaitu ketika beliau
mengutarakan -di dalam risalah ini- dengan ucapannya, ‘Ketahuilah,
semoga Allah merahmatimu’. Ini merupakan doa agar orang yang menimba
ilmu memperoleh curahan rahmat. Hal itu dikarenakan kegiatan
belajar-mengajar yang dilakukan antara pengajar dengan pelajar dibangun
di atas landasan sikap saling menyayangi, satu sama lain -disayangi-
sesuai dengan kedudukannya.” (Syarh Tsalatsat al-Ushul, hal. 4)
Catatan: Hadits di atas merupakan salah satu dalil yang sangat jelas menunjukkan bahwa Allah berada di atas langit,
bukan di mana-mana sebagaimana yang diyakini oleh sebagian orang. Sebab
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “… niscaya Yang di atas
langit pun akan menyayangi kalian.”
Bahkan, Imam an-Nawawi
rahimahullah mengatakan, “Kami mengimani bahwa Allah berada di atas
Arsy-Nya, sebagaimana telah diberitakan di dalam Kitab-Nya yang mulia.
Kami tidak mengatakan bahwa Dia berada di setiap tempat. Akan tetapi Dia
berada di atas langit, sedangkan ilmu-Nya di setiap tempat. Tidak ada
satu tempat pun yang luput dari ilmu-Nya. Sebagaimana firman Allah (yang
artinya), ‘Apakah kalian merasa aman dari hukuman Tuhan yang berada di
atas langit?’ (Qs. al-Mulk: 16)…”
(ad-Dala’il
al-Wafiyah fi Tahqiq ‘Aqidati an-Nawawi a Salafiyah am Khalafiyah,
transkrip ceramah Syaikh Masyhur Hasan Salman, hal. 42-43).
al-Munawi rahimahullah menyebutkan:
ذكر
بعض العارفين من مشائخنا أن حجة الإسلام الغزالي رؤي في النوم فسئل ما فعل
الله به فقال : أوقفني بين يديه وقال : بماذا جئت فذكرت أنواعا من
العبادات فقال : ما قبلت منها شيئا ولكن غفرت لك هل تدري بماذا ؟ جلست تكتب
يوما فسقطت ذبابة على القلم فتركتها تشرب من الحبر رحمة لها فكما رحمتها
رحمتك اذهب فقد غفرت لك
“Sebagian
orang arif di kalangan para guru kami pernah menceritakan bahwasanya ada
orang yang bermimpi bertemu dengan Hujjatul Islam al-Ghazali
-rahimahullah- dalam tidurnya. Ketika itu beliau ditanya, apa yang Allah
lakukan kepadanya. Maka beliau menjawab, ‘Allah memberdirikanku di
hadapan-Nya, dan bertanya: ‘Dengan membawa apa kamu datang?’ Maka aku
pun menyebutkan berbagai jenis ibadah -yang pernah kukerjakan-, lalu
Allah mengatakan, ‘Tidak ada yang Aku terima dari itu semua sedikitpun,
akan tetapi Aku telah mengampunimu. Tahukah kamu apa sebabnya? Suatu
hari kamu sedang duduk menulis tiba-tiba ada seekor lalat yang jatuh
menimpa pena -bersama tintanya- kemudian kamu biarkan ia minum dari
tinta itu karena kasihan/sayang kepadanya. Maka sebagaimana kamu telah
mengasihinya maka sekarang kini Akupun mengasihimu. Pergilah, aku telah
mengampunimu.’.” (Faidh al-Qadir [3/11] software Maktabah asy-Syamilah)
Ancaman bagi orang yang tidak punya rasa kasih sayang
Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, beliau meriwayatkan:
أَنَّ
الأَقْرَعَ بْنَ حَابِسٍ أَبْصَرَ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم-
يُقَبِّلُ الْحَسَنَ فَقَالَ إِنَّ لِى عَشَرَةً مِنَ الْوَلَدِ مَا
قَبَّلْتُ وَاحِدًا مِنْهُمْ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-
« إِنَّهُ مَنْ لاَ يَرْحَمْ لاَ يُرْحَمْ ».
“al-Aqra’
bin Habis suatu ketika melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
sedang mencium al-Hasan -cucu beliau-, maka dia berkata: ‘Saya memiliki
sepuluh orang anak namun saya belum pernah melakukan hal ini kepada
seorang pun di antara mereka.’ Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam pun bersabda, ‘Sesungguhnya barang siapa yang tidak menyayangi
maka dia tidak akan disayangi.’.” (HR. Bukhari dan Muslim, ini lafazh
Muslim)
Dalam riwayat Abu Dawud dengan teks,
أَنَّ
الأَقْرَعَ بْنَ حَابِسٍ أَبْصَرَ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- وَهُوَ
يُقَبِّلُ حُسَيْنًا فَقَالَ إِنَّ لِى عَشْرَةً مِنَ الْوَلَدِ مَا
فَعَلْتُ هَذَا بِوَاحِدٍ مِنْهُمْ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه
وسلم- « مَنْ لاَ يَرْحَمُ لاَ يُرْحَمُ »
“al-Aqra’
bin Habis suatu ketika melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
sedang mencium Husain -cucu beliau-, maka dia berkata: ‘Saya memiliki
sepuluh orang anak namun saya belum pernah melakukan hal ini kepada
seorang pun di antara mereka.’ Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam pun bersabda, ‘Barang siapa yang tidak menyayangi maka dia tidak
akan disayangi.’.” (HR. Abu Dawud, dinyatakan sahih oleh al-Albani)
Dari Usamah bin Zaid radhiyallahu’anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إنَّمَا يَرْحَمُ اللَّهُ مِنْ عِبَادِهِ الرُّحَمَاءَ
“Sesungguhnya Allah hanya akan menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang.” (HR. Bukhari)
Ibnu Batthal rahimahullah mengatakan,
فى
هذه الأحاديث الحض على استعمال الرحمة للخلق كلهم كافرهم ومؤمنهم ولجميع
البهائم والرفق بها . وأن ذلك مما يغفر الله به الذنوب ويكفر به الخطايا ،
فينبغى لكل مؤمن عاقل أن يرغب فى الأخذ بحظه من الرحمة ، ويستعملها فى
أبناء جنسه وفى كل حيوان…وكذلك ينبغى أن يرحم كل بهيمة وإن كانت فى غير
ملكه ، ألا ترى أن الذى سقى الكلب الذى وجده بالفلاة لم يكن له ملكًا فغفر
الله له بتكلفة النزول في البئر وإخراجه الماء فى خفه وسقيه إياه…
“Di
dalam hadits-hadits ini terkandung dorongan untuk bersikap kasih sayang
kepada segenap makhluk, yang kafir maupun yang beriman dan juga kepada
segenap hewan piaraan dan bersikap lembut kepadanya. Dan sesungguhnya
hal itu merupakan salah satu penyebab Allah akan mengampuni dosa dan
menutupi kesalahan-kesalahan. Oleh sebab itu sudah semestinya setiap
mukmin yang berakal bersemangat dalam mengambil bagian dalam upaya
mewujudkan rasa kasih sayang dalam dirinya dan menerapkannya kepada
sesama jenisnya -manusia- dan juga kepada segala jenis hewan -kecuali
yang membahayakan, pent-…”… “Demikian pula semestinya dia menyayangi
setiap hewan piaraan meskipun bukan miliknya sendiri. Tidakkah kamu
melihat bahwa orang yang memberikan minum kepada anjing tak berpemilik
yang ditemukannya di tengah padang tandus sehingga Allah pun berkenan
untuk mengampuninya disebabkan usahanya dengan bersusah payah turun ke
sumur dan mengambil airnya dengan terompahnya dan kemudian memberikan
air itu untuk minum si anjing…” (Syarh Shahih al-Bukhari li Ibni
Batthal, [9/219-220] software Maktabah asy-Syamilah)
al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah menukil keterangan Ibnu Abi Jamrah,
ويحتمل
أن يكون المراد من لا يكون فيه رحمة الإيمان في الدنيا لا يرحم في الآخرة
أو من لا يرحم نفسه بامتثال أوامر الله واجتناب نواهيه
“Bisa
juga ditafsirkan maknanya adalah bahwa barang siapa yang pada dirinya
ketika di dunia tidak terdapat rahmat keimanan maka dia tidak akan
mendapat rahmat di akherat. Atau barang siapa yang tidak mengasihi
dirinya sendiri dengan cara melaksanakan perintah Allah dan menjauhi
larangan-Nya -maka Allah juga tidak akan mengasihinya kelak di akherat,
pent-…” (Fath al-Bari bi Syarh Shahih al-Bukhari [10/440] software
Maktabah asy-Syamilah)
Ringkasan
Nah, dengan mencermati
penjelasan para ulama di atas jelaslah bagi kita bahwa di dalam doa
rahmat yang dipanjatkan oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab di awal
mukadimah risalahnya ini terkandung banyak pelajaran berharga, di
antaranya:
- Penyebaran ilmu ini dilandaskan oleh rasa kasih sayang kepada umat manusia.
- Semestinya seorang pengajar bersikap lemah lembut kepada orang yang diajarinya.
- Kelembutan merupakan unsur penting dalam dakwah dan salah satu sebab diterimanya dakwah.
- Hal ini juga menunjukkan hendaknya seorang da’i menempuh cara termudah agar orang yang didakwahi menerima dan memahami apa yang didakwahkannya. Salah satu caranya adalah dengan medoakan kebaikan atau hidayah baginya, sebagaimana kisah Abu Hurairah radhiyallahu’anhu yang meminta kepada Nabi untuk mendoakan ibunya yang tidak mau masuk Islam. Kemudian berkat doa beliau akhirnya ibunya masuk Islam.
- Barang siapa yang mengasihi sesama maka Allah pun akan mengasihinya.
- Kasih sayang yang sejati adalah yang membimbing manusia menuju keselamatan dan kebahagiaan abadi di akherat nanti.
- Islam memuji orang-orang yang mempunyai rasa kasih sayang dan mencela orang yang tidak memilikinya.
- Orang yang paling jelek adalah yang tidak menyayangi dirinya sendiri yaitu dengan tidak beriman, tidak mau tunduk kepada perintah Allah dan tidak mau menjauhi larangan-larangan-Nya.
- Hendaknya bersikap kasih sayang kepada sesama manusia bahkan kepada hewan sekalipun.
- Balasan yang diberikan sejenis dengan bentuk amal yang dilakukan. Barang siapa yang menyayangi maka akan disayangi. Barang siapa yang mengingat Allah maka Allah akan mengingatnya. Barang siapa menjaga -aturan- Allah maka Allah pun akan menjaganya. Barang siapa yang membela -agama- Allah maka Allah pun akan menolongnya. Demikian seterusnya…
Demikianlah
pembahasan ringkas yang bisa kami sajikan dalam kesempatan ini. Semoga
Allah ta’ala berkenan untuk menerima amal ini dan menjadikannya
bermanfaat bagi kami dan pembaca sekalian. Masih banyak pelajaran
berharga yang tersimpan dalam risalah mungil ini, kita berharap kepada
Allah agar memberikan kesempatan kepada kita untuk mengkajinya dan
kemudian mengamalkan ilmu yang kita pahami darinya.
Allahumma inna nas’aluka ‘ilman
naafi’an wa na’uudzubika min ‘ilmin yaa yanfa’ (Ya Allah, kami memohon
kepada-Mu ilmu yang bermanfaat dan kami berlindung kepada-Mu dari ilmu
yang tidak bermanfaat). Sesungguhnya Allah Maha mendengar lagi Maha
mengabulkan doa. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi
wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.
Yogyakarta, Rabu 11 Syawwal 1430 H
Hamba yang fakir kepada Rabbnya
***
Penulis: Abu Mushlih Ari Wahyudi
Artikel www.muslim.or.id
http://faisalchoir.blogspot.com/2011/05/empat-kaidah-utama-dalam-memahami.html
http://faisalchoir.blogspot.com/2011/05/empat-kaidah-utama-dalam-memahami.html
Tidak ada komentar:
Komentar baru tidak diizinkan.