Adzan dari segi bahasa berarti pengumuman, permakluman atau pemberitahuan. Sebagaimana ungkapan yang digunakan ayat Al-Quran Al-Kariem berikut ini :
وَأَذَانٌ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ إِلَى
النَّاسِ يَوْمَ الْحَجِّ الاكْبَرِ أَنَّ اللَّهَ بَرِيءٌ مِنَ
الْمُشْرِكِينَ وَرَسُولُهُ
Dan suatu permakluman daripada Allah dan
Rasul-Nya kepada umat manusia pada hari haji akbar bahwa sesungguhnya
Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari orang-orang musyrikin.(QS.
At-Taubah : 3)
Selain itu, adzan juga bermakna seruan
atau panggilan. Makna ini digunakan ketika Nabi Ibrahim ‘alaihissalam
diperintahkan untuk memberitahukan kepada manusia untuk melakukan ibadah
haji.
وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالاً وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ
Dan panggillah manusia untuk mengerjakan
haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan
mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh.
(QS. Al-Hajj : 27)
Secara syariat, definisi adzan adalah perkataan tertentu yang bergun memberitahukan masuknya waktu shalat yang fardhu.
Dalam kitab Nailul Authar disebutkan definisi adzan yaitu pengumuman atas waktu shalat dengan lafaz-lafaz tertentu.
Pensyariatan
Adzan disyariatkan dalam Islam atas dasar dalil dari Al-Quran, As-sunnah dan ijma` para ulama.
2.1. Al-Quran
وَإِذَا نَادَيْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ اتَّخَذُوهَا هُزُوًا وَلَعِبًا ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَوْمٌ لا يَعْقِلُونَ
Dan apabila kamu menyeru untuk shalat,
mereka menjadikannya buah ejekan dan permainan. Yang demikian itu adalah
karena mereka benar-benar kaum yang tidak mau mempergunakan akal. (QS.
Al-Maidah : 58)
2.2. Sunnah :
عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ قَالَ :
قَالَ لَنَا النَّبِيُّ وَإِذَا حَضَرَتِ الصَّلاَةُ فَلْيُؤَذِّنْ لَكُمْ
أَحَدُكُمْ أَخْرَجَهُ السَّبْعَةُ
Dari Malik bin Huwairits radhiyallahu
‘anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda kepada kami,”Bila waktu shalat telah
tiba, hendaklah ada dari kamu yang beradzan”.(HR. Bukhari dan Muslim)
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ زَيْدِ بْنِ
عَبْدِ رَبِّهِ قَالَ: طَافَ بِي -وَأَنَا نَائِمٌ- رَجُلٌ فَقَالَ:
تَقُولُ: اَللَّهُ أَكْبَرَ اللَّهِ أَكْبَرُ فَذَكَرَ الاذَانَ –
بِتَرْبِيع التَّكْبِيرِ بِغَيْرِ تَرْجِيعٍ و الإقَامَةَ فُرَادَى إِلاَّ
قَدْ قَامَتِ الصَّلاةُ – قَالَ: فَلَمَّا أَصْبَحْتُ أَتَيْتُ رَسُولَ
اللَّهِ فَقَالَ: إِنَّهَا لَرُؤْيَا حَقٍّ.
Dari Abdullah bin Zaid bin Abdirabbihi
berkata,”Ada seorang yang mengelilingiku dalam mimpi dan berseru :
“Allahu akbar alahu akbar”, dan (beliau) membacakan adzan dengan empat
takbir tanpa tarji’, dan iqamah dengan satu-satu, kecuali qad
qamatishshalah”. Paginya Aku datangi Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, maka beliau
bersabda,”Itu adalah mimpi yang benar. (HR. Ahmad dan Abu Daud)
Selain itu, adzan bukan hanya ditetapkan
hanya dengan mimpi sebagian shahabat saja, melainkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam juga
diperlihatkan praktek adzan ketika beliau diisra`kan ke langit.
Dari al-Bazzar meriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam diperlihatkan dan diperdengarkan kepadanya di malam Isra` di atas 7
lapis langit. Kemudian Jibril memintanya maju untuk mengimami penduduk
langit, dimana disana ada Adam ‘alaihissalam dan Nuh ‘alaihissalam Maka
Allah menyempurnakan kemuliaannya di antara para penduduk langit dan
bumi.
Namun hadits ini riwayatnya teramat lemah
dan gharib. Riwayat yang shahih adalah bahwa adzan pertama kali
dikumandangkan di Madinah sebagai-mana hadits Ibnu Umar yang
diriwayatkan oleh Muslim.
Keutamaan
Adzan memiliki keutamaan yang besar
sehingga andai saja orang-orang tahu keutamaan pahala yang didapat dari
mengumandangkan Adzan, pastilah orang-orang akan berebutan. Bahkan kalau
perlu mereka melakukan undian untuk sekedar bisa mendapatkan kemuliaan
itu. Hal itu atas dasar hadits Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلَ
اللهِ قَالَ لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فيِ الآذَانِ وَالصَّفِ الأَوَّلِ
ثُمَّ لمَ ْيَجِدُوا إِلاَّ أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لاَسْتَهَمُوا رواه
البخاري وغيره
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu
bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda,”Seandainya orang-orang tahu keutamaan
adzan dan berdiri di barisan pertama shalat (shaff), dimana mereka tidak
bisa mendapatkannya kecuali harus mengundi, pastilah mereka mengundinya
di antara mereka..”(HR. Bukhari)
Selain itu, ada keterangan yang
menyebutkan bahwa nanti di akhirat, orang yang mengumandang-kan adzan
adalah orang yang mendapatkan keutamaan dan kelebihan. Di dalam hadits
lainnya disebutkan :
عَنْ مُعَاوِيَةَ أَنَّ النّبِيَّ قَالَ:
إِنَّ المُؤَذِّنِيْنَ أَطْوَلُ النَّاسِ أَعْنَاقًا يَوْمَ القِيَامَةِ
رواه أحمد ومسلم وابن ماجه
Dari Muawiyah radhiyallahu ‘anhu bahwa
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda,”Orang yang adzan (muazzin) adalah orang yang
paling panjang lehernya di hari kiamat”. (HR. Muslim, Ahmad dan Ibnu
Majah)
Bahkan menurut Asy-syafi`iyah dan
Al-Hanabilah, menjadi muadzdzin (orang yang mengumandangkan adzan) lebih
tinggi kedudukannya dari pada imam shalat. Dalilnya adalah ayat Quran
berikut ini :
وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلاً ِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ
Siapakah yang lebih baik perkataannya
daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh,
dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah
diri?”(QS. Fushshilat : 33)
Menurut mereka, makna dari menyeru kepada
Allah Subhana wa Ta'ala didalam ayat ini adalah mengumandangkan adzan. Berarti kedudukan
mereka paling tinggi dibandingkan yang lain.
Namun pendapat sebaliknya datang dari
Al-Hanafiyah, dimana mereka mengatakan bahwa kedudukan imam shalat lebih
utama dari pada kedudukan orang yang mengumandangkan Adzan. Alasannya,
Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam dan para khulafaur-rasyidin dahulu adalah imam shalat
dan bukan orang yang mengumandangkan adzan (muadzdzin). Jadi masuk akal
bila kedudukan seorang imam shalat lebih tinggi dari kedudukan seorang
muadzdzin.
Hukum
Hukum adzan menurut jumhur ulama selain
al-Hanabilah adalah sunnah muakkadah, yaitu bagi laki-laki yang
dikerjakan di masjid untuk shalat wajib 5 waktu dan juga shalat Jumat.
Sedangkan selain untuk shalat tersebut,
tidak disunnahkan untuk mengumandangkan adzan, misalnya shalat Iedul
Fithri, shalat Iedul Adha, shalat tarawih, shalat jenazah, shalat
gerhana dan lainnya. Sebagai gantinya digunakan seruan dengan lafaz
“Ash-shalatu jamiatan” (الصلاة جامعة). Sebagaimana dijelaskan di dalam
hadits berikut :
Dari Abdullah bin Amru radhiyallahu ‘anhu
bahwa telah terjadi gerhana matahari di masa Rasulullah
Shallallahu 'alaihi wa Sallam, maka
kepada orang-orang diserukan : “Ash-shalatu Jami`ah”.(HR. Bukhari dan
Muslim)
Sedangkan bagi jamaah shalat wanita, yang
dianjurkan hanyalah iqamat saja tanpa adzan menurut As-Syafi`iyah dan
Al-Malikiyah. Oleh sebab untuk menghindari fitnah dengan suara adzan
wanita. Bahkan iqamat pun dimakruhkan oleh al-Hanafiyah.
Syarat Adzan
Untuk dibenarkannya adzan, maka ada beberapa syarat yang harus terpenuhi sebelumnya. Diantara syarat-syarat adzan adalah :
5.1. Telah Masuk Waktu
Bila seseorang mengumandangkan adzan
sebelum masuk waktu shalat, maka adzannya itu haram hukumnya sebagaimana
telah disepakati oleh para ulama. Dan bila nanti waktu shalat tiba,
harus diulang lagi adzannya. Kecuali adzan shubuh yang memang pernah
dilakukan 2 kali di masa Rasulllah Shallallahu 'alaihi wa Sallam . Adzan yang pertama sebelum masuk
waktu shubuh, yaitu pada 1/6 malam yang terakhir. Dan adzan yang kedua
adalah adzan yang menandakan masuknya waktu shubuh, yaitu pada saat
fajar shadiq sudah menjelang.
5.2. Harus Berbahasa Arab
Adzan yang dikumandangkan dalam bahasa
selain arab tidak sah. Sebab adzan adalah praktek ibadah yang bersifat
ritual, bukan semata-mata panggilan atau menandakan masuknya waktu
shalat.
5.3. Tidak Bersahutan
Bila adzan dilakukan dengan cara sambung
menyambung antara satu orang dengan orang lainnya dengan cara
bergantian, hukumnya tidak sah.
Sedangkan mengumandangkan adzan dengan
beberapa suara vokal secara berberengan, dibolehkan hukumnya dan tidak
dimakruhkan sebagaimana dikatakan Ibnu Abidin. Hal ini pertama kali
dilakukan oleh Bani Umayyah.
5.4. Muslim, Laki, Akil Baligh.
Adzan tidak sah bila dikumandangkan oleh
non-muslim, wanita, orang tidak waras atau anak kecil. Sebab mereka
semua bukan orang yang punya beban ibadah.
Bahkan Al-Hanafiyah mensyaratkan bahwa
orang itu tidak boleh fasik, bila sudah terjadi maka harus diulangi oleh
orang lain yang tidak fasik. Al-Malikiyah mengatakan bahwa dia harus
adil.
5.5. Tertib Lafaznya
Tidak diperbolehkan untuk terbolak-balik
dalam mengumandangkan lafadz adzan. Urutannya harus benar. Namun para
ulama sepakat bahwa untuk mengumandangkan adzan tidak disyaratkan harus
punya wudhu`, menghadap kiblat, atau berdiri. Hukum semua itu hanya
sunnah saja, tidak menjadi syarat sahnya adzan.
Disunnahkan orang yang mengumandangkan
adzan juga orang yang mengumandangkan iqamat. Namun bukan menjadi
keharusan yang mutlak, lantaran di masa Rasululah Shallallahu 'alaihi wa Sallam, Bilal
radhiyallahu ‘anhu mengumandangkan adzan dan yang mengumandangkan iqamat
adalah Abdullah bin Zaid, shahabat Nabi yang pernah bermimpi tentang
adzan. Dan hal itu dilakukan atas perintah nabi juga.
Sunnah Adzan
1. Hendaklah muadzin suci dan
hadast besar dan kecil. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam
pembahasan hal-hal yang dianjurkan baginya berwudhu’.
2. Hendaklah ia berdiri
menghadap kiblat. Ibnu mundzir berkata sesuatu yang telah menjadi ijma’
(kesempatan para ulama) bahwa berdiri ketika adzan termasuk sunnah Nabi
karena suara bisa lebih keras, dan termasuk sunnah juga ketika adzan
menghadap ke arah kiblat, sebab para muadzin Rasullullah mengumandangkan
adzan sambil menghadap kearah kiblat.
3. Menghadapkan wajah dan
lehernya ke sebelah kanan ketika mengucapkan ‘Hayya ‘alalfalah’ dan ke
sebelah kiri ketika mengucapkan, ‘Hayya ‘alal falah’, sebagaimana yang
telah dijelaskan sebagai berikut :
Dari Abu Juhaifah ia pernah
melihat Bilal beradzan, ia berkata, “Kemudian saya ikuti mulutnya ketika
ke arah sini dan sini dengan adzan tersebut.” ( Muttafaqun ‘alaih:
Fathul Bari II: 114 no: 634, Muslim I : 360 no no: 503, ‘Aunul Ma’bud
II: 219no: 516, Tarmidzi I: 126 no: 197, dan Nasa’I II: 12).
(Adapun memalingkan dada ke
kanan dan ke kiri ketika adzan, maka sama sekali tidak dijelaskan dalam
sunnah Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam. dan tidak pula disebutkan dalam hadits-hadits yang
menerangkan menghadapkan leher ke sebelah kanan dan ke sebelah kiri.
Selesai. Berasal dari kitab Tamamul Minnah ha.150)
4. Memasukkan dua jari ke dalam telinganya, karena ada pernyataan Abu Juhaifah:
Saya melihat Bilal adzan dan
berputar serta mengarahkan mulut ke sini dan ke sini, sedangkan dua
jarinya berada ditelinganya.” (Shahih: Shahih Tirmidzi no: 164 dan Sunan
Tirmidzi I: 126 no: 197).
5. Mengeraskan suaranya ketika adzan, sebagaimana yang dijelaskan dalam sabda Nabi saw., “Karena
sesungguhnya tidaklah akan mendengar sejauh suara muadzin, baik jin,
manusia, adapun sesuatu yang lain, melainkan mereka akan menjadi saksi
baginya pada hari kiamat.” (Shahih: Shahih Nasa’i no: 625, Fathul Bari H: 87: 609 dan Nasa’i II: 12).
(Imam Tirmidzi berkata, “Hadits
ini Hasan Shahih dan sudah diamalkan oleh para ulama’ mereka
menganjurkan muadzin memasukkan dua jari ke dalam dua telinganya ketika
adzan.” selesai)
6. Di Anjurkan Muadzin Mengucapkan, Dua Kali Takbir Dalam Sekali Nafas
Dari Umar bin Khathab Radhyallahu'anhu,
bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam. bersabda, “Apabila muadzin mengucapkan ALLAAHU
AKBAR ALLAAHU AKBAR, kemudian muadzin mengucapkan, ASYHADU ALMA ILAAHA
ILLALLAAH, lalu ia mengucapkan (juga), ASYHADU ALMA ILAAHA ILLALLAAI-L…,
(Shahih: Shahih Abu Daud, no: 527, Muslim 1:289 no: 385 dan ‘Aunul
Ma’bud 11: 228 rio: 523).
Dalam hadits di atas terkandung
isyarat yang jelas bahwa muadzin mengucapkan setiap dua takbir dalam
sekali nafas, dan orang yang mendengar pun menjawabnya seperti itu.
(Lihat Syarhu Muslim III: 79).
7. Dianjurkan Melakukan Tarji’
Tarji’ ialah mengulangi bacaan
syahadatain, dua kali pertama dengan suara pelan dan dua kali kedua
dengan suara keras. (Lihat Syarhu Nawawi Muslim III: 81).
Dari Abu Mahdzurah r.a. bahwa
Rasulullah pernah rnengajarinya adzan ini: ALLAAHU AKBAR ALLAAHU AKBAR.
ASYHADU ALLAA, ILAAHA ILLALLAAH ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAAH, ASYHADU
ANNA MUHAMMADAR RASULULLAAH ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASULULLAAH,
Kemudian beliau mengulangi dengan mengucapkan (lagi): ASYHADU ALLAA
ILAAHA ILLALLAAH, ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASULULLAAH ASYHADU ANNA
MUHAMMADAR RAS ULULLAAH, HAYYA ALASHSHALAAH HAYYA ‘ALASHSHALAAH, HAYYA
ALAL FALAKH HAYYA ‘ALAL FALAAH, ALLAAHU AKBAR ALLAAHU AKBAR, LAA ILAAHA
ILLALLAAH. (Shahih: Mukhtashar Muslim no: 191 dan Muslim I: 287 no:
379).
8. Dianjurkan Adzan Pada Awal Masuknya Waktu Shalat Dan Mendahulukan Pada Waktu Shubuh Khususnya
Dari Jabir bin Samurah,
berkata, “Adalah Bilal biasa adzan dengan sempurna bila matahari
bergeser ke barat, kemudian ia tidak mengumandangkan iqamah hingga Nabi
saw. keluar kepadanya, maka ketika beliau telah keluar ia
mengumandangkan iqamah ketika ia melihatnya.” (Shahih: Shahih Abu Daud
no: 503, al-Fathur Rabbani 111: 35 no: 283 dan ini lafadz: baginya,
Muslim 1: 423 no: 606, Aunul Ma’bud II: 241 no: 533 semakna).
Makna LAA YAKHRUMU ialah
mengucapkan lafadz-lafadz adzan dengan sempurna tidak ada yang
ketinggalan. Demikian menurut Imam Syaukani dalam Nailul Authar II:31.
Dari Ibnu Umar Radhyallahu., bahwa nabi
bersabda “Sesungguhnya Bilal biasa adzan di waktu malam, maka hendaklah
kamu makan dan minum hingga Ibnu Ummi Makan mengumandangkan adzan.”
(Muttafaqun ‘alaih: Fathul Bari II: 104 no: 622 dan Muslim II: 768 no:
38dan 1092).
Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallamsudah menerangkan hikmah didahulukannya adzan shubuh sebelum waktunya dengan sabdanya, “Janganlah
sekali-kali adzan Bilal mencegah salah seorang di antara kamu dan
sahumya, karena sesungguhnya ia memberitahu -atau beliau bersabda- ia
berseru di waktu malam agar orang yang biasa bangun malam di antara kamu
kembali pulang (ke rumahnya) dan untuk membangunkan orang yang sedang
tidur nyenyak di antara kamu.” (Muttafaqun ‘alaih: Fathul Bari II: 103 no: 621, Muslim 11: 768 no: 1093 dan ‘Aunul Ma’bud VI: 472 no: 2330).
http://aljaami.wordpress.com/2011/03/23/adzan/