Katanya tauhid dibagi tiga
(rububiyyah, uluhiyyah, asma’ dan sifat), siapa yang membagi demikian? Di kitab
apa? Jilid dan halaman?
Jawab:
Tauhid terbagi menjadi 3
(Tauhid rububiyyah, uluhiyyah, dan Asma’ wa sifat) berdasarkan istiqra’
(penelitian menyeluruh) terhadap dalil-dalil yang ada di dalam Al-Quran dan
As-Sunnah, sebagaimana ulama nahwu membagi kalimat di dalam bahasa arab menjadi
3: Isim, fi’il, dan huruf, berdasarkan penelitian menyeluruh terhadap
kalimat-kalimat yang ada di dalam bahasa arab. (Lihat Kitab At-Tahdzir min
Mukhtasharat Muhammad Ash-Shabuny fii At-Tafsir karangan Syeikh Bakr Abu
Zaid hal: 30, cet. Darur Rayah- Riyadh )
Diantara dalil-dalil tauhid
rububiyyah (pengesaan Allah dalam penciptaan, pembagian rezeki, dan
pengaturan alam):
Firman Allah ta’ala:
(اللَّهُ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ
وَكِيلٌ)(الزمر:62)
Artinya: “Allah
menciptakan segala sesuatu.” (Qs. 39: 62)
Dan firman Allah ta’ala:
وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا
وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ) (هود:6
Artinya: “Dan tidak ada
suatu binatang melatapun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya,
dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya.
Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (Qs. 11:6)
Dan firman Allah ta’ala:
(قُلْ مَنْ يَرْزُقُكُمْ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ أَمَّنْ يَمْلِكُ
السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَمَنْ يُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ
الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَمَنْ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ فَسَيَقُولُونَ اللَّهُ
فَقُلْ أَفَلا تَتَّقُونَ) (يونس:31
Artinya: Katakanlah:”Siapakah
yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa
(menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang
hidup dari yang mati dan yang mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah
yang mengatur segala urusan” Maka mereka menjawab: “Allah.” Maka katakanlah:
“Mengapa kamu tidak bertaqwa (kepada-Nya)?” (Qs. 10:31)
Diantara dalil-dalil tauhid
uluhiyyah (pengesaan Allah di dalam ibadah):
Firman Allah ta’alaa:
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ.الفاتحة:5
Artinya: “Hanya
Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.” (Qs.
1:5)
Dan firman Allah ta’alaa:
قُلِ اللَّهَ أَعْبُدُ مُخْلِصاً لَهُ دِينِي.الزمر:14
Artinya: Katakanlah:
“Hanya Allah saja yang aku sembah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam
(menjalankan) agamaku.” (Qs. 39:14)
Dan firman Allah ta’alaa:
قُلْ أَفَغَيْرَ اللَّهِ تَأْمُرُونِّي أَعْبُدُ أَيُّهَا
الْجَاهِلُونَ.الزمر:64
Artinya: Katakanlah:
“Maka apakah kamu menyuruh aku menyembah selain Allah, hai orang-orang yang
tidak berpengetahuan?” (Qs. 39:64)
Diantara dalil-dalil tauhid
asma’ wa sifat (pengesaan Allah di dalam nama-namanya yang husna (yang
terbaik) dan sifat-sifat-Nya yang tinggi):
Firman Allah ta’ala:
قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَنَ أَيّاً مَا تَدْعُوا
فَلَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى.الاسراء: من الآية110
Artinya: “Katakanlah:
“Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru,
Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik).”
Dan firman Allah ta’ala:
لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ.الشورى: من الآية11
Artinya: “Tidak ada
sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha
Melihat.” (QS. 42:11)
Dan firman Allah ta’alaa:
وَلِلَّهِ الْمَثَلُ الْأَعْلَى وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ.النحل: من
الآية60
Artinya: “Dan Allah
mempunyai permisalan yang paling tinggi; dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi
Maha Bijaksana.” (Qs. 16:60)
Terkumpul 3 jenis
tauhid ini di dalam sebuah firman Allah:
رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا فَاعْبُدْهُ
وَاصْطَبِرْ لِعِبَادَتِهِ هَلْ تَعْلَمُ لَهُ سَمِيّاً .مريم:65
Artinya: “Rabb (yang
menguasai) langit dan bumi dan apa-apa yang ada di antara keduanya, maka
sembahlah Dia dan berteguh hatilah dalam beribadat kepada-Nya. Apakah kamu
mengetahui ada seorang yang sama dengan Dia (yang patut disembah).” (Qs.
19:65)
Tauhid rububiyyah
tercantum dalam firman-Nya:
رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا
(Rabb (yang menguasai)
langit dan bumi dan apa-apa yang ada di antara keduanya).”
Tauhid uluhiyyah tercantum
dalam firman-Nya:
فَاعْبُدْهُ وَاصْطَبِرْ لِعِبَادَتِهِ
“Maka sembahlah Dia dan
berteguh hatilah dalam beribadat kepada-Nya). “
Tauhid Asma’ wa Sifat
tercantum dalam firman-Nya:
هَلْ تَعْلَمُ لَهُ سَمِيّاً
“(Apakah kamu
mengetahui ada seorang yang sama dengan Dia (yang patut disembah))?”
Kami sebutkan disini
diantara ulama-ulama yang menyebutkan pembagian ini baik secara jelas maupun
dengan isyarat.
1. Imam Abu Ja’far
Ath-Thahawy (wafat th. 321), di dalam muqaddimah kitab beliau Al-Aqidah
Ath-Thahawiyyah. Beliau berkata:
نقول في توحيد الله معتقدين بتوفيق الله إن الله واحد لا شريك له ، و لا
شيء مثله ، و لا شيء يعجزه ، و لا إله غيره
Artinya: “Kami mengatakan
di dalam pengesaan kepada Allah dengan meyakini: bahwa Allah satu tidak ada
sekutu bagi-Nya, tidak ada yang serupa dengan-Nya, tidak ada yang melemahkan-Nya,
dan tidak ada tuhan yang berhak disembah selain-Nya.
Perkataan beliau: “Tidak
ada yang serupa dengan-Nya.”: Ini termasuk tauhid Asma’ dan Sifat.
Perkataan beliau: “Tidak
ada yang melemahkan-Nya.”: Ini termasuk tauhid Rububiyyah.
Perkataan beliau: “Dan
tidak ada tuhan yang berhak disembah selain-Nya.”: Ini termasuk tauhid
Uluhiyyah.
2. Ibnu Abi Zaid
Al-Qairawany Al-Maliky (wafat th. 386 H), di dalam muqaddimah kitab beliau Ar-Risalah
Al-Fiqhiyyah hal. 75 (cet. Darul Gharb Al-Islamy). Beliau mengatakan:
من ذلك : الإيمان بالقلب و النطق باللسان بأن الله إله واحد لا إله غيره
، و لا شبيه له و لا نظير، … ، خالقا لكل شيء ، ألا هو رب العباد و رب أعمالهم
والمقدر لحركاتهم و آجالهم
Artinya: “Termasuk
diantaranya adalah beriman dengan hati dan mengucapkan dengan lisan bahwasanya
Allah adalah sesembahan yang satu, tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali
Dia, tidak ada yang serupa dengan-Nya dan tidak ada tandingan-Nya.”
Pencipta segala sesuatu,
ketahuilah bahwa Dia adalah pencipta hamba-hamba-Nya dan pencipta amalan-amalan
mereka, dan yang menakdirkan gerakan-gerakan mereka dan ajal-ajal mereka.”
Perkataan beliau:
“Sesembahan yang satu, tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Dia.”: Ini
termasuk tauhid Uluhiyyah.
Perkataan beliau: “Tidak
ada yang serupa dengan-Nya dan tidak ada tandingan-Nya”: Ini termasuk tauhid
Asma’ wa Sifat.
Perkataan beliau:
“Pencipta segala sesuatu, ketahuilah bahwa Dia adalah pencipta hamba-hamba-Nya
dan pencipta amalan-amalan mereka, dan yang menakdirkan gerakan-gerakan mereka
dan ajal-ajal mereka.” : Ini termasuk tauhid Rubiyyah.
3. Ibnu Baththah
Al-’Akbary (wafat th. 387 H), di dalam kitab beliau Al-Ibanah ‘an
Syariatil Firqatin Najiyyah wa Mujanabatil Firaq Al-Madzmumah (5 / 475)
وذلك أن أصل الإيمان بالله الذي يجب على الخلق اعتقاده في إثبات الإيمان
به ثلاثة أشياء : أحدها : أن يعتقد العبد ربانيته ليكون بذلك مباينا لمذهب أهل
التعطيل الذين لا يثبتون صانعا . الثاني : أن يعتقد وحدانيته ، ليكون مباينا بذلك
مذاهب أهل الشرك الذين أقروا بالصانع وأشركوا معه في العبادة غيره . والثالث : أن
يعتقده موصوفا بالصفات التي لا يجوز إلا أن يكون موصوفا بها من العلم والقدرة
والحكمة وسائر ما وصف به نفسه في كتابه
Artinya: Dan yang demikian
itu karena pokok keimanan kepada Allah yang wajib atas para makhluk untuk
meyakininya di dalam menetapkan keimanan kepada-Nya ada 3 perkara:
Pertama: Hendaklah seorang hamba meyakini rabbaniyyah
Allah (kekuasaan Allah) supaya dia membedakan diri dari jalan orang-orang
atheisme yang mereka tidak menetapkan adanya pencipta.
Kedua: Hendaklah meyakini wahdaniyyah Allah (keesaan
Allah dalam peribadatan) supaya dia membedakan diri dari jalan orang-orang
musyrik yang mereka mengakui adanya pencipta alam kemudian mereka
menyekutukan-Nya dengan selain-Nya.
Ketiga: Hendaklah meyakini bahwasanya Dia bersifat dengan
sifat-sifat yang memang harus Dia miliki, seperti ilmu, qudrah (kekuasaan),
hikmah (kebijaksanaan), dan sifat-sifat yang lain yang Dia tetapkan di dalam
kitab-Nya.
4. Abu Bakr Muhammad
bin Al-Walid Ath-Thurthusyi (wafat th. 520 H), di dalam muqaddimah kitab
beliau Sirajul Muluk (1/1), beliau berkata:
وأشهد له بالربوبية والوحدانية. وبما شهد به لنفسه من الأسماء الحسنى.
والصفات العلى. والنعت الأوفى
Artinya: Dan aku bersaksi
atas rububiyyah-Nya dan uluhiyyah-Nya, dan atas apa-apa yang Dia bersaksi
atasnya untuk dirinya berupa nama-nama yang paling baik dan sifat-sifat yang
tinggi dan sempurna.
5. Al-Qurthuby (wafat
th. 671 H), di dalam tafsir beliau (1/ 102) , beliau berkata ketika menafsirkan
lafdzul jalalah (الله) di dalam Al-Fatihah:
فالله اسم للموجود الحق الجامع لصفات الإلهية، المنعوت بنعوت الربوبية،
المنفرد بالوجود الحقيقي، لا إله إلا هو سبحانه.
Artinya: Maka ( الله )
adalah nama untuk sesuatu yang benar-benar ada, yang mengumpulkan sifat-sifat
ilahiyyah (sifat-sifat sesuatu yang berhak disembah), yang bersifat dengan
sifat-sifat rububiyyah (sifat-sifat sesuatu yang berkuasa), yang sendiri dengan
keberadaan yang sebenarnya, tidak ada sesembahan yang berhak disembah
selain-Nya.
6. Syeikh Muhammad
Al-Amin Asy-Syinqithy (wafat th. 1393 H) di dalam Adhwaul Bayan
(3/111-112), ketika menafsirkan ayat:
إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ
الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْراً
كَبِيراً) (الاسراء:9)
7. Syeikh Abdul Aziz
bin Abdillah bin Baz, diantaranya dalam kitab beliau Kaifa Nuhaqqiqu
At-Tauhid (hal. 18-28).
8. Syeikh Muhammad bin
Shaleh Al-Utsaimin, diantaranya dalam Fatawa Arkanil Islam (hal.
9-17)
9. Syeikh Abdul Muhsin
bin Hamd Al-’Abbad Al-Badr (pengajar di Masjid Nabawy), diantaranya dalam muqaddimah ta’liq beliau
terhadap kitab Tathhir ul I’tiqad ‘an Adranil Ilhad karangan
Ash-Shan’any dan kitab Syarhush Shudur fi Tahrim Raf’il Qubur karangan
Asy-Syaukany (hal. 12-20)
10 Syeikh Abdul Aziz
Ar-Rasyid, di dalam kitab beliau At-Tanbihat As-Saniyyah ‘ala Al-Aqidah
Al-Wasithiyyah (hal. 14)
11. Syeikh Abdurrazaq
bin Abdul Muhsin Al-Badr, di dalam kitab beliau Al-Mukhtashar Al-Mufid
fi Bayani Dalaili Aqsamit Tauhid. Kitab ini adalah bantahan atas orang yang
mengingkari pembagian tauhid.
12. Dan lain-lain.
Wallahu ta’ala a’lam.
Ustadz Abdullah Roy, Lc.
http://faisalchoir.blogspot.com/2011/08/darimanakah-asal-usul-pembagian-3.html