Dari Abu Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu beliau berkata: bahwasanya
Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Alloh ‘Azza
wa Jalla berfirman, “Semua amal anak Adam adalah baginya kecuali puasa,
karena sesungguhnya puasa itu bagi-Ku dan Aku sendiri yang akan
membalasnya. Puasa adalah perisai, apabila kamu sedang puasa jangan
berkata jorok, jangan berteriak-teriak dan jangan berbuat bodoh. Apabila
ada seseorang yang mencacinya atau memeranginya maka katakanlah
‘Sesungguhnya aku sedang puasa’ sebanyak dua kali. Demi Dzat yang
jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang sedang
puasa itu lebih harum di sisi Alloh pada hari kiamat daripada bau
minyak kasturi. Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan yang dia
bergembira dengannya: ketika berbuka dia bergembira dengan bukanya dan
ketika berjumpa Robbnya dia bergembira dengan puasanya.” (Muttafaq ‘alaih)
Pengantar
Saudaraku, semoga Alloh merahmatimu, syariat Islam yang mulia ini telah
memberikan kelapangan dan kemudahan bagi ummat manusia. Tidaklah Alloh
membebankan suatu kewajiban kepada seseorang melainkan dengan
memperhatikan kemampuannya. Alloh Ta’ala berfirman, “Tidaklah Alloh membebankan kepada seseorang kecuali menurut kemampuannya.” (QS. Al Baqoroh: 286)
Demikian pula ibadah puasa yang
disyari’atkan kepada kita. Apabila seseorang justru dikhawatirkan
tertimpa bahaya dengan melakukan puasa maka dia diperbolehkan bahkan
lebih utama untuk tidak berpuasa ketika itu, seperti orang yang sedang
sakit dan bepergian jauh. Alloh Ta’ala berfirman, “Barangsiapa sakit
atau dalam perjalanan (lalu dia berbuka) maka (wajib baginya berpuasa)
sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari-hari yang lain. Alloh
menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.” (QS. Al Baqoroh: 185)
Syaikh Abdurrohman bin Naashir As Sa’di rohimahulloh mengatakan dalam kitab tafsirnya, “Alloh
Ta’ala menghendaki memberikan kemudahan kepada kalian untuk menempuh
jalan-jalan yang menyampaikan kepada keridhoan-Nya dengan semudah
mungkin, dan mempermudah jalan-jalan itu dengan sepenuh kemudahan.
Karena itulah semua perkara yang diperintahkan Alloh kepada hamba-Nya pada asalnya merupakan sesuatu yang sangat mudah.” (Taisir karimirrohman, hal. 86).
Pentingnya Mempelajari Tata Cara Puasa
Puasa merupakan salah satu rukun Islam. Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Islam dibangun di atas lima perkara, persaksian bahwa tidak ada
sesembahan yang haq kecuali Alloh dan sesungguhnya Muhammad adalah
utusan Alloh, menegakkan sholat, menunaikan zakat, berhaji dan puasa
Romadhon.” (Muttafaq ‘alaihi)
Umat Islam telah bersepakat tentang wajibnya puasa Romadhon dan
merupakan salah satu rukun Islam yang dapat diketahui dengan pasti
merupakan bagian dari agama. Barangsiapa yang mengingkari tentang wajibnya puasa Romadhon maka dia kafir, keluar dari Islam (lihat Al Wajiz).
Oleh karenanya setiap muslim hendaknya mempelajari ilmu yang terkait dengan pelaksanaan ibadah yang agung ini. Karena ilmu itu lebih didahulukan daripada ucapan dan perbuatan,
sebagaimana yang dikatakan oleh Al Imam Al Bukhori di dalam kitab
Shohihnya. Beliau berdalil dengan firman Alloh Ta’ala yang artinya, “Maka ketahuilah bahwa sesungguhnya tiada yang berhak disembah dengan benar kecuali Alloh dan mintalah ampunan terhadap dosamu.” (QS. Muhammad: 19)
Syaikh Al ‘Utsaimin rohimahulloh menjelaskan, “Al Bukhori
rohimahulloh berdalil dengan ayat ini untuk menunjukkan kewajiban
memulai dengan ilmu sebelum berucap dan berbuat, ini merupakan dalil
atsari (berdasarkan penukilan -pent) yang menunjukkan seorang insan mengetahui terlebih dahulu baru kemudian mengamalkan,
di sana juga terdapat dalil ‘aqli nadhari (berdasarkan pemikiran dan
perenungan -pent) yang menunjukkan ilmu itu didahulukan sebelum ucapan
dan amalan. Yaitu dikarenakan ucapan dan amalan tidak akan menjadi
benar dan diterima hingga bersesuaian dengan aturan syari’at, dan
seorang insan tidak mungkin mengetahui apakah amalannya itu sesuai
dengan syari’at kecuali dengan ilmu…” (Syarah Tsalatsatul Ushul, hal. 27-28).
Puasa Adalah Ibadah
Ibadah memiliki pengertian yang amat luas dan jelas yaitu, “Segala sesuatu yang dicintai dan diridhoi Alloh, baik berupa perkataan maupun perbuatan, yang nampak maupun yang tersembunyi.” (lihat perkataan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah yang dinukil di Fathul Majid).
Dan puasa termasuk di antaranya, puasa adalah amalan yang dicintai
Alloh, buktinya Alloh mewajibkan puasa kepada hamba-hamba-Nya. Alloh
berfirman yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan
atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum
kalian agar kalian bertakwa.” (QS. Al Baqoroh: 183). Dan tidak
mungkin Alloh mewajibkan sesuatu kecuali sesuatu itu pasti dicintai dan
diridhoi-Nya, meskipun sebagian manusia ada yang merasa tidak suka
dengannya.
Cobalah perhatikan ketika Alloh mewajibkan kaum muslimin untuk berperang. Alloh berfirman yang artinya, “Telah diwajibkan kepada kalian berperang padahal itu kalian benci, bisa jadi kalian membenci sesuatu padahal sebenarnya itu baik bagi kalian, dan bisa jadi kalian menyukai sesuatu padahal sebenarnya itu buruk bagi kalian. Alloh lah yang lebih tahu dan kalian tidak mengetahui.” (QS. Al Baqoroh: 216). Dan dalam menentukan apakah sesuatu amalan itu termasuk ibadah atau bukan bukanlah akal yang menentukan, akan tetapi firman Alloh dan sabda Rosul-Nya. Sebagaimana kaidah yang sudah amat masyhur di kalangan ulama’ bahwa hukum asal ibadah (ritual) itu terlarang/haram sampai tegak dalil yang mensyari’atkannya.
Ibadah Hanya untuk Alloh
Apabila kita telah mengetahui bahwa puasa adalah ibadah maka ketahuilah
saudaraku bahwasanya ibadah itu hanya boleh ditujukan kepada Alloh,
karena barangsiapa yang memalingkan ibadah kepada selain Alloh dia telah terjerumus dalam kesyirikan dan kekafiran.
Sebagaimana sholat akan menjadi batal dan rusak apabila pelakunya
terkena hadats, maka demikian pula ibadah akan menjadi batal dan rusak
apabila tercampuri kesyirikan. Sebagaimana sholat tidak sah tanpa
thoharoh maka demikian pula ibadah tidak akan sah tanpa tauhid. (lihat Al Qowa’idul Arba’ karya Asy Syaikh Al Imam Muhammad bin Abdul Wahhab rohimahulloh).
Alloh Ta’ala berfirman yang artinya, “Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah milik Alloh maka janganlah kamu menyeru disamping Alloh sesuatupun.” (QS. Al Jin: 18).
Syaikh Al ‘Utsaimin rohimahulloh menerangkan, “Alloh Ta’ala melarang seorang insan menyeru/beribadah disamping Alloh sesuatupun, dan Alloh tidaklah melarang dari sesuatu kecuali karena Dia Yang Maha suci lagi Maha tinggi tidak meridhoinya. Alloh ‘Azza wa Jalla berfirman (yang artinya), “Jika kamu kufur sesungguhnya Alloh tidak membutuhkan kamu, dan Alloh tidak ridho kekafiran bagi hamba-Nya dan jika kamu bersyukur niscaya Dia ridho kepadamu.” (QS. Az Zumar: 7) … dan apabila ternyata Alloh tidak meridhoi kekufuran dan kesyirikan maka sudah menjadi kewajiban bagi setiap mukmin untuk tidak ridho dengan keduanya, karena seorang mukmin itu keridhoan dan kemarahannya mengikuti keridhoan dan kemurkaan Alloh, sehingga dia akan marah terhadap sesuatu yang dimurkai Alloh dan akan ridho terhadap sesuatu yang diridhoi Alloh ‘Azza wa Jalla, maka demikian pula apabila Alloh tidak meridhoi kekufuran dan kesyirikan maka tidak semestinya seorang mukmin justru ridho terhadap keduanya.” (Syarah Tsalatsatul Ushul hal. 33-34).
Maka cobalah kita renungkan keadaan kaum muslimin sekarang ini yang sebagian di antara mereka (semoga kita tidak termasuk di dalamnya) bergelimang kesyirikan sementara mereka tidak menyadarinya bahkan membela dan melestarikannya dengan mengatasnamakan tradisi. Bagaimana bisa mereka melalaikan masalah besar ini ?! Apalah artinya mereka berpuasa menahan lapar dan dahaga jika kesyirikan masih melekat dalam hati, ucapan dan amalan mereka. Tidakkah mereka ingat firman Alloh Ta’ala yang artinya, “Sungguh telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan kepada orang-orang sebelummu, ‘Sungguh jika kamu berbuat syirik niscaya lenyaplah seluruh amalmu dan benar-benar kamu akan termasuk golongan orang-orang yang merugi.” (QS. Az Zumar: 65).
Maka marilah kita pelajari tauhid lebih serius lagi, jangan-jangan kita terjerumus dalam syirik dalam keadaan tidak menyadari. Bagaimana mungkin seseorang bisa berkata ‘Saya bersih dari syirik’ sementara pengertian dan macam-macamnya pun dia tidak mengenalnya. Tetapi siapakah gerangan yang mau memperhatikannya ??
Syarat Diterimanya Ibadah
Suatu amalan akan diterima di sisi Alloh apabila memenuhi dua syarat:
ikhlash dan showab/benar. Alloh Ta’ala berfirman yang artinya, “Maka
barangsiapa yang mengharapkan perjumpaan dengan Robbnya maka hendaklah
Dia mengerjakan amal sholih dan tidak mempersekutukan sesuatu apapun
dalam beribadah kepada Robbnya.” (QS. Al Kahfi: 110).
Al Imam Ibnu Katsir rohimahulloh mengatakan di dalam kitab Tafsir-nya, “Dan dua hal inilah rukun amalan yang diterima; harus didasari keikhlashan kepada Alloh serta showab/benar yaitu sesuai dengan syari’at Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim juz V hal. 154).
Barangsiapa yang niatnya tidak ikhlash karena Alloh maka ibadahnya tidak diterima, Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Alloh berfirman yang artinya, ‘Aku adalah Dzat yang tidak membutuhkan sekutu, barangsiapa mengerjakan suatu amal yang dicampuri kesyirikan kepada-Ku maka Aku tinggalkan dia beserta kesyirikannya itu.’” (HR. Muslim)
Barangsiapa yang beramal tidak sesuai tuntunan Nabi maka ibadahnya tidak diterima, Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan suatu amalan yang tidak ada tuntunannya dari kami maka tertolak.” (HR. Muslim). Jadi kedua syarat ini harus terpenuhi, apabila salah satu saja tidak terpenuhi maka ibadah itu tidak akan diterima oleh Alloh.
Tujuan Puasa
Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rohimahulloh mengatakan, “Tujuan
dari puasa bukanlah sekedar mengekang tubuh dalam rangka menahan haus
dan lapar serta kesulitan, akan tetapi tujuannya adalah menundukkan jiwa dengan meninggalkan sesuatu yang dicintai demi meraih keridhoan Dzat yang dicintai.
Adapun perkara dicintai yang ditinggalkan adalah makan, minum dan
jima’, inilah nafsu syahwat. Adapun sesuatu yang dicintai yang dicari
keridhoan-Nya adalah Alloh ‘Azza wa Jalla. Maka kita harus senantiasa
menghadirkan niat ini bahwasanya kita meninggalkan pembatal-pembatal
puasa ini demi mencari keridhoan Alloh ‘Azza wa Jalla.” (Tsamaniyatu Wa Arba’uuna Su’aalan Fish Shiyaam hal. 10).
Puasa Menghimpun 3 Macam Sabar
Puasa adalah ibadah yang paling utama karena ketiga macam sabar terhimpun di dalamnya, yaitu:
- Sabar dalam melaksanakan ketaatan kepada Alloh.
- Sabar dalam menahan diri dari terjerumus dalam maksiat kepada-Nya.
- Sabar dalam menghadapi takdir Alloh yang terasa menyakitkan.
Juga karena Alloh menyandarkan ganjaran puasa kepada Diri-Nya sendiri,
Alloh menjanjikan balasan puasa dari sisi-Nya. Puasa merupakan rahasia
antara Robb dan hamba-Nya sehingga ia menjadi amanat paling agung yang
harus dijaga (lihat Taisirul ‘Allaam juz I hal. 351).
Hikmah dan Keutamaan Puasa
Hikmah Ibadah Puasa
Sebenarnya cukuplah bagi seorang hamba mengetahui bahwa Alloh
memerintahkan untuk berpuasa itu menjadikan keutamaan yang besar yang
akan diraihnya dengan menjalankan perintah itu. Karena dia menyadari
bahwa Alloh yang maha penyayang pasti tidak menginginkan untuk
mencelakakan hamba. Sehingga apa yang diperintahkan-Nya pasti mengandung
kebaikan meskipun dia belum mengetahuinya. Meskipun demikian, tidak
ada salahnya kita mengetahui hikmah-hikmah di balik ibadah selama kita
tidak menjadikannya sebagai syarat untuk beramal. Semoga dengan
mengetahui hikmahnya keyakinan dan keimanan kita bertambah.
Syaikh Abdulloh Ali Bassaam hafizhahulloh menyebutkan beberapa hikmah yang tersimpan di balik pensyari’atan puasa, diantaranya yaitu:
- Puasa termasuk ibadah dan ketundukan kepada Alloh, sehingga puasa itu menjadikan orang yang berpuasa hanya mengahadapkan dirinya kepada Alloh, tunduk dan khusyuk di hadapan-Nya tatkala dia harus menolak kekuasaan syahwat.
- Bersatunya ummat dalam menjalankan satu ibadah dalam satu waktu dan menempa kesabaran mereka semua baik orang-orang yang kuat maupun lemah, terpandang maupun tidak, kaya maupun miskin guna bersama-sama menanggung kewajiban ini yang akan membuahkan keterikatan hati dan ruh mereka serta bersatunya kalimat mereka. Puasa juga menjadi sebab terjalinnya kasih sayang antara ummat ini satu sama lain. Sehingga orang yang kaya turut merasakan lapar dan dahaga yang dialami saudaranya yang tidak berada.
- Puasa melatih kesabaran, mengokohkan tekad dan kemauan, menempa jiwa dalam menghadapi kesulitan yang ditemui, menundukkannya dan membuatnya menjadi terasa ringan (lihat Taisirul ‘Allaam juz I hal. 351-352).
Hikmah Diwajibkannya Puasa
Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rohimahulloh mengatakan, “Hikmah
diwajibkannya puasa terhadap ummat ini telah diterangkan oleh Alloh
subhanahu wa ta’ala dalam firman-Nya, “Wahai orang-orang yang beriman,
telah diwajibkan puasa atas kalian sebagaimana telah diwajibkan pula
kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa.” (QS. Al
Baqoroh: 183). Kata la’alla (agar) di sini berfungsi untuk menunjukkan
alasan, artinya supaya kalian bertaqwa kepada Alloh, sehingga engkau pun
meninggalkan apa yang diharamkan oleh Alloh dan engkau menegakkan apa
yang diwajibkan oleh Alloh. Dalam kitab shohih Nabi pernah bersabda, “Barangsiapa
yang tidak meninggalkan perkataan dusta, berbuat dengannya dan juga
tindakan bodoh maka Alloh tidak membutuhkan perbuatannya meninggalkan
makan dan minumnya.” (Hadits riwayat Al Bukhori). Maksudnya Alloh
tidaklah menghendaki kita sekedar meninggalkan makanan dan minuman,
sesungguhnya Alloh menghendaki dari kita agar meninggalkan perkataan
dusta, berbuat dengannya atau bertindak bodoh. Oleh karena itulah bagi
orang yang berpuasa apabila ada orang yang mencacinya ketika dia dalam
keadaan puasa maka disunnahkan baginya untuk mengatakan: Sesungguhnya
aku sedang puasa, dan tidak membalas kejelekan itu; karena seandainya
dibalasnya niscaya orang yang mencacinya akan balik melawan, kemudian
diapun kembali melawan lagi untuk yang kedua kalinya sehingga yang
dicacipun membantah yang mencaci demikian seterusnya sehingga
menimbulkan seluruh waktu puasanya berubah menjadi dipenuhi dengan
cacian dan perseteruan. Akan tetapi jika dia justeru berkata,
‘Sesungguhnya aku sedang puasa’ itu artinya dia memberitahu kepada orang
yang mencela atau memusuhinya bahwa sesungguhnya bukan berarti dia
tidak mampu membalasnya, tetapi yang menahannya dari membalas adalah
karena dia sedang puasa dan ketika itu orang yang mencaci akan menahan
diri dan malu serta tidak jadi meneruskan cacian dan perseteruan.” (Tsamaniyatu Wa Arba’uuna Su’aalan Fish Shiyaam hal. 11).
Keutamaan Puasa
1. Diampuni dosanya yang telah lalu
Dari Abu Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu beliau berkata: Rosululloh
shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Barangsiapa yang
berpuasa Romadhon karena iman dan ihtisab niscaya dosanya yang telah
berlalu akan diampuni.” (Muttafaq ‘alaih).
Al Hafizh Ibnu Hajar menerangkan bahwa yang dimaksud karena iman (di
dalam hadits ini -pent) adalah meyakini kebenaran kewajiban puasanya,
sedangkan yang dimaksud dengan ihtisab adalah demi mencari pahala dari
Alloh Ta’ala (lihat Fathul Baari cet. Daarul Hadits Juz IV hal. 136).
Dengan syarat dosa-dosa besar dijauhi, sebagaimana yang disabdakan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Shalat
lima waktu yang satu dengan lainnya, ibadah Jum’ah menuju Jum’ah yang
lain, Ramadhan menuju Ramadhan sesudahnya, menjadi penghapus dosa-dosa
selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim)
2. Balasan istimewa bagi puasa
Dari Abu Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu beliau berkata: Rosululloh
shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Alloh ‘Azza wa Jalla
berfirman, “Semua amal anak Adam adalah baginya kecuali puasa, karena
sesungguhnya puasa itu bagi-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya.” (Muttafaq ‘alaih).
Al Imam An Nawawi menerangkan firman Alloh Ta’ala, “dan Aku sendiri yang akan membalasnya.”: Ini menjelaskan betapa besar keutamaannya dan amat banyak pahalanya (lihat Syarah Shohih Muslim jilid IV cet. Daar Ibnu Haitsam hal. 482).
3. Puasa adalah perisai
Dari Abu Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu beliau berkata: Rosululloh
shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Puasa adalah perisai,
apabila kamu sedang puasa janganlah berkata jorok, janganlah
berteriak-teriak dan janganlah berbuat bodoh. Apabila ada seseorang yang
mencacinya atau memeranginya maka katakanlah ‘Sesungguhnya aku sedang
puasa’ sebanyak dua kali.” (Muttafaq ‘alaih).
Syaikh Al ‘Utsaimin menerangkan makna puasa adalah perisai yaitu: sebagai tameng dan penghalang yang menjaga orang yang berpuasa dari melakukan perbuatan yang sia-sia dan berkata jorok… dan puasa juga melindunginya dari siksa neraka, sebagaimana yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Jabir rodhiyallohu ‘anhu dengan sanad hasan bahwa Nabi bersabda, “Puasa adalah perisai yang digunakan hamba untuk melindungi dirinya dari neraka.” (lihat Majaalis Syahri Romadhon cet Daarul ‘Aqidah hal. 12).
4. Bau mulut orang yang berpuasa lebih harum daripada kasturi
Dari Abu Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu beliau berkata: Rosululloh
shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Demi Dzat yang jiwa
Muhammad berada di tangan-Nya sungguh bau mulut orang yang sedang puasa
itu lebih harum di sisi Alloh pada hari kiamat daripada bau minyak
kasturi.” (Muttafaq ‘alaih).
Syaikh Al ‘Utsaimin menerangkan, “Harumnya bau mulut orang yang berpuasa di sisi Alloh melebihi harumnya minyak kasturi karena ia timbul dari pengaruh puasa, sehingga baunya harum di sisi Alloh Subahanahu dan dicintai-Nya, ini adalah dalil yang menunjukkan agungnya kedudukan puasa di sisi Alloh sampai-sampai sesuatu yang tidak disenangi dan dirasa kotor di sisi manusia menjadi sesuatu yang dicintai di sisi Alloh serta berbau harum karena ia muncul dari ketaatannya dengan menjalankan puasa.” (lihat Majaalis Syahri Romadhon cet Daarul ‘Aqidah hal. 12).
5. Pintu khusus di surga bagi orang yang berpuasa
Dari Sahl bin Sa’ad rodhiyallohu ‘anhu beliau berkata: Nabi
shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya di dalam surga
terdapat sebuah pintu yang disebut Ar Royyaan, pada hari kiamat
orang-orang yang berpuasa masuk melalui pintu itu, tidak seorangpun yang
masuk selain mereka. Apabila mereka telah masuk maka pintu itu ditutup
dan tidak ada lagi orang yang masuk melewatinya.” (Muttafaq ‘alaih)
6. Orang yang berpuasa memiliki dua kegembiraan
Dari Abu Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu beliau berkata: Rosululloh
shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Orang yang berpuasa
memiliki dua kebahagiaan yang dia bergembira dengannya: ketika berbuka
dia bergembira dengan bukanya dan ketika berjumpa Robbnya dia bergembira
dengan puasanya.” (Muttafaq ‘alaih)
Bimbingan Puasa dari Rosululloh
Jangan Mendahului Puasa Romadhon Dengan Puasa
Dari Abu Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu, beliau berkata: Rosululloh
shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian mendahului
Romadhon dengan berpuasa sehari atau 2 hari, kecuali orang yang terbiasa
berpuasa maka boleh berpuasa.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1914, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1082, Abu Dawud dalam kitab Shoum no. 2335, At Tirmidzi dalam kitab Shoum no. 685, Ibnu Maajah dalam kitab Shiyaam no. 1650, Ad Daarimi dalam kitab Shoum, dan Ahmad dalam Musnad-nya II/234, 347, 408, 477, 513, 521)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Nabi melarang kita mendahului Romadhon dengan mengerjakan puasa sehari atau dua hari sebelumnya.
- Nabi memberikan keringanan bagi orang yang sudah terbiasa mengerjakan puasa sunnah seperti Puasa Senin-Kamis untuk mengerjakan puasa pada hari-hari itu.
- Salah satu hikmah pelarangan ini -Wallohu a’lam- adalah untuk membedakan antara ibadah wajib dengan sunnah, dan supaya dapat mempersiapkan diri menyambut Romadhon dengan penuh semangat dan pengharapan. (lihat Taisirul ‘Allaam juz I hal/ 353).
Berpuasa Karena Melihat Hilal
Dari Abdulloh bin ‘Umar rodhiyallohu ‘anhuma, beliau berkata: Aku
pernah mendengar Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Jika kalian telah melihatnya (hilal Romadhon) maka berpuasalah (esok
harinya) dan jika kalian telah melihatnya (hilal Syawwal) maka
berharirayalah (esok harinya) tapi jika tertutup dari pandangan kalian
maka kira-kirakanlah.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1906, Muslim dalam Shiyaam VIII, 1080, Malik dalam Al Muwaththo’ I/286 dalam kitab Shiyaam, An Nasaa’i dalam kitab Shiyaam IV/134, Ad Daarimi dalam kitab Shoum II/3, Ibnu Maajah dalam kitab Shiyaam no. 1654)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Pelaksanaan puasa Romadhon tergantung pada tampaknya hilal bagi seluruh ummat atau sebagiannya.
- Perayaan Idul Fithri juga tergantung pada tampaknya hilal.
- Apabila hilal Romadhon tidak tampak maka bulan Sya’ban digenapkan menjadi 30 hari. Begitupula apabila hilal Syawwal tidak tampak maka bulan Romadhon digenapkan menjadi 30 hari.
- Apabila pada malam 30 Sya’ban langit tertutup mendung atau asap maka bilangan bulan Sya’ban digenapkan menjadi 30 hari.
- Tidak boleh berpuasa pada tanggal 30 Sya’ban karena adanya mendung atau semacamnya yang menutupi langit pada malam hari sebelumnya (lihat Taisirul ‘Allaam juz I hal. 356-357).
Jumlah Saksi yang Melihat Hilal untuk Menetapkan Masuknya Bulan Romadhon
Masuknya bulan Romadhon ditetapkan minimal dengan persaksian satu orang
yang adil/muslim terpercaya, atau dengan menggenapkan bulan Sya’ban 30
hari jika hilal tidak bisa dilihat karena langit tertutup mendung dan
semacamnya. Ibnu ‘Umar rodhiyallohu ‘anhuma mengatakan, “Dahulu
orang-orang berusaha melihat hilal, kemudian aku kabarkan kepada
Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam kalau aku benar-benar telah
melihatnya, maka beliaupun berpuasa dan memerintahkan orang-orang
berpuasa sebagaimana beliau.” (HR. Abu Dawud, dishohihkan Al Albani dalam Al Irwa’ 908)
Sedangkan untuk masuknya bulan Syawwal (Idul Fithri) maka minimal dua orang saksi berdasarkan keumuman hadits, “Apabila ada dua orang saksi muslim yang melihat hilal maka berpuasa dan berharirayalah.” (Hadits riwayat Ahmad, An Nasaa’i) (lihat Al Wajiz hal. 190-191).
Bagaimana Dengan Hisab ?
Adapun menentukan awal masuknya bulan puasa dengan hisab saja, Syaikh Utsaimin rohimahulloh mengatakan, “Adapun sekedar menggunakan hisab maka hal itu tidak boleh dilakukan dan juga tidak boleh dijadikan pegangan.” (Tsamaniyatu Wa Arba’uuna Su’aalan Fish Shiyaam, hal. 27-28).
Jadi pelaksanaan puasa di bulan Romadhon itu tergantung pada nampaknya
hilal bagi kaum muslimin atau sebagian dari mereka, Imam Ibnu Daqiqil
‘Ied menentang orang yang mengaitkan hukum tersebut dengan hisab ahli
perbintangan/astronomi. Ash-Shon’ani menjelaskan bahwa seandainya
penentuannya bergantung pada hisab mereka niscaya hal itu tidak dipahami
kecuali oleh sedikit orang, sedangkan aturan syari’at itu dibangun di
atas prinsip yang bisa dipahami oleh banyak orang (Taisirul ‘Allaam juz I, hlm. 356).
Mengapa Menggunakan Hisab ?
Sebagian orang menafsirkan sabda Nabi “…maka kira-kirakanlah” di
atas artinya boleh menggunakan ilmu hisab perbintangan. Akan tetapi
penafsiran seperti ini bertentangan dengan hadits. Sebab dalam riwayat
lain dijelaskan bahwa jika hilal tidak nampak maka hendaknya Sya’ban
disempurnakan menjadi 30 hari. Inilah yang dimaksud dengan
mengira-irakan, sebab hadits itu saling memperjelas satu sama lain. Imam
Ash Shon’ani mengatakan: Jumhur/mayoritas ahli fiqih dan ahli hadits
berkeyakinan bahwa yang dimaksud dengan ‘kira-kirakanlah’ adalah dengan
menyempurnakan bilangan bulan Sya’ban menjadi 30 hari sebagaimana
ditafsirkan oleh hadits lain (Taisirul ‘Allaam juz I, hlm. 357).
Orang yang Wajib Berpuasa
Para ulama sepakat bahwasanya puasa Romadhon itu diwajibkan atas setiap
muslim yang berakal dan telah baligh yang berada dalam keadaan sehat
dan mukim, dan wajib bagi kaum wanita yang berada dalam keadaan suci
dari haidh dan nifas (Fiqhus Sunnah I/506).
Orang yang tidak berakal dan belum baligh tidak terbebani kewajiban ini karena Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Penulisan pena diangkat dari tiga golongan: dari orang gila hingga dia sembuh, dari orang yang tidur hingga dia terjaga, dan dari anak kecil hingga dia ihtilam/mimpi basah.” (Hadits riwayat At Tirmidzi, Shohih Jami’ush Shoghiir no. 3514)
Adapun tidak wajibnya orang yang sedang sakit atau bepergian berdasarkan firman Alloh Ta’ala, “Maka barangsiapa diantara kalian yang sakit atau sedang dalam perjalanan (lalu berbuka) hendaklah dia menggantinya di hari-hari yang lain.” (QS. Al Baqoroh: 184)
Jika seorang yang sakit atau bersafar mengerjakan puasa maka puasa mereka tetap sah, karena kebolehan untuk berbuka bagi mereka adalah keringanan/rukhshoh, seandainya mereka mengambil ‘aziimah (bukan rukhshoh) maka itu baik. Apabila orang yang sakit atau musafir tidak mendapatkan kesulitan dengan tetap mengerjakan puasa maka yang lebih utama baginya adalah berpuasa, sedangkan jika mereka justru tertimpa kesulitan karenanya maka berbuka itu lebih utama. Adapun bagi orang yang sudah tua renta atau orang yang sakitnya sulit sekali diharapkan kesembuhannya maka dia boleh tidak berpuasa dengan ketentuan harus memberi makan satu orang miskin di setiap hari yang ditinggalkannya. Begitu pula apabila ada ibu hamil atau menyusui yang mengkhawatirkan keadaan anaknya apabila dia berpuasa atau karena tidak sanggup maka mereka wajib membayar fidyah yaitu dengan memberi makan kepada satu orang miskin di setiap hari yang ditinggalkannya, dan mereka tidak perlu mengqodho’/mengganti puasa di hari yang lain (lihat Al Wajiz hal. 192-193).
Memasuki Waktu Shubuh Dalam Keadaan Junub
Dari ‘Aisyah dan Ummu Salamah rodhiyallohu ‘anhuma: “Rosululloh
shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah memasuki waktu fajar dalam keadaan
junub karena berhubungan dengan isterinya kemudian beliau mandi dan
berpuasa.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1926, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1109, Malik dalam Al Muwaththo’ I/291, At Tirmidzi dalam kitab Shoum no. 779, An Nasaa’i dalam kitab Shiyaam I/108)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Sahnya puasa orang yang memasuki waktu shubuh dalam keadaan junub karena berjima’ di malam harinya.
- Hukum memasuki waktu shubuh dalam keadaan junub karena mimpi basah diqiyaskan dengan jima’ dengan cara qiyas aulawi (kalau karena jima’ saja boleh maka karena mimpi basah tentu lebih boleh lagi -pent), karena jika orang yang dalam keadaan bisa memilih (antara melakukan jima’ atau tidak -pent) mendapat keringanan tentunya yang selainnya (yaitu yang tidak bisa memilih antara mimpi basah dengan tidak -pent) lebih pantas untuk diperbolehkan.
- Tidak ada perbedaan berlakunya ketentuan ini baik pada puasa wajib maupun sunnah, baik Romadhon maupun selainnya.
- Bolehnya berhubungan suami isteri pada malam-malam bulan Romadhon meskipun di saat-saat menjelang terbitnya fajar.
- Keutamaan isteri-isteri Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam dan kebaikan mereka terhadap ummat ini tatkala mereka menyampaikan begitu banyak ilmu yang bermanfaat, termasuk dalam masalah hukum yang berkaitan dengan kehidupan rumah tangga yang tidak bisa diketahui oleh setiap orang di kalangan sahabat di masa itu, semoga Alloh meridhoi mereka (lihat Taisirul ‘Allaam juz I hal. 360)
Makan Sahur dan Keutamaannya
Dari Anas bin Malik rodhiyallohu’anhu beliau berkata:
“Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Makan sahurlah
kalian, karena sesungguhnya pada makan sahur itu terdapat barokah.’” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1923, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1095, At Tirmidzi dalam kitab Shoum no. 708, An Nasaa’i dalam kitab Shiyaam IV/141, Ad Daarimi dalam kitab Shoum II/6, Ibnu Maajah dalam kitab Shiyaam no. 1692)
Faidah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Disunnahkannya makan sahur dan menjalankannya merupakan bentuk pelaksanaan perintah syari’at.
- Karena pada makan sahur terdapat barokah maka tidak sepantasnya hal itu ditinggalkan. Barokah ini muncul baik pada perbuatan makannya dan juga pada makanan yang dimakan. Karena ungkapan makan sahur (dalam bahasa Arab di hadits ini) bisa dibaca sahuur (artinya makanan yang disantap) atau suhuur (perbuatan memakan makanan).
- Zhohir perintah dalam hadits ini menunjukkan hukum wajibnya sahur, akan tetapi karena ada riwayat yang sah bahwasanya Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan wishol (tidak berbuka dan tidak makan sahur -pent) maka perintah ini berubah hukumnya menjadi sunnah/mustahab untuk dikerjakan (lihat Taisirul ‘Allaam juz I hal. 357-358).
Disunnahkan Mengakhirkan Santap Sahur
Dari Anas bin Malik dari Zaid bin Tsabit rodhiyallohu ‘anhuma beliau
berkata: Kami bersantap sahur bersama Rosululloh shollallohu ‘alaihi
wa sallam kemudian beliau beranjak untuk menegakkan sholat. Anas
berkata: Aku bertanya kepada Zaid, “Berapakah jarak antara adzan dan
santap sahur ?” Dia menjawab, “Sekitar seukuran bacaan 50 ayat.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1921, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1097, At Tirmidzi dalam kitab Shoum no. 703, An Nasaa’i dalam kitab Shiyaam IV/143, Ad Daarimi dalam kitab Shoum II/6, Ibnu Maajah dalam kitab Shiyaam 1694)
Yang dimaksud adzan dalam hadits ini adalah dikumandangkannya iqomah (lihat Taisirul ‘Allaam juz I hal. 359).
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Keutamaan mengakhirkan santap sahur hingga mendekati terbitnya fajar/masuk waktu shubuh.
- Bersegera mengerjakan sholat Shubuh sehingga jaraknya dengan waktu mulainya puasa menjadi dekat.
- Waktu imsak/menahan diri dari makan dan minum adalah terbitnya fajar, sebagaimana yang difirmankan Alloh Ta’ala, “Makan dan minumlah sampai jelas bagimu perbedaan antara benang hitam (gelapnya malam) dengan benang putih yaitu terbitnya fajar.” (QS. Al Baqoroh: 187)
Berdasarkan hadits ini maka kita dapat mengetahui bahwasanya apa yang
diada-adakan oleh sebagian orang berupa pembedaan waktu imsak dan waktu
terbit fajar merupakan sebuah kebid’ahan yang sama sekali tidak ada
landasannya dari ajaran Alloh, akan tetapi itu hanyalah bisikan syaithan
agar agama mereka menjadi tersamar, padahal sesungguhnya ajaran Nabi
Muhammad menegaskan bahwa imsak/menahan diri dari makan dan minum serta
pembatal puasa yang lain itu berlaku ketika permulaan terbitnya
fajar/masuk waktu shubuh (lihat Taisirul ‘Allaam juz I hal. 359).
Disunnahkan Menyegerakan Berbuka
Dari Sahl bin Sa’d As Saa’idi rodhiyallohu ‘anhu: Rosululloh
shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Manusia senantiasa
berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka dan
mengakhirkan santap sahur.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1957, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1098, Maalik dalam Al Muwaththo’ I/289 di kitab Shiyaam, At Tirmidzi dalam kitab Shiyaam no. 699, Ad Daarimi II/7 dalam kitab Shoum, Ibnu Maajah dalam kitab Shiyaam no. 1697, Ahmad dalam Musnad-nya V/330, 334, 336, 337, 339. Mereka semua meriwayatkan hadits ini sampai perkataan “Selama mereka menyegerakan berbuka” adapun kata-kata, “dan mengakhirkan santap sahur” (dalam rangkaian hadits ini) adalah tambahan yang ada pada riwayat Imam Ahmad saja di dalam Musnad beliau V/147,172 berasal dari hadits Abu Dzar Al Ghifaari rodhiyallohu ‘anhu dan sanadnya lemah (catatan kaki Taisirul ‘Allaam juz I hal. 382).
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Disunnahkannya menyegerakan berbuka apabila terbenamnya matahari sudah benar-benar terjadi baik dengan menyaksikan sendiri atau berdasarkan berita orang yang terpercaya.
- Disegerakannya berbuka merupakan tanda tetap berada dalam keadaan baik bagi orang yang menyegerakannya sedangkan mengakhirkannya merupakan tanda hilangnya kebaikan.
- Kebaikan yang disinggung dalam hadits ini adalah mengikuti sunnah (ajaran Nabi), meskipun hal itu (makan/berbuka) termasuk perkara yang disenangi oleh nafsu.
- Hadits ini termasuk mu’jizat Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam (karena beliau mengabarkan tentang sesuatu yang ghoib-pent). Sesungguhnya perbuatan mengakhirkan berbuka merupakan salah satu amalan kaum syi’ah; salah satu sekte yang menyimpang. Dan mereka itu tidak punya panutan dalam masalah ini kecuali kaum Yahudi yang baru berbuka apabila bintang-bintang telah nampak (yaitu di waktu malam-pent). (Lihat Taisirul ‘Allaam juz I hal. 382).
Saat Untuk Berbuka
Dari Umar bin Al Khoththob rodhiyallohu ‘anhu beliau berkata:
Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Apabila malam
sudah datang dari arah sini (barat) dan apabila siang telah pergi ke
arah situ (timur), maka orang yang berpuasa telah berbuka.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1954, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1100, dan Abu Dawud dalam kitab Shoum no. 2351)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Disunnahkannya menyegerakan berbuka apabila matahari sudah benar-benar tenggelam.
- Keberadaan datangnya malam yang diiringi dengan perginya siang itulah yang menjadi syarat bolehnya berbuka. Karena sesungguhnya munculnya kegelapan di arah timur sementara matahari masih nampak bukan berarti malam sudah tiba, sebab datangnya malam yang sesungguhnya itu baru terjadi beriringan dengan perginya siang (tenggelamnya matahari-pent) maka 2 peristiwa ini tidak dapat dipisahkan satu sama lain.
- Dalam sabda Nabi, “Maka orang yang berpuasa telah berbuka” terdapat kemungkinan dua makna: a. Secara hukum dia sudah dianggap berbuka dengan masuknya waktu itu meskipun belum mengkonsumsi makanan, sehingga dorongan menyegerakan berbuka yang terdapat dalam beberapa hadits menjadi bermakna anjuran untuk melakukan berbuka secara inderawi agar cocok dengan makna syar’inya. b. Masuk waktu untuk berbuka, sehingga anjuran untuk menyegerakan berbuka bermakna anjuran melakukannya di awal waktu masuknya, dan makna ini lebih tepat. Ini diperkuat dengan hadits yang diriwayatkan Al Bukhori yang menyebutkan, “Maka sudah boleh untuk berbuka.”
- Berdasarkan dua makna ini maka hukum wishol (tidak berbuka dan tidak sahur -pent) sebagai berikut: a. Jika kami berpendapat bahwa makna “Maka orang yang berpuasa telah berbuka” adalah dia dihukumi telah berbuka maka wishol adalah amalan yang batil karena wishol tidak mungkin dilakukan. b. Jika kami berpendapat bahwa makna “Maka orang yang berpuasa telah berbuka” adalah telah masuk waktu berbuka maka hukum mengerjakan wishol adalah makruh mengingat adanya dalil-dalil yang melarang wishol. (Lihat Taisirul ‘Allaam juz I hal. 383).
Makan dan Minum Karena Lupa
Dari Abu Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu beliau berkata: Nabi
shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Barangsiapa yang terlupa
dalam keadaan puasa kemudian dia makan atau minum hendaklah
disempurnakan puasanya, karena sesungguhnya Alloh lah yang memberikan
makan dan meminuminya.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1923, dalam kitab Al Aimaan wan Nudzuur no. 6669, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1155, Ad Daarimi dalam kitab Shoum II/13, Ibnu Maajah dalam kitab Shiyaam no. 1683)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Sahnya puasa orang yang makan atau minum atau jima’ (di siang hari) karena lupa. Imam Abu Hanifah, Asy Syafi’i, Daud dan Ibnu Taimiyah berpendapat orang yang berjima’ karena lupa maka puasanya tetap sah. Sedangkan Imam Ahmad dan para pengikutnya berpendapat puasanya tidak sah. Pendapat pertama (puasanya tetap sah) lebih kuat berdasarkan hadits dari Abu Huroiroh bahwa Nabi bersabda, “Barangsiapa yang membatalkan puasa karena lupa maka tidak perlu qodho’ dan tidak perlu membayar kafaroh.” (Hadits riwayat Al Haakim) Ibnu Hajar berkata: Hadits ini shohih. Dan membatalkan puasa (ifthor) bersifat umum mencakup jima’ dan selainnya.
- Tidak ada dosa baginya karena makan dan minumnya sebab dia tidak memiliki kemampuan memilih ketika itu.
- Makna sabda Nabi sesungguhnya Alloh lah yang memberikan makan dan meminuminya adalah peristiwa itu terjadi bukan karena pilihan/ikhtiyar, dan itu terjadi karena Alloh mentakdirkannya dengan sebab dia lupa akan puasa yang sedang dijalaninya (lihat Taisirul ‘Allaam juz I hal. 361-362, dengan perubahan).
Terlanjur Berjima’ Dengan Sengaja
Dari Abu Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu beliau berkata: Suatu saat kami
duduk-duduk bersama Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam tiba-tiba
seorang lelaki datang menemui beliau lalu mengatakan, “Wahai Rosululloh
binasalah hamba.” Beliau berkata, “Apa yang membuatmu binasa ?” atau
beliau berkata “Apa yang terjadi padamu ?” Lelaki tadi berkata, “Aku
telah berhubungan dengan isteriku padahal aku dalam keadaan berpuasa.”
dalam suatu riwayat “Aku telah menggauli isteriku di bulan Romadhon.”
Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apakah engkau
memiliki budak untuk dimerdekakan ?” Dia menjawab, “Tidak.” Beliau
bertanya, “Apakah engkau mampu berpuasa dua bulan berturut-turut ?” Dia
menjawab, “Tidak.” Beliau bertanya, “Apakah engkau memiliki makanan
untuk memberi makan 60 orang miskin ?” Dia menjawab, “Tidak.” Abu
Huroiroh berkata, “Maka Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam terdiam.”
Dalam situasi seperti itu Nabi pun mengambil keranjang berisi kurma.
Kemudian beliau berkata, “Dimanakah orang yang bertanya tadi ?” Diapun
menjawab, “Saya.” Nabi bersabda, “Ambillah keranjang ini dan
bersedekahlah dengannya.” Lelaki itu lalu bertanya, “Apakah kepada orang
yang lebih miskin daripada saya wahai Rosululloh ? Demi Alloh, tidak
ada satu keluargapun yang tinggal di antara dua batas kota (Madinah) ini
yang lebih miskin daripada keluarga saya.” Maka Nabi shollallohu
‘alaihi wa sallam tertawa hingga nampak gigi taringnya, kemudian beliau
bersabda, “Kalau begitu berilah makan keluargamu dengannya.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1936, kitab Hibah no. 2600, kitab Nafaqoot no. 5368, kitab Adab no. 6087, kitab Kafarotul Aimaan no. 6709, 6710, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1111, Abu Dawud dalam kitab Shoum no. 2390, Ad Daarimi dalam kitab Shoum II/11, At Tirmidzi dalam kitab Shoum no. 724, Ibnu Maajah dalam kitab Shiyaam no. 1671, Ahmad dalam Musnad-nya II/241, 516)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Berjima’ pada siang hari di bulan Romadhon termasuk perbuatan dosa yang membinasakan, karena Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam mendiamkan perkataan si penanya “Binasalah hamba” seandainya perkaranya tidak seberat itu niscaya beliau akan memberikan keringanan pada perkara itu.
- Orang yang berjima’ dengan sengaja wajib membayar kafaroh yang ditentukan secara urut ; memerdekakan seorang budak, jika tidak mampu maka berpuasa dua bulan berturut-turut, jika tidak mampu maka memberi makan kepada 60 orang miskin.
- Kafaroh tetap tidak gugur meskipun keadaan si pelanggar dalam kesulitan, karena Nabi tidak menggugurkan kafaroh akibat kemiskinannya, dan hadits ini sama sekali tidak mengandung pengguguran kafaroh.
- Bolehnya orang lain membayarkan kafaroh meskipun dia adalah orang asing/tidak memiliki hubungan mahram.
- Boleh baginya (si pelanggar) makan dari sedekah tersebut dan memberi makan dengannya kepada keluarganya selama sedekah itu dikeluarkan oleh orang lain.
- Zhohir hadits menunjukkan bahwasanya tidak ada pembedaan budak yang dimerdekakan apakah muslim atau kafir, inilah yang dipegang oleh para pengikut Imam Abu Hanifah. Akan tetapi yang benar adalah pendapat jumhur yang mengharuskan budak tersebut mukmin, hadits ini ditaqyid dengan nash-nash lain yang menyebutkan kafaroh pembunuhan, karena di dalamnya disebutkan budak yang beriman.
- Kebagusan akhlaq Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam dan kemurahan beliau dimana kedatangan lelaki ini dalam keadaan bergetar ketakutan kemudian pulang dalam keadaan gembira dengan membawa makanan untuk keluarganya.
- Barangsiapa yang bergelimang dengan kemaksiatan yang banyak sekali kemudian datang dengan bertaubat dan penuh penyesalan maka dia tidak menanggung dosa (lihat Taisirul ‘Allaam juz I hal. 365-366 dengan sedikit perubahan).
Berpuasa Ketika Safar/Bepergian
Dari ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anha bahwasanya Hamzah bin ‘Amr Al Aslami
pernah bertanya kepada Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam: Apakah saya
boleh berpuasa sewaktu safar ? (Beliau adalah orang yang banyak
berpuasa) Nabi menjawab, “Jika kamu mau berpuasalah, dan jika kamu mau
maka berbukalah.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1943, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1121, Malik dalam kitab Shiyaam I/295, Ad Daarimi dalam kitab Shoum II/9, Ibnu Maajah dalam kitab Shiyaam no. 1662, Abu Dawud dalam kitab Shoum no. 2042)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Ada keringanan untuk berbuka dalam kondisi safar, karena pada kondisi itu terdapat kesukaran.
- Boleh memilih antara puasa atau berbuka bagi orang yang punya kekuatan untuk berpuasa, yang dimaksud dalam hadits ini adalah puasa Romadhon sebagaimana dijelaskan dalam riwayat lain yang dibawakan oleh Imam Abu Dawud dan Al Haakim (lihat Taisirul ‘Allaam Juz 1 hal. 368-369).
Dari Anas bin Maalik rodhiyallohu ‘anhu beliau mengatakan: “Dahulu
kami pernah bersafar bersama Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam,
orang yang berpuasa tidak mencela orang yang berbuka dan orang yang
berbuka (juga) tidak mencela orang yang berpuasa.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1947, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1118, Maalik dalam Al Muwaththo’ kitab Shiyaam I/295, Abu Dawud dalam kitab Shoum no. 2405)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Bolehnya berbuka ketika safar.
- Nabi mentaqrir (mendiamkan) perbuatan para sahabat yang berpuasa dan yang berbuka dalam kondisi safar, ini menunjukkan keduanya boleh dikerjakan (lihat Taisirul ‘Allaam Juz 1 hal. 370)
Dari Abu Darda’ rodhiyallohu ‘anhu beliau berkata: “Kami pernah
bepergian bersama Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam pada bulan
Romadhon dalam keadaan udara yang sangat panas, sampai-sampai salah
seorang diantara kami meletakkan tangannya di atas kepalanya karena
panas yang sangat menyengat, di antara kami tidak ada yang berpuasa
kecuali Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam dan Abdulloh bin
Rowahah.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1945, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1122, Abu Dawud dalam kitab Shoum no. 2409 dan Ibnu Maajah dalam kitab Shiyaam no. 1663)
Bukan Termasuk Kebaikan Berpuasa Ketika Safar (?)
Dari Jaabir bin Abdulloh rodhiyallohu’anhu beliau berkata: Dahulu
Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah bersafar, maka
beliaupun melihat segerombolan orang dengan seorang lelaki yang diberi
naungan di atasnya, maka beliaupun bertanya, “Apa ini ?” Mereka
menjawab, “Orang yang sedang berpuasa.” Beliau bersabda, “Berpuasa di
saat safar bukan termasuk kebaikan.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1946, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1115, Abu Dawud dalam kitab Shoum no. 2407, An Nasaa’i dalam kitab Shiyaam IV/175, Ad Daarimi dalam kitab Shoum II/9, Ahmad dalam Musnad-nya III/299, 317, 319, 399)
Dan dalam satu lafazh Muslim, “Ambillah rukhshoh dari Alloh yang telah dianugerahkan-Nya kepada kalian.” (Hadits riwayat Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1115).
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Bolehnya berpuasa ketika safar dan bolehnya mengambil rukhshoh yaitu dengan berbuka.
- Berpuasa di waktu bersafar bukan kebaikan tetapi tetap sah dan sekedar menggugurkan kewajiban.
- Yang lebih utama adalah mengambil rukhshoh dari Alloh yang telah ditetapkan-Nya untuk meringankan hamba-hamba-Nya.(Taisirul ‘Allaam Juz 1 hal. 371).
Meraih Pahala Lebih Dengan Berbuka
Dari Anas bin Maalik rodhiyallohu ‘anhu beliau berkata: Dahulu kami
bersama Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam dalam suatu
perjalanan/safar di antara kami ada yang berpuasa dan ada yang berbuka.
Anas berkata: Kemudian kamipun singgah di suatu tempat dalam suasana
siang yang begitu terik. Orang yang memiliki kain dialah yang bisa
berteduh lebih baik, dan di antara kami ada yang melindungi (kepalanya)
dari teriknya panas matahari hanya dengan tangan. Anas berkata: Maka
para sahabat yang berpuasa menjadi lemah sedangkan para sahabat yang
berbuka tetap dapat bekerja sehingga mereka dapat mendirikan tenda dan
memberi minum binatang kendaraan. Maka Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa
sallam bersabda, “Pada hari ini, orang-orang yang berbuka berangkat
dengan mendapatkan ganjaran pahala.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Jihad no. 2890, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1119)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Boleh berbuka atau tetap puasa ketika bersafar, karena Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam tidak mengingkari kedua kelompok sahabat dalam kondisinya masing-masing.
- Keadaan duniawi para sahabat rodhiyallohu ‘anhum ketika itu yang cukup memprihatinkan, meskipun demikian hal itu tidak menghalangi mereka untuk menghadapi berbagai kesulitan dalam berjihad di jalan Alloh Ta’ala.
- Keutamaan membantu saudara dan sanak keluarga, dan itu merupakan bagian dari agama dan sikap ksatria yang telah diterapkan lebih dahulu oleh generasi terbaik ummat ini, amat berbeda dengan perilaku kebanyakan orang yang sok tinggi lagi menyombongkan diri.
- Berbuka ketika safar lebih utama, apalagi jika dibarengi dengan munculnya kemaslahatan berupa memperkuat diri demi menghadapi musuh atau semacamnya. Karena dalam kondisi seperti itu manfaat hanya bisa dipetik oleh orang yang puasa, sedangkan orang yang berbuka dapat memberikan manfaat lebih kepada orang lain. Dari sisi inilah alasan kenapa berbuka itu lebih utama.
- Islam mendorong manusia agar giat bekerja dan meninggalkan kemalasan. Islam memberikan bagian pahala yang besar bagi orang yang giat bekerja serta mengutamakan dirinya daripada orang yang terputus dari kegiatannya dengan alasan beribadah (lihat Taisirul ‘Allaam hal. 374-375).
Menunda Qodho’ Sampai Sya’ban
Dari ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anha beliau berkata: “Dahulu aku memiliki
hutang puasa Romadhon, akan tetapi aku tidak bisa mengqodho’nya
kecuali di bulan Sya’ban.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1950, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1146, Maalik dalam Al Muwaththo’ dalam kitab Shiyaam, Abu Dawud dalam kitab Shoum no. 2399, At Tirmidzi dalam kitab Shoum no. 783, An Nasaa’i dalam kitab Shiyaam IV/191, Ibnu Maajah dalam kitab Shiyaam no. 1669)
Dalam kitab Shohih-nya Imam Muslim memberikan riwayat tambahan, Hal itu karena kedudukan Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam (sebagai suamiku).
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Bolehnya mengakhirkan qodho’ puasa Romadhon sampai bulan Sya’ban selama ada alasan yang bisa diterima.
- Yang lebih utama adalah menyegerakan qodho’ selama tidak ada hambatan, karena ‘Aisyah menjelaskan apa yang menyebabkan beliau melakukan demikian.
- Tidak boleh menunda qodho’ hingga melampaui bulan Romadhon sesudahnya.
- Keluhuran budi yang dicontohkan oleh ‘Aisyah (dalam perannya sebagai isteri), semoga Alloh menganugerahkan kepada kaum wanita kita kemampuan untuk meneladaninya (lihat Taisirul ‘Allaam hal. 376).
Hutang Puasa Orang yang Mati
Dari ‘Aisyah rodhiyallohu ‘anha: Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa
sallam pernah bersabda, “Barangsiapa yang meninggal dan punya hutang
puasa maka walinya yang membayar puasanya.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1952, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1147, Abu Dawud dalam kitab Shoum no. 2400)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Zhohir hadits ini menunjukkan wajibnya mengqodho’ puasa si mayit, sama saja apakah puasa nadzar atau puasa yang secara asalnya wajib menurut syari’at (puasa Romadhon), ini menyelisihi pendapat Imam Abu Dawud yang menganggap hal itu hanya berlaku untuk puasa nadzar saja.
- Orang yang menanggung hutang puasa adalah walinya yaitu orang yang akan mendapat bagian warisan apabila dia meninggal (lihat Taisirul ‘Allaam hal. 377).
Dari Abdulloh bin ‘Abbas rodhiyallohu ‘anhuma beliau berkata:
Seorang lelaki datang kepada Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam kemudian
mengatakan, “Wahai Rosululloh sesungguhnya ibuku telah meninggal dan
dia memiliki hutang puasa sebulan apakah aku harus mengqodho’ puasa itu
baginya ?” Beliau menjawab, “Seandainya ibumu punya hutang, apakah
engkau akan membayarkannya ?” Dia menjawab, “Iya” Beliau bersabda,
“Kalau begitu maka hutang kepada Alloh lebih berhak untuk ditunaikan.” (Hadits riwayat Al Bukhori di dalam kitab Shoum no. 1953 dan Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1148)
Dalam riwayat yang lain dikisahkan bahwa suatu saat ada seorang perempuan yang datang menemui Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam kemudian mengatakan: “Wahai
Rosululloh sesungguhnya ibuku telah meninggal dan dia memiliki hutang
puasa nadzar apakah saya harus berpuasa menggantikannya ?” Beliau
bersabda, “Bagaimana menurutmu seandainya ibumu memiliki hutang kemudian
kamu membayarkannya, apakah hal itu bisa menunaikan hutangnya ?” Dia
menjawab, “Iya” Beliau bersabda, “Maka berpuasalah untuk ibumu.” (Hadits riwayat Muslim dalam kitab Shiyaam no.1148, 156)
Faedah yang bisa dipetik dari dua hadits di atas adalah:
- Riwayat yang pertama menunjukkan bahwa hutang puasa mayit baik karena nadzar atau puasa wajib (Romadhon -pent) ditunaikan/diqodho’.
- Riwayat yang kedua menunjukkan bahwa puasa yang ditunaikan hutangnya bagi si mayit adalah puasa nadzar.
- Zhohir dari kedua hadits di atas menunjukkan kisah yang berbeda, yang satu terjadi pada seorang lelaki dan yang satunya terjadi pada seorang perempuan. Maka kandungan hukum keduanya dibiarkan sendiri-sendiri, riwayat yang pertama tidak disempitkan maknanya oleh riwayat yang kedua, jadi hukumnya tetap berlaku sebagaimana keumuman riwayat yang pertama (yaitu hutang puasa yang harus diqodho’ adalah puasa wajib, baik karena nadzar atau puasa Romadhon-pent).
- Alasan ditunaikannya tanggungan si mayit yang terdapat di dalam hadits ini berlaku secara umum dalam masalah tanggungannya kepada Alloh, hutang piutang dengan sesama makhluk, kewajiban karena nadzar serta kewajiban lain yang pada asalnya memang diwajibkan oleh syari’at, maka semuanya harus ditunaikan (diqodho’) bagi si mayit. Pendapat ini disampaikan oleh Syaikh Abdurrohman Alu Sa’di menukil dari Syaikhul Islam Taqiyuddin Ibnu Taimiyah rohimahumalloh.
- Di dalam hadits tersebut terkandung penetapan tentang keabsahan dalil qiyas/analogi yang merupakan salah satu pokok yang dipegang oleh Jumhur ulama’ dalam menyimpulkan dalil. Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam telah memberikan permisalan bagi mereka berdua (lelaki dan perempuan yang bertanya -pent) dengan permisalan yang sudah disepakati oleh mereka agar memudahkan pemahaman dan supaya hal itu semakin mudah dicerna oleh pikiran mereka, karena sesungguhnya menyerupakan sesuatu yang jauh (agak sulit dijangkau) dengan sesuatu yang dekat (mudah dipahami) akan mempermudah pemahaman dan pengertian.
- Dalam sabda Nabi “Hutang Allah lebih berhak untuk ditunaikan.” terkandung dasar hukum didahulukannya zakat dan hak-hak Alloh dalam hal harta apabila hak-hak-Nya dan hak-hak anak Adam saling berbenturan pada harta yang ditinggalkan oleh orang yang mati. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa hak-hak tersebut disamaratakan (lihat Taisirul ‘Allaam juz I, hal. 380-381).
Larangan Puasa Wishol (Bersambung)
Dari Abdulloh bin ‘Umar rodhiyallohu ‘anhuma beliau berkata:
Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam melarang puasa wishol. Mereka
(para sahabat) berkata, “Wahai Rosululloh, sesungguhnya anda juga
mengerjakan wishol.” beliau bersabda, “Sesungguhnya keadaanku tidak
sebagaimana kalian, aku diberi makan dan diberi minum.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1962, Muslim dalam kitab Shiyaam 1102, Maalik dalam Al Muwaththo’ di kitab Shiyaam, Abu Dawud dalam kitab Shoum no. 2320)
Dan dalam riwayat Bukhori dari Abu Sa’id Al Khudri rodhiyallohu ‘anhu Nabi bersabda, “Barangsiapa di antara kalian ingin wishol maka hendaklah dia wishol (tidak berbuka) sampai waktu sahur.” (Hadits riwayat Al Bukhori no. 1963 dalam kitab Shoum, Abu Dawud dalam kitab Shoum no. 2361, Ad Daarimi II/8 dalam kitab Shoum dan Ahmad dalam Musnad-nya III/87)
Al Imam An Nawawi menerangkan bahwa yang dimaksud dengan wishol adalah:
berpuasa selama dua hari dan seterusnya tanpa sedikitpun makan dan
minum dalam rentang waktu tersebut (lihat Syarah Muslim Jilid IV hal. 434)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Diharamkannya puasa wishol.
- Wishol boleh dikerjakan bagi orang yang mampu melakukannya sampai waktu sahur dan meninggalkannya itu lebih utama.
- Kasih sayang Pembuat syari’at Yang Maha bijaksana yang amat menyayangi ummat ini dalam bentuk pengharaman segala sesuatu yang membahayakan diri mereka.
- Larangan berlebih-lebihan/melampaui batas dalam beragama, karena sesungguhnya syari’at ini adalah syari’at yang lapang dan penuh keseimbangan, dengan menunaikan hak kepada Robb dan juga menunaikan hak badan. Sesungguhnya kewajiban-kewajiban syari’at itu dibebankan demi mencapai kemaslahatan yang nantinya akan kembali kepada hamba itu sendiri, baik dari sisi diniyah maupun duniawiyah. Dan karena perhatian Pembuat syari’at terhadap maslahat tersebut maka hal itu menjadi faktor pendorong pembebanan kewajiban kepada hamba.
- Puasa wishol merupakan salah satu kekhususan Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam karena hanya beliaulah yang benar-benar sanggup untuk melaksanakannya, dan tidak ada seorangpun yang bisa mencapai keadaan sebagaimana yang dimiliki beliau.
- Makna ungkapan Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam diberi makan dan minum dalam hadits ini artinya beliau dianugerahi kelezatan bermunajat kepada Alloh dan kegembiraan jiwa yang amat besar yang meliputi dirinya sebab keinginan berjumpa dengan Dzat yang paling dicintainya. Banyak bukti pada manusia yang menguatkan pendapat ini, dan kenikmatan seperti hanya bisa dicapai oleh Kekasih Ar Rohman dan orang yang paling dicintai-Nya yaitu Muhammad sholawaatulloohi wa salaamuhu ‘alaihi dan tidak ada seorangpun yang bisa mengejar beliau dalam perkara ini [akan tetapi makna diberi makan dan minum dalam hadits ini yang lebih tepat Wallohu a'lam adalah sebagaimana dikatakan Imam An Nawawi, artinya: Alloh menganugerahkan kepada beliau kekuatan sebagaimana orang yang makan dan minum (lihat Syarah Muslim Juz IV hal. 435)].
- Tenggelamnya matahari adalah waktu untuk berbuka puasa. Dan orang yang berpuasa tidaklah dihukumi sudah berbuka dengan masuknya waktu berbuka -sebagaimana sudah dijelaskan di depan-, kalau tidak demikian niscaya tidak ada artinya wishol sebab secara otomatis ketika matahari tenggelam dia telah dihukumi berbuka karena sudah masuk waktunya.
- Di dalam hadits ini terkandung kekhususan yang hanya dimiliki Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam yang merupakan pengecualian terhadap (keumuman dalil-pent) firman Alloh Ta’ala yang artinya, “Sungguh telah ada teladan yang baik bagimu pada diri Rosululloh.” (QS. Al Ahzaab: 21) (Taisirul ‘Allaam juz I hal. 386).
Puasa Dawud
Dari Abdulloh bin ‘Amr bin Al ‘Ash rodhiyallohu ‘anhu beliau
berkata: Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam diberitahu bahwasanya
aku pernah berkata, “Demi Alloh, sungguh aku akan berpuasa sepanjang
siang dan dan sholat malam sepanjang hidupku.” Maka Rosululloh
shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apakah benar kamu yang
mengucapkan itu?” Maka akupun menjawab, “Benar, ayah dan ibuku sebagai
tebusannya aku memang benar-benar telah mengatakannya.” Beliau bersabda,
“Sesungguhnya kamu tidak akan sanggup melaksanakannya maka berpuasa
dan juga berbukalah, tidur dan sholat malamlah, dan berpuasalah 3 hari
di setiap bulan, karena satu kebaikan itu dilipatkan pahalanya senilai
10 kebaikan, dan itu sudah seperti puasa sepanjang masa/puasa Dahr.”
Aku berkata, “Sesungguhnya saya mampu lebih dari itu.” Beliau bersabda,
“Kalau begitu maka puasalah sehari dan tidak puasa 2 hari.” Aku
berkata, “Sesungguhnya saya mampu lebih dari itu.” Beliau bersabda,
“Kalau begitu maka puasalah sehari dan tidak berpuasa sehari Itulah
puasa Nabi Dawud ‘alaihis salam, dan itu merupakan puasa yang paling
utama.” Maka akupun mengatakan, “Sesungguhnya saya mampu melakukan yang
lebih utama dari itu.” Beliau bersabda, “Tidak ada lagi (puasa) yang
lebih utama darinya.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1976, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1159)
Dalam riwayat lain beliau bersabda, “Tidak ada puasa yang boleh
dikerjakan melebihi puasa saudaraku Dawud ‘alaihis salam selama separoh
masa, maka berpuasalah sehari dan tidak berpuasa sehari.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1979 dan no. 6277 dalam kitab Isti’dzan)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Keinginan kuat yang dimiliki Abdulloh bin ‘Amr bin Al ‘Ash dalam melakukan kebaikan dan kekuatan beliau dalam melakukannya, sampai-sampai beliau bersumpah untuk mengerjakan puasa sepanjang masa dan sholat sepanjang malam.
- Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam mengetahui kapasitas kemampuan dalam mengerjakan amalan dan dampaknya, sehingga beliau bisa mengabarkan kepada Abdulloh bin ‘Amr bahwasanya dia tidak akan mampu melakukannya, ini artinya hal itu akan memberatkan dirinya dan itu benar-benar dialaminya kemudian.
- Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam menentukan amalan berdasarkan kemampuan pelakunya. Pada awalnya beliau membatasi Abdulloh bin ‘Amr untuk mengerjakan puasa 3 hari dalam setiap bulan, dan ketika dia meminta tambahan beliau melihat di dalam dirinya terdapat keinginan yang kuat dan kemampuan sehingga beliau memerintahkan, “Berpuasalah sehari dan tidak berpuasalah 2 hari.” Kemudian ketika dia menampakkan keinginannya yang amat kuat dan meminta tambahan lagi maka beliau menunjukkan kepadanya amalan puasa yang paling utama, beliau bersabda, “Maka berpuasalah sehari dan tidak berpuasa sehari.”
- Batasan maksimal puasa yang paling utama adalah sehari puasa dan sehari tidak berpuasa, itulah puasa yang dilakukan Nabi Dawud ‘alaihis salaam.
- Makruhnya puasa sepanjang masa (puasa Dahr) karena amalan itu menyimpang dari sabda Nabi ‘alaihi sholaatu wa salaam dalam sebuah hadits, “Tidak sah puasanya orang yang berpuasa selamanya.”
- Kelapangan syari’at ini yang di dalamnya tindakan berlebihan dan melampaui batas dibenci, sebab aturan syari’at menuntut adanya kemudahan dan kelapangan, karena hal itu lebih menggiatkan amalan dan lebih bisa dikerjakan secara kontinyu (lihat Taisirul ‘Allaam juz I hal. 388).
Puasa dan Sholat yang Paling Dicintai Alloh
Dari Abdulloh bin ‘Amr bin Al ‘Ash rodhiyallohu ‘anhu beliau
berkata: Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Sesungguhnya puasa yang paling dicintai Alloh adalah puasa Dawud dan
sholat yang paling dicintai Alloh adalah sholatnya Dawud; beliau itu
tidur setengah malam dan bangun di sepertiga sesudahnya lalu tidur
seperenam malam sisanya, dan beliau senantiasa berpuasa sehari dan tidak
berpuasa sehari.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Tahajjud no. 1131 dan dalam kitab Ahaaditsul Anbiyaa’ no. 3402, Muslim dalam kitab Shiyaam 1159, 189, Abu Dawud dalam kitab Shoum no. 2448, Ad Daarimi II/20 dalam kitab Shoum, Ibnu Maajah dalam kitab Shiyaam no. 1712 dan Ahmad dalam Musnad-nya II/160)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Sehari berpuasa dan sehari berbuka merupakan amalan puasa yang paling utama karena di dalamnya sudah menyamai puasa Dahr.
- Tidur di setengah malam pertama, kemudian bangun untuk sholat di sepertiga sesudahnya, lalu tidur seperenam sisanya merupakan tata cara sholat malam yang paling utama karena pada cara ini tubuh dipenuhi kebutuhannya untuk beristirahat terlebih dulu kemudian bangun malam di waktu-waktu turunnya Alloh ke langit dunia lalu tidur seperenam sisanya supaya tubuh lebih segar dalam melakukan sholat shubuh dan untuk berdzikir sesudahnya.
- Ibadah itu penuh keseimbangan dan keadilan, sehingga tidak boleh lalai dari beribadah kepada-Nya dan juga tidak boleh berlebih-lebihan dalam mengerjakannya, karena Robbmu itu memiliki hak atasmu, demikian juga keluargamu, maka tunaikanlah setiap hak kepada pemiliknya.
- Alloh Tabaaroka wa Ta’aala telah menyediakan berbagai macam ibadah bagimu, apabila kamu terlalu memforsir diri hanya pada salah satunya bisa saja menyebabkan yang lainnya tertinggal, maka sudah semestinya kamu sisakan kekuatan untuk mengerjakan yang lainnya. Kebiasaan yang berjalan pada manusia seperti bergaul dengan keluarga, mengunjungi sahabat-sahabat, mencari rizki, berbincang-bincang dengan anak-anak, tidur; itu semua bisa bernilai ibadah apabila diniatkan untuk meraih pahala dan menunaikan hak-hak sesama. Jadi keutamaan yang Allah sediakan amatlah luas dan kebaikan-Nya amatlah agung (lihat Taisirul ‘Allaam Juz I hal. 388).
Puasa 3 Hari Setiap Bulan
Dari Abu Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu beliau berkata: “Kekasihku
shollallohu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku dengan tiga perkara:
Puasa 3 hari setiap bulan, sholat 2 rokaat Dhuha dan sholat witir
sebelum tidur.” (Hadits riwayat Al Bukhori di kitab Shoum no. 1981, kitab Tahajud no. 1178, Muslim dalam kitab Sholatul Musafirin no. 721, Abu Dawud dalam kitab Sholat no. 1432, Ad Daarimi dalam kitab Sholat I/339, II/18,19 di kitab Shoum, Ahmad dalam Musnad-nya II/258, 271, 277, 402, 459, 497, 526)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Disunnahkan puasa tiga hari setiap bulan, yaitu pada tanggal 13, 14 dan 15 sebagaimana ditunjukkan dalam hadits Qotadah bin Malhan yang diriwayatkan oleh Ahlu Sunan, beliau mengatakan: Dahulu Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami untuk puasa pada hari-hari putih yaitu pada tanggal 13, 14 dan 15, dan beliau mengatakan “Puasa ini setara dengan puasa sepanjang masa.”
- Disunnahkan melakukan sholat Dhuha serta sering-sering melakukannya bagi orang yang tidak kuat bangun sholat malam agar dia tidak kehilangan sholat (sunnah) siang dan malam sekaligus.
- Mengerjakan witir sebelum tidur bagi orang yang berdasarkan perkiraan kuat tidak kuat untuk bangun di akhir malam, adapun orang yang merasa kuat untuk bangun di akhir malam hendaknya dia mengerjakan di akhir malam, dan apabila luput darinya karena tidur atau lupa disunnahkan untuk mengqodho’nya.
- Tiga hukum yang disebutkan dalam hadits ini termasuk wasiat Nabi yang sangat berharga yang sudah semestinya diperhatikan dan bersemangat dalam mengerjakannya, sebab mengandung manfaat yang amat besar dan kedudukannya sangat mulia (lihat Taisirul ‘Allaam juz I hal 390).
Larangan Puasa di hari Jum’at
Dari Muhammad bin ‘Abbaad bin Ja’far beliau mengatakan: “Aku pernah
bertanya kepada Jabir bin ‘Abdillah: ‘Apakah Nabi shollallohu ‘alihi wa
sallam melarang puasa di hari Jum’at?’ Dia menjawab: ‘Ya.’” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1984, Muslim dalam kitab Shiyam no. 1143)
Imam Muslim memberikan tambahan riwayat: “(ya) Demi Rabb ka’bah.”
Dari Abu Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu beliau bekata: Aku pernah
mendengar Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah
salah seorang di antara kalian berpuasa di hari Jum’at, kecuali sehari
sebelum atau sesudahnya berpuasa.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1985, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1144, Abu Dawud dalam kitab Shoum no. 2420, At Tirmidzi dalam kitab Shoum no. 743, Ibnu Maajah di kitab Shiyam no. 1723)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Larangan mengerjakan puasa di hari Jum’at saja.
- Hal itu boleh dilakukan apabila diiringi puasa sehari sebelum atau sesudahnya, atau karena bertepatan dengan puasa yang sudah biasa dikerjakan (misal Puasa Dawud, pent).
- Larangan puasa di dalam hadits ini dibawa menuju hukum makruh li tanzih (bukan haram) karena Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah berpuasa pada hari itu dalam rangkaian puasa yang biasa beliau lakukan. Beliau memberikan keringanan bolehnya berpuasa pada hari itu apabila diiringi dengan puasa sehari sebelum atau sesudahnya, seandainya larangan ini dibawa ke hukum haram niscaya tidak boleh puasa di hari itu sebagimana haramnya berpuasa di hari raya Idul Fithri dan Idul Adha (lihat Taisirul’Allaam juz I hal. 391).
Larangan Puasa di Hari Raya
Dari Abu ‘Ubaid maula Ibnu Azhar yang bernama Sa’ad bin ‘Ubaid,
beliau berkata: “Aku pernah menghadiri hari raya bersama ‘Umar bin
Khoththob rodhiyallohu ‘anhu dan beliau berkata dalam khotbahnya: Dua
hari raya ini dilarang oleh Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam
untuk mengerjakan puasa, yaitu hari kalian ber idul fithri dan hari
kalian menyembelih kurban.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Shoum no. 1990, kitab Al Adhoohi no. 5571, Muslim dalam kitab Shiyaam no. 1137, Abu Dawud no. 2416, At Tirmidzi dalam kitab Shoum no. 771, Ibnu Maajah dalam kitab Shiyaam no. 1772)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Diharamkan berpuasa pada hari raya Idul Fithri dan Idul Adha.
- Puasa pada dua hari itu tidak dianggap sebagai puasa sehingga hukumnya tidak sah apabila dilakukan, sama saja apakah karena qodho’ atau puasa sunnah, atau puasa nadzar.
- Hikmah larangan puasa pada hari itu adalah sebagaimana yang diisyaratkan dalam hadits: masuknya Idul Fithri adalah tanda berakhirnya bulan Romadhon maka hendaknya dibedakan dan supaya diketahui batas puasa wajib dengan merayakan Idul Fithri. Demikian pula beliau melarang puasa sehari atau dua hari sebelum Romadhon dalam rangka membedakan bulan puasa ini dengan bulan-bulan yang lainnya.
- Disunnahkan bagi khothib mengingatkan hukum-hukum yang terkait dengan kondisi pada saat dia berbicara dan hendaknya dia berusaha memilih tema-tema yang bersesuaian (Lihat Taisirul ‘Allaam juz I hal. 392).
Balasan Bagi Orang yang Berpuasa Ketika Berjihad Fii Sabiilillaah
Dari Abu Sa’id Al Khudri rodhiyallohu ‘anhu beliau berkata:
Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Barangsiapa
berpuasa sehari ketika berjihad di jalan Alloh niscaya Alloh akan
menjauhkan wajahnya dari apai neraka sejauh perjalanan 70 tahun.” (Hadits riwayat Al Bukhori dalam kitab Jihad no. 2840, Muslim dalam kitab Shiyaam 128,1153, At Tirmidzi dalam kitab Fadhooilul Jihad no. 1623, An Nasaa’i dalam kitab Shiyaam IV/173, Ibnu Maajah dalam kitab Shiyaam no. 1717)
Faedah yang bisa dipetik dari hadits di atas adalah:
- Keutamaan berpuasa di tengah suasana jihad fii sabiilillaah serta pahala agung yang akan diberikan atasnya.
- Disunnahkannya berpuasa ketika jihad dengan syarat tidak melemahkan kekuatan berjihad, apabila berpuasa justru membuatnya lemah maka disunnahkan baginya meninggalkan puasa karena jihad termasuk maslahat umum yang lebih luas cakupannya adapun puasa maslahatnya hanya terbatas pada diri orang yang berpuasa, karena semakin luas kemaslahatan yang terkandung dalam suatu ibadah maka itulah yang lebih utama (lihat Taisirul ‘Allaam juz I hal. 394).
Demikianlah beberapa buah hadits yang berkenaan dengan ibadah puasa
beserta faedah-faedah yang bisa dipetik darinya. Semoga bermanfaat. Alhamdulillaahilladzii bi ni’matihi tatimmu sholihaat.
Departemen Ilmiah Divisi Bimbingan Masyarakat
Lembaga Bimbingan Islam Al Atsary Jogjakarta
***
Penyusun: Abu Mushlih Ari Wahyudi
Artikel www.muslim.or.id Diarsipkan: www.faisalchoir.blogspot.comhttp://faisalchoir.blogspot.com/2011/05/puasa-menahan-diri-demi-menggapai-ridho.html