Sabtu, 18 Januari 2014

Kebaikan Menghapus Keburukan


Perbuatan-perbuatan baik dapat menghapus keburukan, berdasarkan firman Allah Ta’ala (yang artinya) “Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk” (Qs. Huud: 114)

Dan berdasarkan Hadist perbuatan baik akan menghapus perbuatan yang buruk. 
Dari Abu Dzar Jundub bin Junadah radhyallahu ‘anhum, bahwasannya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

اَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا 

“ … iringilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik maka kebaikan itu akan menghapuskan keburukan itu …”
(HR. At Tirmidzi no. 1978, Ahmad V/153 dan lainnya, hadits ini dihasankan oleh Syaikh Albani dalam Shahiihul Jaami’ no. 97)

Ini merupakan karunia Allah Subhanahu wa Ta’ala terhadap hamba-hamba-Nya, karena jika kita kembali kepada hitungan jumlah, niscaya kebaikan tidak akan menghapuskan keburukan kecuali diadakan proses timbangan. Padahal lafal hadits ini menunjukkan keumuman (tidak ada proses timbang-menimbang).


Siapakah diantara kalian melakukan 1500 keburukan dalam sehari..?
Allah Ta’ala berfirman,

مَن جَاء بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا وَمَن جَاء بِالسَّيِّئَةِ فَلاَ يُجْزَى إِلاَّ مِثْلَهَا وَهُمْ لاَ يُظْلَمُونَ

Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan)(QS Al An’am : 160)

Dari Ibnu Abbas radhyallahu ‘anhum., Rasulullah ShallallaHu alaiHi wa sallam bersabda,:
“Sesungguhnya Allah telah menetapkan kebaikan dan keburukan, kemudian Dia menjelaskannya. Barangsiapa yang berniat melakukan kebaikan dan ia belum melakukannya, maka Allah mencatatnya di sisi-Nya satu kebaikan penuh. Jika ia berniat melakukan kebaikan lalu melakukannya maka Allah mencatatnya di sisi-Nya 10 kebaikan hingga 700 kali lipat, bahkan hingga berkali – kali lipat banyaknya. Jika ia berniat melakukan keburukan dan belum melakukannya, maka Allah mencatatnya di sisi-Nya satu kebaikan penuh. Dan jika ia berniat melakukan keburukan lalu mengerjakannya, maka Allah mencatatnya sebagai satu keburukan”
(HR. Al Bukhari no. 6126, Muslim no. 131, Ahmad I/130 dan lainnya) ………. 

Maka mohon ampunlah kepada Allah Ta’ala jika melakukan suatu keburukan serta iringilah dengan perbuatan baik setelahnya yang akan menghapus keburukan tersebut. 

Dan dari penjelasan di atas maka dapat diambil suatu pelajaran bahwa sebuah kebaikan dapat menghapus 10 keburukan karena sebuah kebaikan dilipatgandakan pahalanya hingga 10 kali, 700 kali bahkan berlipat – lipat kali banyaknya.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
“Kalian bertakbir di akhir setiap shalat sebanyak sepuluh kali, bertahmid sepuluh kali dan bertasbih sepuluh kali, maka itu menjadi 150 pada lisan dan (bernilai) 1500 dalam timbangan”, kemudian beliau melanjutkan,

“Siapakah diantara kalian yang melakukan 1500 keburukan dalam sehari ?”

(HR. Abu Dawud no. 5065, At Tirmidzi no. 3410, Ibnu Majah no. 926 dan lainnya, hadits ini dishahihkan oleh Ibnu Hibban dalam Al Ihsaan no. 2012)

Alhamdulillahi rabbil 'alamin

Dari berbagai Sumber:
1. Syarah Hadits Arba’in, Imam Nawawi, Pustaka Ibnu Katsir.

2.Penjelasan Hadits Arba’in, Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, Pustaka Al Inabah, Bogor, Cetakan Pertama,Dzulhijjah 1426 H/Januari 2006 M