Minggu, 27 April 2014

Wahai Saudaraku, Janganlah Kalian Taqlid Buta..

Oleh: Ustadz Abu Humaid hafizhahullah

Al Humaidi berkata, “al Imam asy-Syafi’i menyebutkan hadits pada suatu hari, maka tiba-tiba ada seseorang yang bertanya kepada al-Imam asy Syafi’i,’Wahai Abu Abdillah, apakah engkau mengamalkan hadits itu?! Maka tiba-tiba al-Imam asy-Syafi’i gemetar tubuhnya lalu berkata, “Wahai seorang laki-laki, apakah kamu melihatku ini seorang Nasrani? Apakah kamu melihat aku keluar dari gereja? Apakah kamu melihat aku memakai ikat pinggang? Saya meriwatkan hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kenapa saya tidak mengamalkannya!”

ATSAR SHOHIH.
Dikeluarkan oleh al-Imam al-Baihaqi dalam Manaqib a-Syafi’i: 1/174 dan Abu Nu’aim dalam Hilyah al-Auliya’: 9/106, dari jalan al-Humaidi. Dan juga al-Imam as-Suyuthi menyampaikannya dalam Miftah al-Janah Fil I’thisom Bi Sunnah hal.16.

Fiqh Atsar
Atsar yang indah ini membantah dengan jelas terhadap orang-orang yang taklid buta kepada seorang imam tertentu atau taklid kepada madzhab ternteu. Jika datang kepada mereka hadits shohih maka mereka berpaling darinya seraya mengatakan, |”Kami berada diatas madzhabnya al-Imam asy-Syafi’i”, atau mereka mengatakan, “Kami berada di atas madzhabnya Abu Hanifah.”

Wahai kamu muslimin, inilah sikap al-Imam asy-Syafi’i, dia bergetar tubuhnya dan merasa aneh serta mengingkari terhadap seseorang laki-laki yang bertanya kepada beliau dengan pertanyaan, “Apakah engkau mengambil hadits yang telah engkau riwayatkan tersebut?!” Lihatlah dan perhatikanlah, wahai saudaraku sesama muslim, bagaimana al-Imam asy-Syafi’i membantah orang tersebut dengan memberikan permisalan terhadap orang yang meninggalkan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan tidak mengamalkannya dengan seorang yang Nasrani dan orang kafir dzimmi. Kita berlindung kepada Alloh dari kekufuran.

Maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah Rosul takut akan ditimpa cobaan atau ditimpa adzab yang pedih.” [QS.an-Nur [24]:63]

Supaya berfaedah maka disini akan kita sampaikan ucapan para imam empat yang masyhur, mudah-mudahan bisa menjadi renungan dan nasihat bagi orang yang taklid terhadap imam tertentu dan madzhab tertentu dengan taklid buta.

1. Ucapan al-Imam Abu Hanifah an-Nu’man bin Tsabit rahimahullah yang mengharuskan untuk mengambil hadits dan meninggalkan taklid kepada pendapat para ulama yang menyelisihi hadits tersebut.
Beliau mengatakan, “Apabila hadits itu shohih maka itulah madzhab saya.” Beliau juga mengatakan, “Tidaklah halal bagi seseorang untuk mengambil semua ucapan kita, selagi dia tidak mengetahui dari mana kita mengambil ucapan tersebut.” Dalam riwayat yang lain beliau mengatakan, “Haram bagi orang yang tidak mengetahui dalilku untuk berfatwa dengan ucapanku.”

2. Ucapan al-Imam Malik bin Anas rahimahullah
“Saya adalah seorang manusia bias, terkadang saya benar dan salah, maka lihatlah terhadap pendapatku kalau sesuai dengan al-Kitab dan as-Sunnah maka ambillah, jika menyelisihi al-Kitab dan as-Sunnah maka tinggalkanlah ucapan tersebut.”
“Tidaklah ada seseorang –setelah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam- kecuali akan diambil dan ditinggalkan ucapannya, kecuali Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

3. Ucapan al-Imam asy-Syafi’i rahimahullah
“Kaum muslimin telah bersepakat bahwa siapa saja yang telah jelas baginya sunnah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam maka tidaklah halal dia meninggalkan sunnah tersebut karena ucapan seseorang.”
“Jika kalian menjumpai pada kitab saya suatu pendapat yang menyelisihi sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam maka ucapkanlah dengan sunnah tersebut dan tinggalkanlah apa yang saya katakan.”

4. Ucapan Imam Ahmad rahimahullah
“Janganlah taklid kepada Malik, asy-Syafi’i, dan al-Auza’i serta ats-Tsauri, tetapi ambillah dari tempat mereka mengambil.”
“Pendapatnya al-Auza’i, pendapatnya Malik dan pendapatnya Abu Hanifah, maka semua itu hanya sekadar pendapat saja dan itu menurutku sama saja dengan pendapat yang lain. Yang dijadikan hujjad hanyalah atsar (hadits)
“Barangsiapa yang menolak hadits maka dia berada di jurang kehancuran.” (Lihat Ashlu Shifat Sholat Nabi karya Syaikh al-Albani: 1/23-32)

Sumber: Disalin ulang dari Majalah al Furqon No.112 Edisi 09 Th.ke-10 Robi’ul Akhir 1432 [Maret 2011] Hal.10-11

Sumber:http://alqiyamah.wordpress.com/2011/03/16/wahai-saudaraku-janganlah-kalian-taqlid-buta/