Minggu, 09 Februari 2014

BEBERAPA FATAWA ULAMA YAMAN

HUKUM MEMBACA AL-FATIHAH?
Ditanya Fadhilatusy Syaikh Muhammad bin ‘Abdillah al-Imam hafizhahullahu dengan pertanyaan berikut :
ما حكم القراءة للمأموم في الصلاة الجهرية ؟
“Apa hukum membaca (surat al-Fatihah, pent) bagi seorang makmum ketika sholah Jahriyah?”

الصحيح من أقوال العلماء أنه يجب عليه قراءة الفاتحة لما في الصحيحين عن عبادة بن الصامت قال : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : (لا صلاة لمن لم يقرأ بفاتحة الكتاب) وهذا عام يشمل الإمام والمأموم ويشمل الصلاة الجهرية والسرية . ولما في مسلم عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : (من لم يقرأ بفاتحة الكتاب فصلاته خداج غير تمام) . ولما روي أبو يعلي عن أنس قال : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : (أتقرؤون خلف الإمام والإمام يقرأ ؟ فقالوا : إنا لنفعل . قال : لا تفعلوا ليقرأ أحدكم بفاتحة الكتاب في نفسه) وسنده حسن . وأما ما رواه مسلم أن رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم قال : (وإذا قرأ فأن فأنصتوا) فقد أعلها بعض الحفاظ بالشذوذ . وأيضاً هذا عام خصه الأحاديث السابقة الدالة على قراءة الفاتحة .
Syaikh hafizhahullah menjawab : 
“Yang benar dari pendapat para ulama adalah wajib bagi seorang makmum membaca al-Fatihah sebagaimana hadits di dalam Shahihain dari ‘Ubadah bin Shamit -radhiyallahu ‘anhu-, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Alihi wa Salam bersabda : “Tidak ada sholat bagi yang tidak membaca surat al-Fatihah.” Hadits ini umum, mencakup imam maupun makmum dan mencakup sholat jahriyah maupun siriyah. Dan Sebagaimana hadits riwayat Muslim dari Abu Hurairoh radhiyallahu ‘anhu berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Alihi wa Salam bersabda : “Barangsiapa yang tidak membaca surat al-Fatihah maka sholatnya kurang tidak sempurna.” Sebagaimana pula diriwayatkan oleh Abu Ya’la dari Anas yang berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Alihi wa Salam bersabda : “Apakah kalian membaca di belakang imam sedangkan imam sedang membaca?” Para sahabat menjawab : “(Iya) sesungguhnya kami melakukannya.” Lalu Nabi bersabda : “Janganlah kalian melakukannya, hendaklah tiap-tiap kalian membaca al-Fatihah sendiri-sendiri.” Dan sanad hadits ini hasan. Adapun yang diriwayatkan oleh Muslim bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Alihi wa Salam bersabda : “Apabila (imam) membaca maka kalian hendaklah diam.” Sebagian huffazh mencacat hadits ini dengan (menilainya sebagai hadits) syadz, dan juga hadits ini umum, dikhususkan dengan hadits-hadits sebelumnya yang menunjukkan akan dibacanya al-Fatihah.”
HUKUM BERAMAL DENGAN HADITS DHA’IF
Ditanya Fadhilatusy Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab al-Washobi hafizhahullahu dengan pertanyaan berikut :
سائل يقول: ما حكم العمل بالحديث الضعيف ؟
“Apa hukumnya beramal dengan hadits dha’if?”
Syaikh hafizhahullah menjawab :
الجواب: كما تعلمون أن الحديث ينقسم إلى ثلاثة أقسام : صحيح ، حسن ، ضعيف وأن الصحيح ينقسم إلى قسمين صحيح لذاته ، وصحيح لغيره، وأن الحسن ينقسم كذلك إلى قسمين حسن لذاته ، وحسن لغيره ، وأن الضعيف أيضاً ينقسم إلى قسمين إلى ضعيف ، وإلى ضعيف جداً ، فالصحيح لذاته والصحيح لغيره والحسن لذاته والحسن لغيره كل هذه يعمل بها ويحتج بها، يبقى موضوع الضعيف أما الضعيف جداً فهذا لا يعمل به ولا يحتج به والضعيف إذا شُدّ بضعيف آخر فارتقى إلى درجة الحسن لغيره إذا وجد ما يشهد له ما يعضده فإن الضعيف معناه أن ضعفه منجبر بخلاف لو كان ضعيف جداً ضعفه ما ينجبر فإذا وجد للضعيف ما يشهد له شاهد أو متابع فحينئذ يكون ضعيفاً لذاته ويكون حسناً لغيره فيرتقي فيعمل به لأنه حسن لغيره وإذا لم يجد ما يعضده فيبقى على ما هو عليه ضعيف لا يحتج به .
”Sebagaimana yang kalian fahami, bahwa hadits itu terbagi menjadi tiga macam : shahih, hasan dan dha’if. Shahih sendiri terbagi menjadi dua yaitu shahih lidzaatihi dan shahih lighoirihi. Hasan juga terbagi menjadi dua yaitu hasan lidzaatihi dan hasan lighoirihi. Dha’if sendiri juga ada dua macam, yaitu dha’if dan dha’if jiddan (lemah sekali). Hadits yang shahih lidzatihi, shahih lighoirihi, hasan lidzatihi dan hasan lighoirihi semuanya diamalkan dan berhujjah dengannya. Tersisa sekarang pembahasan dha’if, adapun dha’if jiddan maka tidak boleh diamalkan dan berhujjah dengannya. Hadist dha’if apabila diperkuat dengan hadits dha’if lainnya dapat terangkat kepada status hasan lighoirihi dan apabila terdapat hadits yang menjadi syahid yang menguatkannya, karena sesungguhnya hadits dha’if itu bermakna bahwa kedhaifannya dapat menjadi pulih kembali, berkebalikan dengan hadits dha’if jiddan yang kedha’ifannya tidak dapat pulih kembali. Apabila hadits dha’if memiliki syahid atau mutabi’ (penyerta) yang memperkuatnya maka saat itu (dapat) menjadi hadits dha’if lidzatihi dan hasan lighoirihi lalu terangkat statusnya maka diamalkan dikarenakan statusnya adalah hasan lighoirihi, dan apabila tidak terdapat hadits yang menguatkannya maka hadits itu tetap atas kedha’ifannya dan tidak dapat berhujjah dengannya.”
HUKUM SHOLAT GHAIB
Ditanya Syaikh Muhammad bin ’Abdillah al-Imam hafizhahullahu :
ما حكم الصلاة على الغائب ؟
”Apa hukum sholat ghaib?”
Syaikh menjawab :
الصحيح من أقوال العلماء أنه يستحب الصلاة على الغائب بشرط يعلم أنه لم يصل عليه في الديار التي مات فيها كصلاته عليه الصلاة والسلام على النجاشي حين مات بالحبشة كما في الصحيحين . وذلك لأنه كان بديار كفر ولم يؤثر عن الرسول صلى الله عليه وآله وسلم أنه صلى على غيره صلاة الغائب ممن مات خارج المدينة.
”Yang benar dari pendapat para ulama adalah disunnahkan sholat ghaib dengan syarat ia mengetahui bahwasanya orang yang mati di suatu negeri belum disholati sebagaimana sholatnya Nabi ’alahi Sholatu wa Salam terhadap Najasyi (Negus) ketika wafat di Habasyah (Abessinia) sebagaimana termaktub dalam Shahihain. Hal ini dikarenakan Najasyi berada di negeri kafir dan belum pernah dilaporkan dari Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Ali wa Salam bahwasanya beliau mensholati selain Najasyi dengan sholat ghaib terhadap orang yang meninggal di luar Madinah.”


BAGAIMANA PERIHAL SYU’AIB AL-ARNA’UTH?
Ditanya Syaikh Muhammad bin ’Abdil Wahhab al-Washobi hafizhahullahu dengan pertanyaan berikut :
السائل يقول: ما حال شعيب الأرنأووط؟ وهل يؤخذ بحكمه على الأحاديث بالصحة أو الضعف؟
”Bagaimana perihal Syu’aib al-Arna`uth? Apakah diterima penghukuman beliau kepada hadits-hadits akan keshahihan dan kedha’ifannya?
الجواب: تحقيقاته في الجملة طيبة ويؤخذ بما يحكم به على الحديث صحة وضعفا ، إلا إذا تأكدت أنه في حديث أخطأ فيه فتأخذ بالصحيح لكن إذا لم تجد إلا قوله فلا بأس أن تأخذ به وقد سئل عنه شيخنا مقبل رحمة الله عليه فأفتى بمثل هذا أنه يستفاد من تحقيقاته وأنها في الجملة طيبة إلا فيما يتعلق بموضوع العقيدة فهو منتقد في العقيدة أما من حديث التحقيق والتخريج والحكم على الأحاديث فيشكر على ذلك ونسأل الله أن يهدينا وإياه وجميع المسلمين.
Tahqiq (penelitian) beliau secara umum adalah baik dan boleh diterima penghukumannya terhadap hadits shahih dan tidaknya, kecuali apabila anda menguatkan bahwasanya beliau di dalam suatu hadits telah keliru maka ambillah yang shahih, namun apabila anda tidak menemukan suatu pendapat kecuali hanya pendapatnya, maka tidaklah mengapa mengambil pendapatnya. Guru kami Syaikh Muqbil rahmatullahu ’alayhi pernah ditanya tentangnya (Syu’aib al-Arna`uth) dan beliau menfatwakan yang semisal dengan jawabanku ini, yaitu boleh memetik faidah dari penelitian-penelitian beliau dan bahwasanya beliau ini secara global adalah baik kecuali di dalam masalah yang berkaitan dengan aqidah, dia dikritik dalam masalah aqidah. Adapun dari segi tahqiq (penelitian), takhrij dan penghukuman atas hadits-hadits, beliau bersyukur atasnya. Semoga Alloh memberikan kita dan beliau petunjuk juga terhadap seluruh kaum muslimin.”


APAKAH KHOMR NAJIS?
Ditanya Fadhilatusy Syaikh Muhammad bin ’Abdillah al-Imam hafizhahullahu :
هل الخمــر نجـس ؟
”Apakah khomr itu najis?”
Beliau hafizhahullahu menjawab :
الصحيح من أقوال العلماء أنه طاهر وليس بنجس فقد ذكره الله سبحانه وتعالى مقروناً بالأنصاب والأزلام والميسر وهي طاهرة بلا خلاف . ولما في الصحيحين عن أنس أنها لما حرمت الخمر أهريقت بالأسواق وأسواق المسلمين ليست للنجاسات . وفي مسلم في إراقة الأعرابي الخمر بحضرة رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم وبين يديه .
”Yang benar dari pendapat para ulama bahwa khomr itu suci tidak najis. Alloh Subhanahu wa Ta’ala telah menyebutkan khomr bergandengan dengan al-Anshab (berkorban untuk berhala), al-Azlam (mengundi dengan panah) dan al-Maysir (berjudi) dan kesemuanya ini adalah suci tanpa diperselisihkan lagi. Dan apa yang dijelaskan di dalam Shahihain dari Anas bahwasanya tatkala khomr diharamkan ditumpahkan di pasar-pasar sedangkan pasar-pasar kaum muslimin tidaklah najis. Di dalam riwayat Muslim tentang seorang A’robi (Arab badui) yang menumpahkan khomr di hadapan Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam dan khomr pada saat itu ada di tangannya [Maksudnya, apabila khomr itu najis niscaya Rasulullah akan mengingkari si Badui tersebut, pent.].”
BOLEHKAH SHOLAT JUM’AT TANPA MANDI?
Ditanya Fadhitusy Syaikh Muhammad bin ’Abdil Wahhab al-Washobi hafizhahullahu :
سائل يقول : هل يجوز صلاة الجمعة بدون غسل ؟
”Bolehkah sholat Jum’at tanpa mandi?”
Syaikh hafizhahullahu menjawab :
يجوز لكن الأفضل أن تغتسل فقد جاءت جملة أحاديث تأمر بغسل يوم الجمعة ومن أهل العلم من يقول بوجوبه والجمهور جمهور أهل العلم على استحبابه فالأفضل أن تحافظ عليه لكن لو حصل أنك صليت جمعة بدون غسل وقد تؤضأت فصلاتك صحيحة إن شاء الله إذا أديتها بأركانها وشروطها وواجباتها.
”Boleh, tapi yang lebih afdhal hendaknya anda mandi dulu. Telah datang sejumlah hadits yang memerintahkan untuk mandi pada hari Jum’at, dan sejumlah ulama adalah yang berpendapat akan kewajibannya. Adapun jumhur ulama, mereka berpendapat akan sunnahnya. Yang afdhal adalah menjaga mandi. Akan tetapi apabila terjadi pada anda sholat Jum’at tanpa mandi dan anda telah berwudhu’, maka sholat anda tetap sah insya Alloh selama anda tetap memenuhi rukun-rukun, syarat-syarat dan kewajiban-kewajibannya.”
Dialihbahasakan oleh Abu Salma al-Atsari
Dari Mauqi’ ‘Ulama ad-Da’wah as-Salafiyyah fil Yaman – www.olamayemen.com