Oleh:Ustadz Arif Fathul Ulum bin Ahmad Saifullah
Ittiba’ (mengikuti) kebenaran adalah kewajiban setiap manusia 
sebagaimana Alloh wajibkan setiap manusia agar selalu ittiba’ kepada 
wahyu yang diturunkan oleh Alloh kepada Rasul-Nya. Alloh jadikan wahyu 
tersebut sebagai petunjuk bagi manusia di dalam kehidupannya.
Tidak ada yang membangkang kepada perintah Alloh tersebut kecuali 
orang-orang yang taqlid kepada nenek moyangnya atau kebiasaan yang 
berlaku di sekelilingnya atau hawa nafsunya yang mengajak untuk 
membangkang dari perintah AlIoh. Mereka tolak datangnya kebenaran karena
 taqlid.
Tidak ada satu pun kesesatan kecuali disebabkan taqlid kepada kebatilan 
yang diperindah oleh iblis sehingga tampak sebagai kebenaran. Inilah 
sebab kesesatan setiap kaum para rasul yang menolak dakwah para rasul. 
IniIah sebab kesesatan orang-orang Nashara yang taqlid kepada 
pendeta-pendeta dan rahib-rahib mereka. Inilah sebab kesesatan setiap 
kelompok ahli bid’ah yang taqlid kepada pemikiran-pemikiran sesat dan 
gembong-gembong mereka.
Para pengikut kesesatan ini menggunakan segala cara untuk mempertahankan
 kesesatan mereka sekaligus mengajak orang-orang selain mereka kepada 
jalan mereka. Mereka sebarkan syubhat bahwa orang yang ittiba’ kepada 
manhaj para ulama adalah taqlid kepada ulama. Mereka campur adukkan 
antara taqlid dan ittiba’.
Jika mereka diseru untuk meninggalkan taqlid kepada pemikiran para 
pemimpin kesesatan mereka, mereka balik membantah, “Wahai para 
Salafiyyun kalian jugataqlid kepada para ulama kalian!”
Inilah jalan setiap pemilik kesesatan dari masa ke masa, mereka 
gabungkan antara kebatilan dengan kebenaran, mereka kaburkan garis 
pemisah antara keduanya. 
Dengan memhon Taufiq dari Alloh pada pembahasan kali ini kami 
ketengahkan kepada pembaca beberapa perbedaan yang mendasar antara 
taqlid dan ittiba’ agar kita bisa memahaminya dengan benar, dan 
sekaligus -bi’idznillah-bisa menepis syubhat para pemilik kebatilan 
dalam masalah ini.
DEFINISI TAQLID
Taqlid secara bahasa adalah meletakkan “al-qiladatun” (kalung) ke leher.
 Dipakai juga dalam hal menyerahkan perkara kepada seseorang seakan-. 
akan perkara tersebut diletakkan di lehernya seperti kalung. [Lisanul 
Arab 3/367 dan Mudzakkirah Ushul Fiqh hal.3 14]
Adapun taqlid menurut istilah adalah mengikuti perkataan yang tidak ada 
hujjahnya sebagaimana dikatakan oleh Al-Imam Abu Abdillah bin Khuwaiz 
Mindad [Jami’ Bayanil Ilmi waAhlihi 2/993 dan l’lamul Muwaqqi’in 2/178]
Ada juga yang mengatakan bahwa taqlid adalah mengikuti perkataan orang 
lain tanpa mengetahui dalilnya. [Mudzakkirah Ushul Fiqh hal. 3 14]
CELAAN TERHADAP TAQLID
Alloh Subhanahu wa Ta’ala telah mencela taqlid dalam Kitab-Nya, Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman.
“Artinya : Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai rabb selain Allah” [AtTaubah :31]
Ketika Adi bin Hatim Radhiyallahu ‘anhu mendengar Rasulullah Shallallahu
 ‘alaihi wa salam membaca ayat Ini maka dia mengatakan, “Wahai 
Rasulullah, kami dulu tidak menjadikan mereka sebagai rabb rabb.” 
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ya, Bukankah jika 
mereka halalkan kepada kalian apa yang diharamkan atas kalian maka 
kalian juga menghalalkannya, dan jika mereka haramkan apa yang 
dihalalkan atas kalian maka kalian juga mengharamkannya?” Adi 
Radhiyallahu ‘anhu berkata, “Ya.” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa 
sallam bersabda, “ltulah peribadatan kepada mereka” [Diriwayatkan oleh 
Tirmidzi dalam Jami’ nya 3095 dan Baihaqidalam Sunan Kubra 10/116 dan 
dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Ghayatul Maram hal.20]
Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman.
“Artinya : Dan demikianlah, Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang 
pemberi peringatan pun dalam suatu negeri, melainkan orang-orang yang 
hidup mewah di negeri itu berkata: “Sesungguhnya kami mendapati 
bapak-bapak kami menganut suatu agama dan sesungguhnya kami adalah 
pengikut jejak-jejak mereka.” (Rasul itu) berkata: ‘Apakah (kamu akan 
mengikutinyajuga) sekalipun aku membawa untukmu (agama) yang lebih 
(nyata) memberi petunjuk daripada apa yang kamu dapati bapak-bapakmu 
menganutnya?” Mereka menjawab: “Sesungguhnya kami mengingkari agama yang
 kamu diutus untuk menyampaikannya” [Az-Zukhruf : 23-24]
Al-Imam lbnu Abdil Barr rahimahullahu berkata, “Karena mereka taqlid 
kepada bapak-bapak mereka maka mereka tidak mau mengikuti petunjuk para 
Rasul” [Jami’ Bayanil Ilmi wa Ahlihi 2/977]
Alloh menyifati orang-orang yang taqlid dengan firman-Nya.
“Artinya : Sesungguhnya binatang (makhluk) yang seburuk-buruknya pada 
sisi Allah ialah orang-arang yang pekak dan tuli yang tidak mengerti 
apa-apa pun” [Al-Anfal : 22]
“Artinya : Ketika orang-orang yang diikuti itu berlepas diri dan 
orang-orang yang mengikutinya, dan mereka melihat siksa; dan (ketika) 
segala hubungan antara mereka terputus sama sekali” [Al-Baqarah : 166]
Al-Imam Ibnu Abdil Barr berkata, “Para ulama berargumen dengan ayat-ayat
 mi untuk membatalkan taqlid” [Jami’ Bayanil Ilmi wa Ahlihi 2/978]
WAJIBNYA ITTIBA’
Ittiba’ adalah menempuh jalan orang yang (wajib) diikuti dan melakukan apa yang dia lakukan. [I’Iamul Muwaqqi’in 2/171]
Seorang muslim wajib ittiba’ kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa 
sallam dengan menempuh jalan yang beliau tempuh dan melakukan apa yang 
beliau lakukan. Begitu banyak ayat Al-Qur’an yang memerintahkan setiap 
muslim agar selalu ittiba’ kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa 
sallam di antaranya firman Alloh.
“Artinya : Katakanlah: “Taatilah Allah dan Rasul-Nya; jika kamu 
berpaling, makasesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir” [Ali
 lmran : 32]
“Artinya : Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah
 dan Rasul-Nya dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha 
Mendengar lagi Maha Mengetahui” [Al-Hujurat : 1]
“Artinya : Hal orang-arang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah 
Rasul(Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan 
pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah Ia kepoda Allah (AlQur ‘an)
 dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan 
hari kemudian Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik 
akibatnya” [An-Nisa :59].
“Artinya : Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintal Alloh, 
ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. “Alloh
 Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” [Ali lmran :31]
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.
“Artinya : Demi Dzat yang jiwaku di tangan-Nya seandainya Musa hidup 
maka tidak boleh baginya kecuali mengikutiku” [Dikeluarkan oleh Abdur 
Razzaq dalamMushannafnya 6/Fl 3, lbnu Abi Syaibah dalam Mushannafnya 
9/47, Ahmad dalam Musnadnya 3/387, dan lbnu Abdil Barr dalam Jami’ Bayan
 Ilmi 2/805, Syaikh Al-Albani berkata dalam Irwa’ 6/34, “Hasan”]
Syaikh Al-Albani rahimahullahu berkata, “Jika Musa Kalimullah tidak 
boleh ittiba’ kecuali kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam 
bagaimana dengan yang lainnya? Hadits ini merupakan dalil yang qath‘i 
atas wajibnya mengesakan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam dalam hal 
ittiba’, dan ini merupakan konsekuensi syahadat ‘anna Muhammadan 
rasulullah”, karena itulah Alloh sebutkan dalam ayat di atas (Ali lmran :
 31) bahwa ittiba’ kepada Rasulullah bukan kepada yang lainnya adalah 
dalil kecintaan Alloh kepadanya” [Muqaddimah Bidayatus Sul fi Tafdhili 
Rasul hal.5-6]
Demikian juga Alloh memerintahkan setiap muslim agar ittiba’ kepada 
sabilil mukminin yaitu jalan para sahabat Rasulullah dan mengancam 
dengan hukuman yang berat kepada siapa saja yang menyeleweng darinya:
“Artinya : Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudahjelas kebenaran 
baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami 
biarkan Ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan 
Kami masukkan Ia ke dalam jahanam, dan jahannam itu seburuk-buruk tempat
 kembali”. [An-Nisa’: 115]
Pengertian lain dari ittiba’ adalah jika engkau mengikuti suatu 
perkataan seseorang yang nampak bagimu keshahihannya sebagaimana 
diktakan oleh Al-Imam Ibnu Abdil Barr dalam kitabnya Jami’ Bayanil Ilmi 
wa Ahlihi 2/787.
Al-Imam Asy-Syafi’i berkata, “Aku tidak pernah mendebat seorang pun 
kecuali aku katakan: Ya Alloh jalankan kebenaran pada hati dan lisannya,
 jika kebenaran bersamaku maka dia ittiba’ kepadaku dan jika kebenaran 
bersamanya maka aku ittiba’ padanya” [Qawa’idul Ahkam fi Mashalihil Anam
 oleh Al-’Izz bin Abdis Salam 2/I 36]
TAQLID BUKANLAH ITTIBA’
Al-Imam lbnu Abdil Barr berkata, “Taqlid menurut para ulama bukan 
ittiba, karena ittiba’ adalah jika engkau mengikuti perkataan seseorang 
yang nampak bagimu keshahihan perkataannya, dan taqlid adalah jika 
engkau mengikuti perkataan seseorang dalam keadaan engkau tidak tahu 
segi dan makna perkataannya” [Jami’ Bayanil Ilmi waAhlihi 2/787]
Abu Abdillah bin Khuwaiz Mindad berkata, “Taqlid maknanya dalam syari‘at
 adalah merujuk kepada suatu perkataan yang tidak ada argumennya, ini 
adalah dilarang dalam syari’at, adapun ittiba maka adalah yang kokoh 
argumennya”.
Beliau juga berkata, “Setiap orang yang engkau ikuti perkataannya tanpa 
ada dalil yang mewajibkanmu untuk mengikutinya maka engkau telah taqlid 
kepadanya, dan taqlid dalam agama tidak shahih. Setiap orang yang dalil 
mewajibkanmu untuk mengikuti perkataannya maka engkau ittiba’ kepadanya.
 Ittiba’ dalam agama dibolehkan dan taqlid dilarang” [Dinukil oleh Ibnu 
Abdil Barr dalam kmtabnya Jami’ Bayanil Ilmi waAhlihi 2/993]
PARA IMAM MELARANG TAQLID DAN MEWAJIBKAN ITTIBA’
Diantara hal lain yang menunjukkan perbedaan yang mendasar antara taqlid
 dan ittiba’ adalah larangan para imam kepada para pengikutnya dan 
taqlid dan perintah mereka kepada para pengikutnya agar selalu ittiba’:
Al-Imam Abu Hanifah berkata, “Tidak halal atas seorangpun mengambil 
perkataan kami selama dia tidak tahu dari mana kami mengambilnya” Dalam 
riwayat lain beliau berkata, “Orang yang tidak tahu dalilku, haram 
atasnya berfatwa dengan perkataanku” [Dinukil oleh Ibnu Abidin dalam 
Hasyiyahnya atas Bahru Raiq 6/293 dan Sya’ rany dalam Al-Mizan 1/55]
Al-Imam Malik berkata : “Sesungguhnya aku adalah manusia yang bisa benar
 dan keliru. Lihatlah pendapatku, setiap yang sesuai dengan Kitab dan 
Sunnah maka ambillah, dan setiap yang tidak sesual dengan Kitab dan 
Sunnah maka tinggalkanlah” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abdil Barr dalam 
Al-Jami’ 2/32]
Al-Imam Asy-Syafi’i berkata, “Jika kalian menjumpai sunnah Rasulullah 
Shallallahu alaihi wa sallam , ittiba’lah kepadanya, janganlah kalian 
menoleh kepada perkataan siapapun” [Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam 
Hilyatul Auliya’ 9/107 dengan sanad yang shahih]
Beliau juga berkata, “Setiap yang aku katakan, kemudian ada hadits 
shahih yang menyelisihinya, maka hadits Nabi , lebih utama untuk 
diikuti. Janganlah kalian taqlid kepadaku”. [Diriwayatkan olehAbu Hatim 
dalamAdab Syafi’i hal.93 dengan sanad yang shahih]
Al-Imam Ahmad berkata, “Janganlah.engkau taqlid dalam agamamu kepada 
seorangpun dari mereka, apa yang datang dari Nabi dan para sahabatnya 
ambillah” Beliau juga berkata, “Ittiba’ adalah jika seseorang mengikuti 
apa yang datang dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para 
sahabatnya” [Masa’iI Al-Imam Ahmad oleh Abu Dawud hal.276- 277]
ITTIBA ADALAH JALAN AHLI SUNNAH DAN TAQLID ADALAH JALAN AHLI BID’AH
Al-Imam Ibnu Abil ‘Izz Al Hanafy berkata, “Umat ini telah sepakat bahwa 
tidak wajib taat kepada seorangpun dalam segala sesuatu kecuali kepada 
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam …makà barangsiapa yang ta’ashub
 (fanatik) kepada salah seorang imam dan mengesampingkan yang lainnya 
seperti orang yang ta’ashub kepada seorang sahabat dan mengesampingkan 
yang lainnya, seperti orang-orang Rafidhah yang ta’ashub kepada Ali dan 
mengesampingkan tiga khalifah yang lainnya. ini jalannya ahlul ahwa” 
[Al-Ittiba’ cet. kedua hal. 80]
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, “Barangsiapa yang ta’ ashub kepada
 seseorang, dia kedudukannya seperti orang-orang Rafidhah yang ta’ashub 
kepada salah seorang sahabat, dan seperti orang-orang Khawarij. ini 
adalah jalan ahli bid’ ah dan ahwa’ yang mereka keluar dan syari’at 
dengan kesepakatan umat dan menurut Kitab dan Sunnah ... yang wajib 
kepada semua makhluk adalah ittiba’ kepada seorang yang ma’shum (yaitu 
Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam) yang tidak mengucap dan hawa 
nafsunya, yang dia ucapkan adalah wahyu yang diturunkan kepadanya” 
[Mukhtashar Fatawa Mishniyyah hal.46-47]
BANTAHAN PARA ULAMA KEPADA PEMBELA TAQLID
Al-Imam Al-Muzani berkata, “Dikatakan kepada orang yang berhukum dengan 
taqlid, Apakah kamu punya hujjah pada apa yang kamu hukumi?’ Jika dia 
mengatakan,‘Ya’, secara otomatis dia membatalkan taqlidnya, karena 
hujjah yang mewajibkan dia menghukumi itu bukan taqlidnya”.
Jika dia mengatakan, “Aku menghukumi tanpa memakai hujjah.” Dikatakan 
kepadanya, “Kalau begitu mengapa engkau tumpahkan darah, engkau halalkan
 kemaluan, dan engkau musnahkan harta padahal Alloh mengharamkan semua 
itu kecuali dengan hujjah, Alloh berfirman:
“Artinya : Kamu tidak mempunyai hujjah tentang ini”. [Yunus : 68]
Kalau dia mengatakan, “Aku tahu kalau aku menepati kebenaran walaupun 
aku tidak mengetahui hujjah, karena aku telah taqlid kepada seorang 
ulama besar yang dia tidak berkata kecuali dengan hujjah yang 
tersembunyi dariku” Dikatakan kepadanya, “Jika dibolehkan taqlid kepada 
gurumu karena dia tidak berkata kecuali dengan hujjah yang tersembunyi 
darimu, maka taqlid kepada guru dan gurumu lebih utama karena dia tidak 
berkata kecuali dengan hujjah yang tersembunyl dari gurumu sebagaimana 
gurumu tidak berkata kecuali dengan hujjah yang tersembunyi darimu.” 
Kalau dia mengatakan, “Ya”, maka dia harus meninggalkan taqlid kepada 
guru dari.gurunya dan yang di atasnya hingga berhenti kepada para 
sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Kalau dia enggan melakukan itu berarti dia telah membatalkan ucapannya 
dan dikatakan kepadanya, “Bagaimana dibolehkan taqlid kepada orang yang 
lebih kecil dan lebih sedikit ilmunya dan tidak boleh taqlid kepada 
orang yang lebih besar dan lebih banyak ilmunya? ini jelas menupakan 
kontradiksi.”
Kalau dia mengatakan, “Karena guruku -meskipun dia lebih kecil- dia 
telah menggabungkan ilmu orang-orang yang di atasnya kepada ilmunya, 
karena itu dia lebih paham apa yang dia ambil dan lebih tahu apa yang 
dia tinggalkan” Dikatakan kepadanya, “Demikian juga orang yang belajar 
dari gurumu maka dia sungguh telah menggabungkan ilmu gurumu dan ilmu 
orang-orang yang di atasnya kepada ilmunya, maka engkau harus taqlid 
kepada orang ini dan meninggalkan taqlid kepada gurumu. Demikian juga 
engkau lebih berhak untuk taqlid kepada dirimu sendiri daripada taqlid 
kepada gurumu! Jika dia tetap pada perkataannya ini berarti dia 
menjadikan orang yang lebih kecil dan orang yang berbicara dari para 
ulama yunior lebih pantas ditaqlidi daripada para sahabat Rasulullah 
Shallallahu alaihi wa sallam. Demikian juga menurut dia seorang sahabat 
harus taq lid kepada seorang tabi’in, dalam keadaan seorang tabi’ in di 
bawäh sahabat menurut analogi perkataannya, maka yang lebih tinggi 
selamanya lebih rendah, maka cukuplah ini merupakan kejelekan dan 
kerusakan” [Diriwayatkan oleh Al-Khathib Al-Baghdady dalam Al-Faqih wal 
Mutafaqqih 2/69-70 dan dinukil oleh lbnu Abdil Barr dalam Jami’ Bayanil 
Ilmi wa Ahlihi 2/992-993]
Al-Imam Ibnu Abdil Barr berkata, “Dikatakan kepada orang yang taqlid: 
Mengapa engkau taqlid dan menyelisihi salaf dalam masalah ini, karena 
salaf tidak melakukan taqlid?” Kalau dia mengatakan, “Aku taqlid karena 
aku tidak paham tafsir Kitabullah dan aku belum menguasai hadits 
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam . Sedangkan yang aku taqlidi 
telah mengetahui semuanya itu maka berarti aku taqlid kepada orang yang 
lebih berilmu daripadaku”
Dikatakan kepadanya, “Adapun para ulama, jika mereka sepakat pada 
sesuatu dan tafsir Kitabullah atau periwayatan Sunnah Rasulullah 
Shallallahu ‘alaihi wa sallam, atau sepakat pada sesuatu maka itu adalah
 al-haq yang tidak ada satu pun keraguan di dalamnya. Akan tetapi mereka
 telah berselisih dalam hal yang kamu taqlidi, lalu apa argumenmu di 
dalam taqild kepada sebagian mereka tidak kepadã yang lainnya, padahal 
mereka semua berilmu. Bisa jadi orang yang tidak kamu pakai perkataanya 
lebih berilmu daripada orang yang engkau taqlidi?”
Jika dia mengatakan, “Aku taqlid kepadanya karena aku tahu dia di atas 
kebenaran.” Dikatakan kepadanya, “Apakah kamu tahu hal itu dengan dalil 
dari Al-Kitab, Sunnah, dan ijma’?”Jika dia mengatakan, “Ya”, maka dia 
telah membatalkan taqlidnya dan dituntut untuk mendatangkan dalil dan 
perkataannya” [Jami’ Bayanil Ilmi wa Ahlihi 2/994]
HUKUM TAQLID
Taqlid terbagi menjadi tiga macam sebagaimana dikatakan oleh Al-Imam 
lbnul Qayyim dalam kitabnya i’lamul Muwaqqi’in 2/187: (1) Taqlid yang 
diharamkan, (2) Taqlid yang diwajibkan, dan (3) Taqlid yang dibolehkan.
Macam yang pertama yaitu taqlid yang diharamkan terbagi menjadi tiga jenis:
[a]. Taqlid kepada perkataan nenek moyang sehingga berpaling dari apa yang diturunkan Alloh.
[b]. Taqlid kepada orang yang tidak diketahui bahwa dia pantas diambil perkataannya.
[c]. Taqlid kepada perkataan seseorang setelah tegak argumen dan dalil yang menyelisihi perkataannya.
Alloh Subhanahu wa Ta’ala‘telah mencela tiga macam taqlid ini di dalam 
ayat-ayat yang banyak sekali dalam Kitab-Nya sebagaimana telah kita 
sebutkan pada uraian di atas.
Macam yang kedua yaitu taqlid yang diwajibkan adalah yang dikatakan oleh
 Al-Imam lbnul Qayyim, “SesungguhnyaAlloh telah memerintahkan agar 
bertanya kepada Ahlu Dzikr, dan Adz-Dzikr adalah Al-Qur’an dan Al-Hadits
 yang Alloh perintahkan agar para istri Nabi-Nya selalu mengingatnya 
sebagaimana dalam finman-Nya :
“Artinya : Dan ingatlah apa yang dibacakan di rumahmu dan ayat-ayat Alloh dan hikmah (Sunnah Nabimu)”[Al-Ahzab:34]
lnilah Adz-Dzikr yang Alloh penintahkan agar kita selalu ittiba’ 
kepadanya, dan Alloh perintahkan orang yang tidak memiliki ilmu agar 
bertanya kepada ahlinya. Inilah yang wajib atas setiap orang agar 
bertanya kepada ahli ilmu tentang Adz-Dzikr yang Alloh turunkan kepada 
Rasul-Nya agar ahli ilmu ini memberitahukan kepadanya. Kalau dia sudah 
diberitahu tentang Adz-Dzikr ini maka tidak boleh baginya kecuali 
ittiba’ kepadanya” [l’lamul Muwaqqi’in 2/241]
Macam yang ketiga yaitu taqlid yang dibolehkan adalah yang dikatakan 
oleh Al-Imam lbnul Qayyim, “Adapun taqlidnya seorang yang sudah 
mengerahkan usahanya untuk ittiba’ kepada apa yang diturunkan Alloh. 
Hanya saja sebagian darinya tensembunyi bagi orang tersebut sehingg dia 
taqlid kepada orang yang lebih berilmu darinya, maka yang seperti ini 
adalah terpuji dan tidak tencela, dia mendapat pahala dan tidak 
berdosa....” [I’lamul Muwaqqi’ in 2/169]
Syaikhul Islam lbnu Taimiyah berkata, “Adapun orang yang mampu ijtihad 
apakah dibolehkan baginya taqlid? ini adalah hal yang diperselisihkan, 
dan yang shahih adalah dibolehkan ketika dia dalam keadaan tidak mampu 
berijtihad entah karena dalil-dalil (dan pendapat yang berbeda) 
sama-sama kuat atau karena sempitnya waktu untuk berijtihad atau karena 
tidak nampak dalil baginya” [Majmu’ Fatawa 20/203-204]
MENGIKUTI MANHAJ PARA ULAMA BUKAN BERARTI TAKLID KEPADA MEREKA
Al-Imam lbnul Qayyim berkata, “Jika ada yang mengatakan: Kalian semua 
mengakui bahwa para imam yang ditaqlidi dalam agama mereka berada di 
atas petunjuk, karena itu maka orang-orang yang taqlid kepada mereka 
pasti di atas petunjuk juga, karena mereka mengikuti langkah para imam 
tersebut.
Dikatakan kepadanya, “Mengikuti langkah para imam ini secara otomatis 
membatalkan sikap taqlid kepada mereka, karena jalan para imam ini 
adalah ittiba’ kepada hujjah dan melarang umat dan taqlid kepada mereka 
sebagaimana akan kami sebutkan hal ini dan mereka lnsya Alloh . Maka 
barangsiapa yang meninggalkan hujjah dan melanggar larangan para imam 
ini (dan sikap taqlid) yang juga dilarang oleh Alloh dan Rasul-Nya, maka
 jelas orang ini tidak berada di atas jalan para imam ini, bahkan 
termasuk orang-orang yang menyelisihi mereka.
Yang menempuh jalan para imam ini adalah orang yang mengikuti hujjah, 
tunduk kepada dalil, dan tidak menjadikan seorang pun yang dijadikan 
perkataannya sebagal timbangan terhadap Kitab dan Sunnah kecuali 
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Dari sini nampaklah kebatilan pemahaman orang yang menjadikan taqlid 
sebagai ittiba’, mengaburkannya dan mencampuradukkan antara keduanya, 
bahkan taqlid menyelisihi ittiba’. Alloh dan Rasul-Nya telah memilahkan 
antara keduanya demikian juga para ulama.
Karena sesungguhnya ittiba’ adalah menempuh jalan orang yang diikuti dan
 melakukan apa yang dia lakukan”. [I’lamul Muwaqqi’in 2/170-l71]
[Pembabasan ini banyak mengambil faedah dan risalah Syaikhuna Al-Fadhil 
Muhammad bin Hadi Al-Madkhaly yang berjudul Al Iqna’ bi Maja’a ‘an 
A’immati Da ‘wah minal Aqwal fil Ittiba’]
KESIMPULAN
Taqlid menurut istilah adalah mengikuti perkataan yang tidak ada 
hujjahnya atau mengikuti perkataan orang lain tanpa mengetahui dalilnya.
Taqlid terbagi menjadi tiga macam.
[1]. Taqlid yang diharamkan, yaitu taqlid kepada perkataan nenek moyang 
sehingga berpaling dan apa yang diturunkan oleh Alloh, taqlid kepada 
orang yang tidak diketahui bahwa dia pantas diambil perkataannya, dan 
taqlid kepada perkataan seseorang setelah tegak argumen dan dalil yang 
menyelisihi perkataannya. lnilah taqlid yang dicela Alloh dalam 
Kitab-Nya.
[2].Taqlid yang diwajibkan, yaitu orang yang tidak memiliki ilmu agar 
bertanya kepada ahlinya tentang Adz-Dzikr yaitu apa yang Alloh turunkan 
kepada Rasul-Nya. Kalau dia sudah diberitahu tentang Adz-Dzikr ini maka 
tidak boleh baginya kecuali ittiba’ kepadanya.
[3].Taqlid yang dibolehkan, yaitu taqlidnya seorang yang sudah 
mengerahkan usahanya untuk ittiba’ kepada apa yang diturunkan oleh Alloh
 dalam suatu permasalahan. Hanya saja sebagian dari hujjahnya 
tersembunyi bagi orang tersebut sehingga dia taqlid kepada orang yang 
lebih berilmu darinya dalam permasalahan tersebut.
Ittiba’ adalah menempuh jalan orang yang (wajib) diikuti dan melakukan 
apa yang dia lakukan atau jika engkau mengikuti suatu perkataan 
seseorang yang nampak bagimu keshahihannya.
Taqlid bukanlah ittiba’, karena ittiba’ adalah jika engkau mengikuti 
perkataan seseorang yang nampak bagimu keshahihan perkataannya, dan 
taqlid adalah jika engkau mengikuti perkataan seseorang dalam keadaan 
engkau tidak tahu segi dari makna penkataannya.
Para imam melarang para pengikutnya dan taqlid dan memerintahkan mereka agar selalu ittiba’.
Ittiba’ adalah jalan Ahlu Sunnah dan taqlid adalah jalan ahli bid’ah.
Mengikuti manhaj para ulama bukanlah taqlid kepada mereka, karena manhaj
 para ulama ini adalah ittiba’ kepada hujjah dan melarang umat dan 
taqlid kepada mereka, maka orang yang menempuh manhaj mereka juga 
ittiba’ sebagaimana mereka.
[Disalin dari Majalah Al-Furqon Edisi 2 Tahun V/Ramadhan 1426, Oktober 
2005. Penerbit Lajnah Dakwah Ma’had Al-Furqon, Alamat Ma’had Al-Furqon, 
Srowo Sidayu Gresik Jatim PO BOX 21 (61153)]
http://almanhaj.or.id/content/2194/slash/0/antara-taqlid-dan-ittiba/ 

